Resep Bolu Kukus Pandan

Resep Bolu Kukus Pandan – Sudah tidak diragukan lagi bahwa bolu kukus merupakan salah satu hidangan yang sudah banyak dikenal. Anda dapat dengan mudah menemukannya dimana saja mulai dari pasar tradisional hingga supermarket.

Kepopuleran bolu kukus tentunya tidak terlepas dari cita rasanya yang lezat. Rasa manis dengan tekstur yang lembut dan sedikit padat membuat bolu kukus banyak digemari. Selain itu, harganya yang murah juga menjadikan bolu kukus sebagai jajanan tradisional favorite semua orang.

Proses pembuatan bolu kukus juga sangat mudah. Faktanya, bolu kukus merupakan alternatif dari jenis bolu panggang yang sedikit lebih sulit dalam proses pembuatannya. Bahan baku yang diperlukan untuk membuat bolu kukus pun tidak terlalu banyak dimana bahan dasatnya adalah tepung, telur, gula dan air soda.

Tampilan bolu kukus pada umumnya dibuat dua warna dengan warna dasar putih dan tambahan warna lain agar tampak lebih menarik. Nah disini, kita akan membuat bolu kukus dengan tambahan pasta pandan yang memperkaya cita rasanya dan mempercantik tampilannya.

Yuk langsung saja kita simak resep bolu kukus pandan di bawah ini!

Resep Bolu Kukus Pandan

Bolu kukus tentunya merupakan salah satu jenis kue yang sudah sangat populer. Kue yang satu ini tergolong sebagai kue tradisional karena udah banyak dikenal sejak dahulu. Cara pembuatannya yang tergolong cukup mudah dan cita rasanya yang lezat membuat bolu kukus digemari semua orang. Untuk itu, yuk kita buat sendiri bolu kukus sebagai variasi cemilan sore hari anda!

Sajian Dessert, Snack
Masakan Indonesian
Keyword Aneka resep Kue, bolu kukus pandan, resep bolu kukus
Waktu Memasak 45 minutes
Porsi 10 buah

Bahan-bahan

  • 275 gram tepung terigu protein sedang
  • 50 gram santan kental instan
  • 1/2 sendok teh pasta pandan
  • 500 gram gula pasir
  • 4 butir telur
  • 175 ml air soda manis
  • 1/2 sendok teh emulsifer
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh garam

Langkah-langkah

  1. Siapkan wadah, masukkan gula pasir, telur, dan emulsifer lalu kocok dengan menggunakan mixer selama sekitar tujuh menit hingga campuran semua bahan memiliki tekstur yang kaku.

  2. Ayak tepung terigu, baking powder, dan garam diatas campuran telur tadi. Lalu tuangkan santan kental dan air soda manis sambil terus dikocok hingga merata.

  3. Siapkan wadah lain lalu ambil dan letakkan adonan kue sebanyak sepertiga bagian. Tambahkan pasta pandan dan aduk rata hingga anda mendapatkan warna hijau yang cantik.

  4. Masukkan adonan berwarna putih yang tidak ditambahkan pasta pandan ke dalam cetakan yang sudah diberi alas cupcake case lalu tambahkan adonan bolu berwarna hijau di atasnya sesuai selera.

  5. Siapkan kukusan lalu kukus adonan bolu selama 10 menit dengan api sedang hingga besar. Setelah adonan matang dan mengembang dengan sempurna, angkat bolu lalu sajikan.

Sedikit catatan, dalam proses pengukusan bolu kukus, ada baiknya anda membungkus tutup kukusan dengan serbet atau lap bersih. Hal ini dikarenakan air uap yang menetes ke adonan bolu dapat membuatnya tidak mengembang dengan sempurna.

Bolu kukus pandan tentunya sangat pas untuk dijadikan sebagai variasi cemilan sore hari anda. Selain itu, anda juga dapat menjaikan bolu kukus sebahai hidangan jamuan dalam berbagai acara seperi syukuran atau hajatan.

Dengan proses pembuatannya yang praktis dan bahan baku yang tidak banyak, anda tentunya dapat dengan mudah membuat bolu kukus sendiri di rumah!

Baca Juga  Resep dan Cara Membuat Puding Roti Pisang Keju yang Nikmat dan Lembut

(Baca juga: Resep Kue Bolen Pisang Keju)

Tinggalkan komentar

Rating Resep