Resep Biji Ketapang Renyah

Resep Biji Ketapang Renyah – Biji ketapang merupakan kudapan renyah dan enak yang biasanya selalu hadir di hari lebaran. Memiliki rasa yang enak dan teksturnya renyah, kue yang satu ini banyak disukai. Selain itu, cara membuat kue biji ketapang juga sangat mudah, bahannya sederhana dan mudah didapatkan. Tidak hanya dibuat untuk sajian lebaran saja, namun anda juga bisa membuat biji ketapang untuk cemilan keluarga. Yuk simak resep dan cara membuat kue biji ketapang di bawah ini.

Lihat juga : Resep Kacang Telur Renyah

Resep Biji Ketapang Renyah

Biji ketapang terbuat dari adonan tepung terigu, tepung tapioka, gula pasir, kelapa parut yang disangrai, santan kental, telur, margarin dan vanili bubuk. Semua bahan tersebut dicampurkan hingga membentuk adonan yang dapat dibentuk. Lalu adonan digunting kecil, kemudian digoreng hingga matang dan warnanya menjadi kecoklatan.

Sajian Snack
Masakan Indonesian
Keyword Aneka resep Kue, resep kue, resep kue biji ketapang
Waktu Persiapan 13 minutes
Waktu Memasak 1 hour 15 minutes
Porsi 5 porsi
Kalori 34 kcal

Bahan-bahan

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 120 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung tapioka
  • 50 gram gula pasir
  • 60 gram kelapa parut
  • 1 butir telur
  • 1 sendok makan santan kental
  • 2 sendok makan margarin
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk

Langkah-langkah

Cara Membuat Biji Ketapang

  1. Apabila semua bahan sudah disiapkan, langkah berikutnya yaitu membuat kue. Pertama, silakan ambil wadah yang akan digunakan untuk membuat adonan. Lalu masukan bahan-bahan ke dalamnya seperti gula dan vanili bubuk. Aduk-aduk bahan tersebut hingga tercampur dengan merata.

  2. Selanjutnya silakan tambahkan tepung tapioka, terigu dan kelapa parut yang sudah disangrai. Aduk-aduk lagi hingga tercampur dengan merata.

  3. Tambahkan margarin cair dan santan. Aduk-aduk hingga merata dan uleni sampai adonan menjadi kalis, serta bisa dibentuk.

  4. Setelah itu, silakan ambil adonan secukupnya saja. Lalu pilin/bentuk kecil panjang.

  5. Kemudian silakan adonan diiris serong dengan ketebalan 2 cm. Lakukan langkah yang sama hingga semua adonan habis.

  6. Siapkan wajan dan tuangkan minyak goreng dalam jumlah yang banyak ke dalamnya. Panaskan minyak tersebut.

  7. Setelah minyak panas, silakan goreng biji ketapang dengan menggunakan api kecil sampai matang dan berubah warna menjadi kecoklatan. Aduk sesekali saja, jangan aduk terlalu sering agar tidak hancur.

  8. Apabila sudah matang, silakan angkat dan tiriskan terlebih dahulu.

  9. Apabila kue sudah dingin anda bisa memasukannya dalam toples atau dalam wadah kedap udara.

Catatan Resep

Tips Membuat Kue Biji Ketapang Agar Renyah

Beberapa tips membuat biji ketapang ini harus anda perhatikan agar kue renyah dan enak.

  • Pemilihan bahan yang tepat. Pemilihan bahan yang tepat menjadi salah satu kunci agar kue renyah dan enak. Anda harus menggunakan tepung terigu protein sedang supaya biji ketapang teksturnya renyah dan empuk. Selain itu, anda juga harus memperhatikan penggunaan santan kental. Anda harus menggunakan santan segar. Penting juga untuk memperhatikan kesegaran kelapa parut karena santan dan kelapa akan menentukan rasa gurih dari kue yang anda buat.
  • Sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya, kelapa parut harus disangrai terlebih dahulu. Jika sudah siap, anda bisa menghaluskan kelapa dengan menggunakan blender sampai menjadi bubuk kelapa harum.
  • Sebelum kue biji ketapang disimpan dalam toples atau wadah kedap udara, anda harus mendiamkannya terlebih dahulu hingga benar-benar dingin. Pasalnya, menyimpan kue yang keadaannya masih hangat akan membuat kue lembab dan mudah melempem. Selain itu, penting untuk menyimpan kue dalam wadah kedap udara. Lalu anda bisa menyimpannya dalam suhu ruangan dan jauh dari sinar matahari.

Kue biji ketapang sudah selesai dibuat. Kue kering ini sangat cocok dinikmati dengan secangkir teh hangat. Anda bisa menyajikannya di tengah-tengah keluarga untuk cemilan yang enak. Kehadiran kue biji ketapang di tengah keluarga akan membuat kumpul keluarga menjadi semakin menyenangkan. Selamat mencoba.

Baca juga : Resep Kembang Goyang Lezat

Baca Juga  Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Tanpa Telur dan Mixer yang Tetap Lembut dan Enak

Tinggalkan komentar

Rating Resep