Resep Bolu Kukus Ketan

Resep Bolu Kukus Ketan – Bolu kukus merupakan salah satu jajanan tradisional yang cukup populer di Indonesia. Pastinya sebagian besar dari anda sudah pernah merasakan lezatnya bolu kukus dengan rasa manis yang khas dengan tekstur yang sangat lembut. Selain itu, bolu kukus juga cukup mudah ditemui baik di pasar tradisional ataupun supermarkert dengan harga yang sangat murah.

Membuat bolu kukus tidaklah sulit, anda cukup menggunakan bahan baku yang sederhana dengan proses pembuatan yang sangat mudah. Bahan baku utama yang dibutuhkan untuk membuat bolu kukus diantaranya adalah tepung terigu, santan, serta telur. Waktu yang dibutuhkan untuk membuatnya pun cukup singkat sehingga anda bisa membuat bolu kukus sendiri kapan saja.

Untuk memberi sedikit variasi pada tekstur bolu kukus, kita akan menggunakan tepung ketan putih pada resep kali ini. Tentunya anda akan merasakan sensasi yang berbeda ketika anda menyantap bolu kukus ketan putih daripada bolu kukus biasa.

Langsung saja yuk kita simak resep bolu kukus ketan yang sangat mudah untuk dicoba di rumah!

Resep Bolu Kukus Ketan

Sebagian besar dari anda tentunya sudah pernah mendengar atau bahkan mencicipi lezatnya bolu kukus. Jajanan tradisional yang satu ini memang banyak digemari karena rasanya yang manis dengan tekstur yang lembut. Selain itu, proses pembuatan bolu kukus juga cukup mudah sehingga banyak ibu-ibu yang gemar membuatnya di rumah. Pada resep kali ini, kita akan membuat bolu kukus dengan bahan yang berbeda yaitu menggunakan tepung ketan putih.

Sajian Dessert, Snack
Masakan Indonesian
Keyword Aneka resep Kue, bolu kukue ketan, resep bolu kukus
Waktu Memasak 1 hour
Porsi 10 buah

Bahan-bahan

Bahan baku 1

  • 150 gram gula pasir
  • 2 butir telur
  • 1/4 sendok teh vanilli bubuk
  • 1 sendok teh SP

Bahan baku 2

  • 160 gram tepung ketan putih
  • 1 sendok makan susu bubuk
  • 40 gram maizenna

Bahan baku 3

  • 65 ml santan instan
  • 5 sendok makan minyak goreng
  • pewarna makanan sesuai selera

Langkah-langkah

  1. Siapkan sebuah wadah, lalu campurkan semua bahan baku 2 hingga merata, sisihkan.

  2. Dalam wadah terpisah, aduk semua bahan baku 1 dengan menggunakan mixer dalam kecepatan tinggi selama sekitar 7 menit atau hingga adonan tampak berwarna putih berjejak.

  3. Ayak campuran bahan baku baku 2 ke dalam campuran bahan baku 1 dan tuangkan pula santan lalu aduk merata hingga anda mendapatkan adonan yang kalis.

  4. Tuangkan minyak goreng ke dalam adonan lalu aduk kembali hingga merata.

  5. Bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai dengan jumlah pewarna makanan yang anda gunakan. Jika anda menggunakan 3 warna (kuning, merah, dan hijau) maka bagi rata adonan menjadi 3 bagian lalu beri pewarna makanan pada masing-masing adonan sesuai selera.

  6. Siapkan cetakan bolu kukus lalu olesi dengan sedikit minyak. Tuangkan adonan ke dalam cetakan. Ulangi langkah ini sampai semua adonan tercampur rata.

  7. Panaskan kukusan, lalu kukus adonan bolu selama 30 menit atau sampai mengembang dengan sempurna.

Demikianlah resep bolu kukus ketan yang kami sajikan khusus untuk anda. Proses pembuatannya sama sekali tidak sulit dengan bahan baku dan perlatan yang sederhana.

Tentunya bolu kukus ketan sangat pas untuk disajikan sebagai cemilan saat anda menikmati waktu minum teh anda di sore hari. Selain itu, anda juga dapat menjadikan bolu kukus ketan ini sebagai bisnis kuliner yang pasti akan banyak diminati.

Selamat mencoba membuat bolu kukus ketan di rumah!

(Baca juga: Resep Brownies Kukus Amanda)

Baca Juga  Resep Churros Saus Cokelat

Tinggalkan komentar

Rating Resep