Resep Ayam Telur Asin yang Nikmat

Resep Ayam Telur Asin yang Nikmat – Ayam menjadi salah satu bahan makanan yang mudah dalam pengolahannya. Daging ayam juga bisa diolah menjadi berbagai menu yang nikmat sebagai teman makan nasi. Salah satu olahan ayam yang populer dan banyak disukai yaitu ayam goreng tepung.

Nah, untuk anda yang ingin menyajikan menu ayam goreng tepung yang berbeda untuk keluarga di rumah, anda bisa membuat ayam telur asin. Yuk simak resep dan cara membuat ayam telur asin yang enak dan nikmat berikut ini.

Resep Ayam Telur Asin yang Nikmat

Ayam telur asin, pertama-tama ayam diolah terlebih dahulu menjadi ayam goreng tepung. Kemudian dicampurkan dengan saus telur asin yang gurih. Sangat sederhana dan tentunya bumbunya mudah ditemukan di rumah.

Sajian Main Course
Masakan Indonesian
Keyword ayam telur asin, resep ayam, Resep ayam goreng
Waktu Persiapan 10 minutes
Waktu Memasak 45 minutes
Porsi 2 porsi
Kalori 792 kcal

Bahan-bahan

Bahan Utama yang Dibutuhkan

  • 300 gram daging ayam tanpa tulang
  • 1 butir telur
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh garam

Bahan Untuk Membuat Baluran

  • 100 gram tepung terigu serbaguna
  • 3 sendok makan tepung tapioka
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk

Bahan untuk Membuat Saus Telur Asin

  • 4 buah kuning telur
  • 2 buah cabai merah besar
  • 3 siung bawang putih
  • 200 ml susu cair
  • 10 lembar daun kari
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh merica bubuk1/4 sendok teh garam

Langkah-langkah

Cara Menyiapkan Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  1. Pertama-tama silakan ambil daging ayam yang sudah anda sediakan sebelumnya. Jika sudah, bersihkan di bawah air yang mengalir. Sisihkan.

  2. Selanjutnya silakan kocok lepas telur.

  3. Lalu iris sering cabai merah besar dan cincang halus bawang putih. Sisihkan.

Cara Membuat Ayam Telur Asin

  1. Jika semua bahan-bahan sudah siap, anda bisa langsung mengolah sajian ayam telur asin. Ambil ayam yang sudah anda cuci bersih. Lalu potong berukuran kecil-kecil.

  2. Selanjutnya lumuri ayam dengan menggunakan merica dan garam.

  3. Setelah itu silakan masukan telur yang sudah dikocok. Aduk-aduk hingga tercampur dengan merata. Silakan ayam disimpan dalam kulkas selama kurang lebih 15 menit.

  4. Langkah selanjutnya silakan campurkan beberapa bahan pada wadah seperti tepung tapioka, tepung terigu, merica bubuk dan garam. Aduk-aduk hingga tercampur dengan merata.

  5. Kemudian masukan ayam ke dalam campuran tepung. Aduk hingga ayam terbalut dengan rata.

  6. Ambil wajan dan tuangkan minyak goreng ke dalam wajan. Panaskan.

  7. Setelah minyak panas, silakan goreng ayam sampai berubah warna menjadi keemasan dan matang dengan merata. Setelah seperti itu, anda bisa mengangkat dan meniriskannya terlebih dahulu.

Cara Membuat Saus

  1. Silakan ambil bagian kuning telur asin. Lalu haluskan. Agar lebih mudah saat menghaluskannya, anda bisa menambahkan air sedikit. Jika sudah halus silakan disisihkan.

  2. Panaskan minyak secukupnya pada wajan atau sekitar 3 hingga 5 sendok makan. Lalu masukan bawang putih beserta cabai sampai harum.

  3. Masukan bagian kuning telur asin yang sudah anda haluskan tadi. Aduk merata dan tumis selama beberapa saat. Lalu tambahkan susu cair. Aduk-aduk lagi dengan merata.

  4. Tambahkan aneka bumbu seperti merica, garam dan daun kari. Aduk-aduk hingga tercampur dengan merata. Masak hingga saus menjadi kental.

  5. Apabila saus sudah mengental, silakan masukan ayam yang sudah digoreng tadi. Aduk-aduk hingga tercampur dengan merata hingga ayam terbalut oleh saus.

  6. Setelah seperti itu, silakan angkat dan sajikan pada tempat saji yang sudah anda sediakan.

Catatan Resep

Itulah resep dan cara membuat ayam saus telur asin yang enak dan gurih. Dengan resep ini anda bisa menyajikan hidangan ayam yang berbeda untuk keluarga di rumah. Selamat mencoba.

Baca Juga  Resep Sate Ponorogo

Tinggalkan komentar

Rating Resep