Resep Bakpia Kukus

Resep Bakpia Kukus – Saat anda mendengar kata bakpia yang terlintas di benak anda adalah makanan khas dari Yogyakarta dengan cita rasa manis dan gurih. Ya, bakpia memang sudah menjadi oleh-oleh khas Yogyakarta yang sudah pasti dapat anda dapatkan di semua toko oleh-oleh disana.

Menurut sejarah, kue bakpia ini sebenarnya berasal dari Cina lho. Kata bakpia sendiri diambil dari gabungan kata ‘bak’ yang berarti daging babi dan ‘pia’ yang berarti kue yang terbuat dari tepung. Hal itu karena pada awalnya bakpia merupakan kue yang berisi daging babi dan kemudian dimodifikasi.

Pada umumnya bakpia dibuat dengan cara dipanggang, namun kali ini kita akan membuat bakpia dengan cara yang dikukus. Tentunya proses pembuatannya yang dikukus menjadikannya lebih mudah untuk dicoba di rumah.

Yuk kita coba resep bakpia kukus di bawah ini yang tentunya sangat lezat untuk disajikan sebagai cemilan atau hidangan jamuan!

Resep Bakpia Kukus

Siapa yang tidak mengenal bakpia? Hidangan yang berasal dari Yogyakarta ini sudah dikenal secara luas oleh masyarakat Indonesia karena cita rasanya yang khas. Bakpia terdiri dari kulit bersama isian yang biasanya terbuat dari kacang hijau, kacang hitam, atau cokelat. Pada umumnya, bakpia disajikan sebagai cemilan atau jamuan pada acara-acara tertentu. Pada resep ini kita akan membuat bakpia dengan cara dikukus yang sangat mudah!

Sajian Dessert, Snack
Masakan Indonesian
Keyword Aneka resep Kue, bakpia kukus praktis, resep bakpia kukus
Waktu Memasak 1 hour
Porsi 10 buah

Bahan-bahan

Bahan utama yang dibutuhkan:

  • 150 gram tepung terigu protein sedang
  • 150 gram gula pasir
  • 80 ml susu cair
  • 4 butir telur
  • 1/2 sendok teh SP (pengembang kue)
  • 150 gram margarin lelehkan
  • 5 tetes pewarna makanan

Bahan isian yang dibutuhkan:

  • selai cokelat sesuai selera

Langkah-langkah

  1. Siapkan sebuah wadah, campurkan gula pasir, telur, dan SP lalu kocok dengan menggunakan mixer dengan kecepatan sedang hingga tampak jejak-jejak putih.

  2. Kemudian tambahkan terigu dan susu cair ke dalam campuran gula pasir, kocok kembali dengan menggunakan mixer dengan kecepatan rendah hingga semua bahan tercampur dengan merata.

  3. Tuangkan mentega cair ke dalam adonan lalu aduk dengan menggunakan spatula dengan arah berbalik.

  4. Teteskan pewarna makanan lalu aduk kembali hingga adonan terlihat cantik.

  5. Siapkan cetakan bakpia dan olesi dengan mentega. Tuang adonan bakpia sebanyak satu sendok makan saja lalu kukus selama 3 menit.

  6. Setelah tiga menit, angkat adonan dari kukusan lalu masukkan isian dan tutup kembali dengan menggunakan adonan.

  7. Masukkan kembali adonan bakpia yang telah ditambkan isian dan ditutup ke dalam kukusan dan kukus selama sekitar 15 menit.

  8. Setelah 15 menit, angkat adonan dari kukusan dan biarkan dingin lalu lepaskan dari cetakan. Sajikan bakpia.

Selain menggunakan selai cokelat, anda juga dapat menggunakan bahan baku lain sebagai isian bakpia kukus anda. Bahan isian yang banyak digemari diantaranya adalah kacang hijau, kacang merah, durian, ataupun keju. Anda dapat menyesuaikan bahan yang digunakan sesuai dengan selera anda.

Bakpia kukus diatas tentunya sangat mudah dibuat karena tanpa proses memanggang yang terkadang cukup merepotkan. Anda pun tidak perlu menggunakan oven, satu buah kukusan berukuran sedang sudah cukup sebagai peralatan utama dalam membuat bakpia kukus.

Bakpia kukus sangat pas untuk disajikan sebagai jamuan dalam acara tertentu. Selamat membuat bakpia kukus di rumah!

(Baca juga: Resep Donat Yunani)

Baca Juga  Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Keju Kukus yang Lembut, Sederhana dan Enak

Tinggalkan komentar

Rating Resep