Resep Bubur Ikan Brokoli yang Nikmat dan Bergizi

Resep Bubur Ikan Brokoli yang Nikmat dan Bergizi

Sajikan lezat dan sehatnya bubur ikan brokoli yang enak. Selain dihidangkan untuk orang dewasa, sajian ini pun akan cocok diberikan pada anak-anak balita yang masih dalam masa pertumbuhan. Kandungan nutrisi pada ikan dan sayuran sejenis brokoli akan sangat baik untuk tumbuh kembang putra putri ibu.

Nah, agar ibu juga bisa menyajikan hidangan istimewa ini di rumah maka mari simak informasi resep mudahnya dibawah ini hanya untuk anda. 

Sajian Main Course
Masakan Indonesian
Keyword bubur brokoli, bubur ikan, bubur sayur
Waktu Persiapan 15 menit
Waktu Memasak 45 menit
Total Waktu 1 jam
Porsi 4 Orang
Kalori 372 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 150 gram ikan kakap fillet
  • 200 gram brokoli direbus
  • 150 gram beras
  • 1 sendok teh air jeruk nipis
  • 1500 ml air
  • 1 cm jahe dimemarkan
  • 1 blok kaldu ayam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam

Bahan Pelengkap Bubur

  • 2 sendok makan kecap ikan
  • 3 butir telurrebus dipotong-potong
  • 2 sendok makan bawang merah goreng
  • 10 buah cabai rawit hijau iris

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Bubur Ikan Brokoli yang Nikmat dan Bergizi:

  1. Langkah persiapan selalu menjadi langkah utama yang perlu didahulukan. Hal ini dikarenakan pada langkah persiapan terdapat cara untuk mengolah bahan yang mana cara tersebut tidak dicantumkan pada resep sebab perlu dijelaskan dengan detail. Oleh karenanya, dengan menyimak langkah persiapan kali ini maka anda akan lebih mudah membuat hidangan kali ini. 

  2. Persiapan bahan pertama yang penting dilakukan adalah dengan menyiapkan sebuah tatakan dan ambil sebuah pisau kemudian siapkan sebuah piring sedang. 

  3. Silahkan potong fillet ikan dengan bentuk kotak ukuran yang lebih kecil namun tidak terlalu lembut. Selesai memotong bahan ini maka silahkan masukkan ikan dalam piring dan bawa ke tempat cucian.

  4. Bersihkan ikan dengan membilasnya menggunakan air yang bersih dengan merata. Kemudian setelah itu, angkat dan tiriskan kemudian keringkan sisa air cucianya.

  5. Lumuri ikan kakap fillet dengan air jeruk nipis dengan merata. Lalu taburi sedikit garam dan aduk-aduk semua sajian ini dengan merata sampai tercampur.

  6. Bila sudah selesai maka diamkan ikan sebentar dengan bahan lumuran diatas agar bumbu meresap kedalamnya dengan sempurna. Kira-kira selama 15 menit agar bau amis dan lendir pada ikan bisa dihilangkan dengan sempurna.

Cara Membuat Bubur Ikan Brokoli yang Nikmat dan Bergizi:

  1. Cuci terlebih dahulu brokoli dengan merata menggunakan air bersih. Lalu siapkan sebuah mesin blender dan masukkan brokoli kedalamnya. Tuangkan pula air sebanyak 300 ml dan haluskan brokoli.

  2. Takar brokoli menjadi 500 ml. Lalu masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara sebelum bahan ini dicampurkan dan dimasak dengan bahan-bahan lainnya dengan merata.

  3. Rebus beras didalam panci, lalu tambahkan air kedalamnya bersama dengan brokoli yang sudah dihaluskan dengan merata. Aduk-aduk dengan merata sampai bubur menjadi setengah mengental dan berubah warnanya menjadi hijau. 

  4. Tuangkan kaldu ayam kedalamnya. Lalu tambahkan rempah seperti jahe, garam dan juga merica bubuk. Aduk-aduk semua sajian ini dengan merata sampai tercampur. Lalu masak sajian ini sampai mengental dan merata. 

  5. Tuangkan potongan fillet ikan kedalamnya dan aduk-aduk sajian ini sampai bubur matang dan mengental dengan merata. Nah, setelah matang maka silahkan matikan kompor dan angkat bubur. 

Catatan Resep

Sajikan bubur dalam wadah atau mangkuk lalu berikan bahan pelengkap untuk membuat sajian ini semakin kumplit.

Loading...

Leave a Reply

Rating Resep




Show Buttons
Hide Buttons