Resep Bola Ubi Kopong, Jajanan yang Lezat dan Murah Meriah

Resep Bola Ubi Kopong, Jajanan yang Lezat dan Murah Meriah – Bola ubi kopong, jajanan enak dan murah meriah ini wajib anda coba. Rasanya yang manis dan gurih, akan memanjakan lidah dan pas dinikmati kapanpun. Teksturnya yang renyah pada sekali gigitan dan bagian dalamnya kopong, semakin terasa renyah dan bikin ketagihan.

Bola ubi biasanya banyak dijajakan secara kaki lima. Namun, untuk bisa menikmatinya anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah. Cara membuatnya sangat mudah dengan bahan yang sederhana dan mudah didapatkan. Nah, berikut ini kami hadirkan beberapa resep bola ubi kopong, jajanan khas yang lezat dan murah meriah, di antaranya ada resep bola ubi cilembu, resep bola ubi ungu dan resep bola ubi tanpa baking powder.

Resep dan Cara Membuat Bola Ubi Kopong

Sajian Snack
Masakan Indonesian
Keyword Bola ubi, cemilan, Resep Jajanan
Waktu Persiapan 15 menit
Waktu Memasak 1 jam
Porsi 3 orang
Kalori 86 kcal

Bahan-bahan

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 100 gram ubi cilembu
  • 35 gram maizena
  • 40 gram gula halus
  • 1 sdt baking powder
  • 50 gram tapioka
  • 1/2 sdt garam

Langkah-langkah

Cara Membuat Bola-Bola Ubi Kopong

  1. Setelah semua bahan siap, sekarang anda bisa langsung membuat sajian bola-bola ubi kopong. Pertama, silakan bersihkan ubi yang sudah disediakan. Lalu kukus dengan menggunakan dandang hingga matang dan empuk atau selama kurang lebih 20 menit.

  2. Selanjutnya, silakan ambil wadah yang akan digunakan untuk membuat adonan. Lalu masukan tepung tapioka dengan menggunakan ayakan agar tepung lembut.

  3. Lalu masukan juga bahan lainnya seperti tepung maizena, baking powder, dan gula halus. Aduk-aduk semua bahan tersebut hingga tercampur dengan merata.

  4. Ambil ubi dan kupas kulitnya dengan bersih. Masukan ubi ke dalam wadah. Haluskan ubi dengan menggunakan garpu.

  5. Ubi yang sudah dihaluskan silakan masukan ke dalam adonan berisi tepung. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan merata. Jangan masukan air ke dalam adonan.

  6. Setelah itu, ambil adonan ubi secukupnya. Lalu bentuk bulat dengan ukuran sedang.

  7. Bola-bola ubi yang sudah anda buat silakan diletakan di atas loyang. Lalu letakan pada kulkas. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.

  8. Ambil wajan dan masukan minyak goreng dalam jumlah yang banyak, panaskan menggunakan api sedang. Lalu goreng ubi dan beberapa saat silakan api dikecilkan. Ubi silakan ditekan-tekan dengan menggunakan sendok supaya mengembang dan kopong.

  9. Bola-bola ubi silakan digoreng hingga warnanya menjadi kecoklatan. Setelah seperti itu, anda bisa mengangkat dan meniriskannya terlebih dahulu.

  10. Terakhir anda bisa menyajikannya pada tempat saji.

Sajian bola-bola ubi kopong sudah selesai dibuat. Kini untuk menikmati jajanan ini, anda tidak perlu lagi membelinya. Sebab anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep di atas.

Baca juga : Resep Asinan Bogor

Resep dan Cara Membuat Bola-Bola Ubi Ungu Kopong

Resep Bola Ubi Kopong

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 4 buah ubi ungu
  • 3 sdm tepung maizena
  • 1 sdm baking powder
  • 4 sdm gula pasir
  • 7 sdm tepung tapioka
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Bola-Bola Ubi Ungu Kopong

  1. Pertama, silakan cuci ubi yang sudah anda sediakan dengan menggunakan air bersih. Jika sudah, kukus ubi hingga matang dan empuk. Kupas dan silakan ubi dihaluskan.
  2. Selanjutnya, masukan aneka bahan-bahan lainnya seperti baking powder, tepung maizena dan tepung tapioka. Aduk-aduk semua bahan tersebut hingga tercampur dengan merata.
  3. Tambahkan garam dan gula pasir. Aduk dengan merata hingga adonan kalis.
  4. Selanjutnya, silakan adonan dibentuk bulat-bulat dengan ukuran sesuai selera.
  5. Siapkan wajan, masukan minyak goreng ke dalamnya. Panaskan minyak goreng tersebut.
  6. Setelah minyak panas, masukan bola-bola ubi dan goreng. Jika bagian luar bola ubi sudah matang, anda bisa menekan-nekannya sambil digoreng terus.
  7. Goreng bola-bola ubi hingga matang. Jika sudah, silakan tiriskan terlebih dahulu.
  8. Terakhir anda bisa menyajikannya.

Bola-bola ubi ungu kopong sudah selesai dibuat. Rasanya yang lezat akan membuat anda ketagihan. Yuk buat dan sajikan untuk keluarga tercinta di rumah.

Resep dan Cara Membuat Bola Ubi Kopong Tanpa Baking Powder

Resep Bola Ubi Kopong

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 2 buah ubi ungu
  • 100 gram maizena
  • 100 gram tepung tapioka
  • Gula pasir secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Bola Ubi Kopong

  1. Pertama, silakan cuci bersih ubi yang sudah disediakan. Kemudian rebus ubi hingga matang. Setelah matang, anda bisa mengangkat dan mengupasnya. Lalu haluskan ubi dengan menggunakan sendok.
  2. Selanjutnya, silakan tambahkan maizena dan tepung tapioka secukupnya. Uleni hingga kalis dan adonan mudah dibentuk. Jika adonan kurang manis, anda bisa menambahkan gula. Namun, jika sudah manis dari ubi sebaiknya jangan menggunakan gula. Diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam.
  3. Selanjutnya, silakan adonan dibentuk bulat dengan ukuran sesuai selera.
  4. Masukan minyak ke dalam wajan. Lalu masukan ubi saat minyak masih dalam keadaan dingin. Nyalakan api agak besar. Jika minyak sudah panas, silakan kecilkan api. Anda harus menggorengnya sambil ditekan-tekan.
  5. Setelah matang silakan angkat dan sajikan.

Resep bola ubi kopong sudah selesai dibuat. Tanpa baking powder anda tetap bisa berhasil membuat bola ubi kopong.

Tips Membuat Bola Ubi Kopong Antigagal

Perhatikan pemilihan ubi. Agar bola ubi kopong sempurna, maka disarankan untuk menggunakan ubi cilembu. Pasalnya kadar gula yang terdapat pada ubi cilembu cukup tinggi. Jika kadar gulanya kurang tidak akan dapat menghasilkan ubi yang kopong dan gembung.

Perhatikan tepung yang digunakan. Selain ubi, pemilihan tepung juga harus diperhatikan. Biasanya membuat bola ubi kopong tepung yang digunakan yaitu tepung tapioka/kanji/sagu.

Agar hasil bola ubi renyah. Supaya bola ubi hasilnya renyah, anda bisa menambahkan baking powder sedikit.

Perhatikan cara mengadoni. Cara mengadoni tidak ada yang khusus. Yang terpenting ubi yang diuleni kondisinya harus masih panas saat dicampurkan dengan bahan lainnya. Kemudian pengulenan bisa dilanjutkan dengan cara seperti biasa.

Cara menggoreng yang tepat. Teknik menggoreng bola-bola ubi harus diperhatikan agar tidak gagal. Ketika menggoreng anda harus memakai minyak panas sedang. Ubi dibiarkan sebentar dalam minyak hingga berubah warna sedikit, namun tidak sampai berkulit serta sedikit mengembang. Silakan tekan-tekan menggunakan spatula/sendok sampai ubi pipih. Saat menekan ubi harus dilakukan berbagai sisi sampai merata dan terus menerus hingga bola ubi mengering.

Itulah beberapa resep bola ubi kopong, jajanan lezat nan murah meriah. Anda kini bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah. Dengan resep di atas, diharapkan dapat membantu anda membuat bola ubi kopong untuk disajikan pada keluarga di rumah.

Leave a Reply

Rating Resep