Resep Bakpao Tanpa Ulen

Resep Bakpao Tanpa Ulen – Budaya Tionghoa merupakan salah satu budaya di dunia yang memiliki pengaruh besar terhadap jenis makanam di Indonesia. Salah satu hidangan khas Tionghoa yang sudah banyak dikenal adalah bakpao.

Seperti yang sudah anda ketahui, bakpao merupakan makanan yang terbuat dari adonan tepung yang kemudian diberi isian untuk memperkaya cita rasanya. Kata bakpao sendiri merupakan gabungan dari kata ‘bak’ yang berarti daging dan ‘pao’ yang berarti bungkus atau kulit yang terbuat dari adonan tepung.

Sebagian dari anda mungkin berpikir bahwa membuat bakpao itu cukup sulit. Namun, ada loh teknik lain untuk membuat bakpao yang lebih yaitu tanpa perlu proses pengulenan. Tentunya, anda dapat membuat bakpao sendiri dengan mudah di rumah.

Yuk langsung saja kita simak resep bakpao tanpa ulen di bawah ini!

Resep Bakpao Tanpa Ulen

Bakpao tentinya merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi keberadaanya di tengah-tengah kita. Kelezatan bakpao dengan tekstur yang lembut dan padat serta beragam cita rasanya membuatnya banyak digemari. Nada tentu saja dapat dengan mudah menemukan bakpao dijual di berbagai tempat namun tidak ada salahnya jika anda membuat sendiri balpao di rumah dengan metode yang sangat mudah seperti pada resep berikut ini!

Sajian Dessert, Snack
Masakan Chinese
Keyword Aneka resep Kue, resep bakpao praktis, resep bakpao rumahan
Waktu Memasak 1 hour
Porsi 8 buah

Bahan-bahan

  • 200 gram tepung terigu serbaguna
  • 40 gram margarin
  • 110 ml cair
  • 1 sendok makan gula cair
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh ragi

Langkah-langkah

  1. Siapkan wajan atau panci kecil lalu lelehkan margarin, susu cair, dan gula pasir hingga semua bahan larut. Angkat lalu biarkan hingga suhunya hangat-hangat kuku.

  2. Setelah hangat, masukkan ragi lalu aduk rata. Biarkan selama sekitar 10 menit hingga berbuih yang merupakan tanda bahwa ragi bekerja dengan baik.

  3. Dalam wadah terpisah, campurkan tepung terigu dan garam hingga merata lalu masukkan campuran ragi kemudian aduk kembali menggunakan spatula.

  4. Ulangi proses mengaduk adonan dengan menggunakan dan setelah cukup kalis bentuk adonan menjadi bulat.

  5. Tutup adonan dengan menggunakan kain atau lap bersih selama sekitar satu jam.

  6. Setelah satu jam, adonan akan mengembang sebesar dua kali lipat dari ukuran sebelumnya. Kempeskan dengan menggunakan tangan lalu potong menjadi 8 atau 10 bagian dengan ukuran sesuai selera anda.

  7. Bulatkan adonan yang sudah dibagi-bagi tadi, tutup kembali dengan menggunakan kain bersih dan diamkan selama 15 menit.

  8. Siapkan kukusan hingga panas.

  9. Pipihkan adonan bakpao lalu beri isiannya kemudian rapatkan. Beri alas kertas roti yang sudah dipotong-potong menyesuaikan dengan ukuran bakpao. Diamkan selama 10 menit.

  10. Setelah 10 menit, masukkan adonan bakpao le dalam kukusan lalu kukus selama sekitar 15 menit. Lapisi tutup kukusan dengan kain agar air tidak membasahi adonan.

  11. Matikan api setelah 15 menit lalu diamkan dulu bakpao berada di dalam kukusan selama 5 menit.

  12. Sajikan selagi hangat.

Bakpao sangat cocok untuk dijadikan cemilan berat atau makanan penunda lapar karena teksturnya yang padat. Dengan resep diatas, tentunya anda dapat dengan mudah membuat bakpao sendiri di rumah tanpa repot. Selain itu, anda juga bisa lo memodifikasi tampilan bakpao dengan menambahkan pewarna makanan agar tampilannya terlihat lebih menarik dan menggunakan beragam bahan baku untuk isiannya.

Selamat membuat bakpau tanpa ulen sendiri di rumah!

(Anda juga mungkin suka: Resep Cinnamon Roll)

Baca Juga  Resep Kue Cubit Rumahan

Tinggalkan komentar

Rating Resep