Resep Ayam Goreng Bawang Praktis

Ayam goreng tentunya selalu menjadi menu favorit yang disukai banyak orang mulai dari anak kecil hingga orang tua. Anda cukup menyajikan ayam goreng dengan nasi putih dan pastinya seluruh anggota keluarga akan sangat menikmatinya.

Saat ini, anda dapat dengan mudah menemukan banyak variasi sajian ayam goreng yang dibuat dengan beragam campuran bumbu-bumbu. Penggunaan bumbu pada resep ayam goreng biasanya menentukan tingkat kesulitan proses pembuatannya. Tentunya, untuk anda yang lebih menyukai resep yang cepat untuk dibuat, anda dapat memilih resep ayam dengan penggunaan bumbu yang tidak terlalu banyak.

Pada resep kali ini, kita akan membuat sajian ayam goreng yang dapat dengan mudah anda coba di rumah. Anda hanya membutuhkan bumbu-bumbu yang mudah didapatkan dengan alat memasak yang sederhana.

Yuk kita simak resep ayam goreng bawang di bawah ini untuk referensi resep praktis yang dapat anda coba!

Resep Ayam Goreng Bawang

Walaupun bumbu-bumbu yang digunakan sangatlah sederhana, namun cita rasa ayam goreng bawang ini sangat menggugah selera. Proses pembuatannya yang mudah menjadikannya sangat cocok untuk anda yang menyukai resep-resep praktis dan cepat.

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword ayam goreng bawang, resep ayam, resep ayam praktis
Waktu Memasak 45 minutes
Porsi 1 ekor ayam

Bahan-bahan

  • 1 ekor ayam utuh
  • 10 siung Bawang putih
  • 15 siung Bawang merah
  • 2 sendok makan Ketumbar
  • 1 ½ sendok teh Garam
  • 1 ½ sendok teh lada bubuk
  • 2 sendok teh Kaldu ayam bubuk
  • 10 sendok makan Tepung tapioka
  • 1 buah Bawang putih utuh
  • Minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah

  1. Bersihkan ayam lalu potong menjadi beberapa bagian sesuai dengan selera anda lalu masukkan ke dalam mangkuk, sisihkan.

  2. Iris bawang merah dan bawang putih, lalu masukkan ke dalam blender bersama dengan ketumbar. Beri sedikit air dan haluskan bahan-bahan tersebut hingga lembut.

  3. Campurkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi dengan ayam yang sudah dipotong-potong hingga merata. Tuangkan garam, merica, dan kaldu ayam bubuk lalu aduk kembali hingga merata. Anda dapat mendiamkan campuran ayam dan bumbu selama beberapa menit agar bumbunya meresap.

  4. Tuangkan tepung terigu ke dalam campuran ayam dan bumbu lalu aduk semua bahan.

  5. Siapkan wajan berukuran sedang hingga besar dan tuangkan minyak goreng. Pastikan minyak gorengnya cukup untuk merendam semua potongan ayam pada saat proses penggorengan.

  6. Masukkan semua potongan ayam ke dalam minyak panas dan masukkan juga bawang putih utuh yang telah dikupas.

  7. Setelah ayam berwarna coklat keemasan dan terasa garing, angkat dan tiriskan.

  8. Sajikan ayam goreng di atas piring lalu hiasi dengan bawang putih utuh yang tadi sudah anda goreng.

Bagaimana? Mudah bukan membuatnya? Penggunaan bawang putih, bawang merah, dan ketumbar sebagai bumbu untuk ayam goreng pada resep di atas tentunya menciptakan cita rasa gurih yang lezat. Selain itu, penggunaan tepung tapioka pada adonan ayam juga memberikan tekstur renyah pada saat anda menyantapnya. Jangan lupa bahwa bawang goreng utuh yang digoreng bersamaan dengan ayam juga dapat anda nikmati untuk memperkaya cita rasanya.

Untuk menambah cita rasanya, anda dapat menyajikan ayam goreng bawang dengan pilihan sambal nusantara yang anda sukai. Perpaduan tekstur renyah dan rasa gurih dari ayam dengan rasa pedas dan segar dari sambal nusantara tentunya terasa sangat lezat.

Dengan bumbu-bumbu dan proses pembuatan yang sederhana, anda dapat membuat ayam goreng pada resep ini dalam jangka waktu yang singkat. Cari resep makan malam? Tentunya resep ayam goreng diatas sangat cocok untuk anda jadikan sebagai referensi!

Baca Juga  3 Resep Pilihan Olahan Bebek Untuk Ceriakan Musim Panas Anda

Selamat membuat resep ayam goreng bawang di rumah!

(Baca juga: Resep Soto Babat)

Tinggalkan komentar

Rating Resep