Resep Bika Ambon

Resep Bika Ambon – Sebagian besar dari anda tentunya sudah tahu bahkan pernah mencicipi bika ambon. Kue tradisional yang satu ini memang sudah sangat populer dan digemari oleh banyak orang karena cita rasanya yang lezat.

Bika ambon terrkenal dengan cita rasanya yang manis dan khas dengan tekstur legit yang tentunya sangat menggoda untuk disantap. Tampilannya yang mencolok dengan warna kuning yang terang juga membuatnya semakin mudah dikenali.

Pada umumnya, bika ambon seringkali disajikan sebagai cemilan atau hidangan jamuan. Untuk menambah kenikmatannya, anda dapat menikmati bika ambon dengan ditemani teh tawar hangat.

Ternyata, membuat bika ambon tidak terlalu sulit loh bahkan bisa docoba untuk dibuat sendiri di rumah. Bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan pun sangat mudah ditemukan dan cukup sederhana. Yuk kita simak resep bika ambon di bawah ini yang tentunya sangat cocok untuk anda yang sedang rindu untuk menikmati jajanan tradisional Indonesia!

Resep Bika Ambon

Bika ambon merupakan salah satu kue basah atau jajanan tradisional yang sudah dikenal banyak orang. Tampilannya yang khas dengan warna kuning yang cerah dan tekstur yang kenyal membuatnya tampak semakin menarik. Untuk rasanya sendiri, bika ambon memiliki rasa manis dengan sensasi yang kenyal saat memakannya. Nah, untuk anda yang sedang kangen untuk menikmati bika ambon, resep di bawah ini dapat anda coba buat di rumah!

Sajian Dessert, Snack
Masakan Indonesian
Keyword Aneka resep Kue, bika ambon praktis, resep bika ambon
Waktu Memasak 1 hour 30 minutes
Porsi 1 loyang sedang

Bahan-bahan

Bahan Untuk Adonan Dasar:

  • 150 gram tepung tapioka
  • 400 ml santan kental
  • 250 gram gula pasir
  • 10 butir kuning telur
  • 8 lembar daun pandan
  • 20 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai geprek bagian putihnya
  • 1/2 sendok teh garam

Bahan Untuk Adonan Biang

  • 1 sendok makan tepung terigu
  • 1 sendok makan ragi instan
  • 1 1/2 sendok makan gula pasir
  • 60 ml air hangat

Langkah-langkah

Cara Membuat Adonan Biang

  1. Siapkan sebuah mangkuk, campurkan air hangat dan ragi instan, larutkan hingga rata.

  2. Masukkan gula pasir dan tepung terigu lalu aduk hingga merata. Diamkan hingga kurang lebih 15 menit.

Cara Membuat Adonan Dasar

  1. Siapkan panci lalu masukkan santan, daun pandan, daun jeruk, serai, dan santan. Rebus hingga mendidih hingga mengental dan menyusut hingga sekitar 300 ml. Saring santan lalu sisihkan.

  2. Dalam wadah terpisah, kocok kuning telur dan gula pasir hingga muncul buih dan mengental.

  3. Tuangkan campuran bahan biang, santan, dan pewarna makanan ke dalam wadah tadi lalu aduk dan tepuk-tepuk dengan menggunakan tangan yang bersih. selama sekitar 20 menit. Diamkan adonan sela 2 hingga 3 jam sampai terlihat mengembang.

  4. Panaskan oven dengan api bawah dengan suhu 250 derajat celcius.

  5. Siapkan loyang berukuran sedang (7 x 18 x 18 cm) beri alas baking paper dan olesi dengan margarin. Masukkan loyang ke dalam oven hingga panas.

  6. Setelah loyang terasa benar-benar panas, tuangkan adonan ke dalam loyang dengan perlahan. Masukkan adonan ke dalam oven dan panggang selama kurang lebih 40 menit. Biarkan pintu oven sedikit terbuka dengan mengganjalnya menggunakan spatula kayu atau serbet.

  7. Setelah adonan bika tampak berlubang-lubang pada permukaanya, matikan api bawah lalu lanjutkan panggang bika selama sekitar 10 menit dengan api atas. Angkat bika setelah permukaannya tampak kecoklatan lalu dinginkan.

  8. Potong-potong bika ambon lalu sajikan.

Selamat membuat bika ambon sendiri di rumah!

(Baca juga: Resep Kastengel Praktis)

Baca Juga  Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Coklat Kopi yang Lembut, Legit dan Enak

Tinggalkan komentar

Rating Resep