Resep Bacem Babat Manis Gurih

Resep Bacem Babat Manis Gurih – Babat merupakan jeroan sapi yang bisa diolah menjadi hidangan yang nikmat. Salah satu olahan babat yang wajib anda coba yaitu bacem babat. Rasanya manis dan gurih, dinikmati dengan nasi putih hangat dijamin akan bikin ketagihan.

Babat itu sendiri memiliki tekstur yang kenyal. Namun, jika diolah dengan tepat akan menghasilkan hidangan yang lezat. Nah, untuk anda yang ingin mencoba membuat sajian bacem babat, anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Sajian ini bisa anda jadikan lauk makan yang lezat untuk keluarga di rumah atau bisa menjadikannya stock lauk. Dimana babat yang sudah dibumbui atau diungkep bisa disimpan dalam lemari es. Anda bisa menggorengnya ketika ingin menyajikannya. Yuk simak resep dan cara membuat bacem babat manis gurih di bawah ini.

Baca juga : Resep Babat Gongso

Resep Bacem Babat Manis Gurih

Babat sapi yang sudah dibersihkan diungkep dengan bumbu bacem. Kemudian digoreng hingga agak kering, sangat cocok dinikmati dengan nasi putih hangat.

Waktu Persiapan 7 minutes
Waktu Memasak 1 hour 10 minutes
Porsi 7 Porsi
Kalori 94 kcal

Bahan-bahan

Bahan Utama yang Dibutuhkan

  • 3 lembar daun salam
  • 1 kg babat
  • 1 liter air kelapa segar
  • 150 gram gula Jawa
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai

Bumbu yang Dihaluskan

  • 8 siung bawang putih
  • 1 sendok teh merica butiran
  • 3 butir kemiri
  • 1 sendok teh ketumbar butiran
  • 10 butir bawang merah
  • 2 sendok teh garam

Langkah-langkah

Cara Membuat Bacem Babat

  1. Pertama-tama, silakan ambil babat yang sudah anda siapkan. Kemudian cuci babat hingga bersih di bawah air yang mengalir. Jika sudah, tiriskan terlebih dahulu.

  2. Selanjutnya, silakan memarkan serai dan sisir halus gula Jawa. Untuk bumbu-bumbu seperti bawang merah, ketumbar, kemiri, bawang putih, garam dan merica bisa anda haluskan. Bisa dihaluskan dengan menggunakan blender atau diulek.

  3. Langkah berikutnya silakan siapkan panci dan masukan air secukupnya. Lalu didihkan.

  4. Jika airnya sudah mendidih, silakan masukan babat yang sudah anda cuci bersih bersama serai, daun salam dan daun jeruk. Rebus babat hingga empuk.

  5. Apabila babat sudah matang dan empuk, silakan angkat dan tiriskan terlebih dahulu. Lalu silakan potong-potong dengan ukuran 3x2 cm.

  6. Letakan lagi babat yang sudah dipotong-potong di dalam panci. Lalu tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan bersama dengan gula merah dan air kelapa.

  7. Rebus semua bahan-bahan di dalam panci tersebut dengan menggunakan api kecil sampai bumbunya meresap, serta kuahnya menyusut. Jika sudah seperti itu, silakan angkat dan tiriskan terlebih dahulu babat sapi. Lalu dinginkan.

Cara Menyajikan

  1. Silakan panaskan minyak goreng secukupnya. Apabila minyak sudah panas, masukan babat yang sudah dimasak bersama bumbu. Goreng sebentar sampai berubah warna menjadi sedikit kecoklatan.

  2. Setelah seperti itu silakan angkat dan tiriskan terlebih dahulu.

  3. Baru setelah itu anda bisa langsung menyajikannya pada tempat saji.

Catatan Resep

Tips Membuat Bacem Babat

Ada beberapa tips yang dapat anda simak saat membuat bacem babat seperti berikut ini.

  • Anda bisa membeli babat yang sudah direbus setengah matang atau dalam keadaan mentah. Namun, alangkah lebih baik jika anda membeli babat yang sudah dibersihkan dan sudah direbus agar lebih praktis saat membuat bacem babat.
  • Jika anda ingin menyimpan babat yang sudah dibumbui beberapa hari, anda bisa menyimpannya dalam wadah yang tertutup. Lalu simpan dalam freezer atau lemari es.

Sajian bacem babat sudah selesai dibuat. Selamat mencoba di rumah.

Baca Juga  Resep Babat Gongso

Tinggalkan komentar

Rating Resep