Resep Brownies Klasik

Resep Brownies Klasik – Siapa sih yang tidak mengenal brownies? Kue yang pada umumnya memiliki cita rasa coklat dengan tampilan yang menggugah selera ini tentunya sudah banyak dikenal di Indonesia, mulai dari brownies kukus hingga panggang.

Kue brownies sendiri berasal dari Amerika yang pertama kali muncul sekitar tahun 1900an menurut sejarah. Pada awalnya, brownies merupakan kue coklat yang disajikan sebagai makanan penutup ataupun cemilan. Oleh karena itu, brownies klasik akan menggunakan coklat sebagai salah satu bahan utamanya.

Nah, di bawah ini kami sajikan resep brownies klasik yang tentunya sangat lezat dengan perpaduan saus cokelat atau ganache dengan topping kacang. Perpaduan bahan-bahan tersebut bukan hanya menghasilkan cita rasa yang mengugah selera namun juga kombinasi tekstur yang lembut dan renyah saat anda menikmatinya.

Yuk kita coba resepnya sekarang juga!

Resep Brownies Klasik

Brownies sudah menjadi salah satu cake atau kue yang banyak digemari dan sangat populer di Indonesia. Anda dapat dengan mudah menikmati brownies yang dibuat oleh berbagai brand dan dapat ditemukan dimana saja. Namun, tidak ada salahnya dong jika kita mencoba membuat brownies sendiri di rumah apalagi cara membuatnya juga sangat mudah.

Sajian Dessert, Snack
Masakan Amerika
Keyword Aneka resep Kue, resep brownies klasik, resep kue brownies
Waktu Memasak 1 hour
Porsi 1 loyang kecil

Bahan-bahan

Bahan Utama Yang Dibutuhkan

  • 80 gram tepung terigu protein sedang
  • 100 gram mentega
  • 100 gram dark cooking chocolate
  • 2 butir telur
  • 80 gram gula kastor
  • 10 gram coklat bubuk
  • 15 gram susu bubuk
  • 1/2 sendok teh baking soda

Bahan Untuk Membuat Selai Cokelat (Ganache)

  • 50 gram dark cooking chocolate
  • 20 ml susu cair

Bahan topping:

  • Kacang kenari atau almond yang sudah dikupas

Langkah-langkah

  1. Pertama, kita buat dulu selai cokelat atau ganache. Panaskan dark chocolate bersamaan dengan susu hingga coklat terlihat meleleh dengan sempurna. Kemudian aduk hingga merata. Simpan campuran susu dan cokelat ke dalam freezer.

  2. Selanjutnya kita langsung masuk ke dalam langkah-langkah membuat brownies. Panaskan mentega dengan dark chocolate hingga keduanya meleleh lalu aduk rata. Biarkan campuran mentega dan cokelat hingga hangat.

  3. Dalam mangkuk atau wadah terpisah, campurkan dua butir telur dan gula kastor lalu aduk menggunakan whisk.

  4. Setelah telur dan gula tercampur, masukkan tepung terigu, susu bubuk, cokelat bubuk, dan baking powder lalu aduk hingga merata.

  5. Tuangkan lelehan cokelat dan margarin ke dalam adonan tadi lalu aduk kembali hingga merata.

  6. Siapkan sebuah loyang dengan ukuran 20 x 20 cm atau sesuai selera lalu alasi loyang dengan baking paper atau kertas kue. Tuangkan adonan ke dalam loyang dengan permukaan yang rata.

  7. Panaskan oven hingga 170 derajat celcius lalu panggang adonan selama sekitar 25 hingga 30 menit lamanya. Jika sudah matang, angkat brownies dan dinginkan.

  8. Setelah cukup dingin, olesi brownies dengan ganache atau saus cokelat dan taburi kacang kenari dia atasnya. Simpan brownies dalam kulkas selama satu jam hingga saus cokelatnya benar-benar mengeras lalu potong-potong sesuai selera dan sajikan.

Brownies klasik tentunya sangat cocok untuk dibuat sebagai sajian cemilan yang tentunya akan digemari semua orang mulai dari anak-anak hingga orang tua. Anda dapat menyajikannya bersamaan dengan teh atau kopi hangat yang akan membuat sore hari anda terasa semakin menyenangkan.

Selamat mencoba membuat kue brownies klasik di rumah ya!

(Baca juga: Resep Kue Bulan Tanpa Panggang)

Baca Juga  Resep Biji Ketapang Renyah

Tinggalkan komentar

Rating Resep