Resep Aneka Barbeque Hidangan Penutup Akhir Tahun yang Wajib

Momen pergantian tahun biasanya selalu khas dengan kegiatan berkumpul bersama dengan keluarga. Nah, daripada kikuk tidak ada acara lebih baik isi momen kebersamaan kali ini dengan sajian barbeque yang enak dan sedap. Resep aneka barbeque akan kami suguhkan di bawah ini hanya untuk anda.

Resep Daging Sapi Barbeque Ala Korea

Menyambut akhir tahun kali ini biasanya momen berkumpul sambil menyantap hidangan barbeque mulai menjadi tradisi masyarakat perkotaan dan sekitarnya. Anda yang mendamba membuat hidangan barbeque daging sapi ala Korea dibawah ini adalah resep yang akan dapat anda simak denagn mudah.

Keyword resep steak, steak daging, steak korea
Waktu Persiapan 20 menit
Waktu Memasak 20 menit
Total Waktu 40 menit
Porsi 4 Orang

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 1 kg Daging sapi
  • 2 sdm Gula Aren
  • 2 sdm Minyak wijen
  • 2 sdm Kecap asin
  • 1 sdt Merica hitam
  • 1 sdm Arak masak
  • 3 siung Bawang putih cincang

Bahan Saus:

  • 1 sdm Tauco
  • 2 sdm Minyak sayur
  • 1 sdm Air
  • 2 sdm Saus sambal
  • 2 siung Bawang putih cincang

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Daging Sapi Barbeque Ala Korea:

  1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu mengiris tipis daging sapi searah berlawanan serat. Iris daging kira-kira dengan ketebalan 1 cm atau anda bisa meminta bantuan tukang potong daging biasanya mereka lebih ahli dalam memotong tipis daging untuk dijadikan hidangan daging panggang.

  2. Selesai memotong daging silahkan tata daging dalam sebuah piring atau alas yang ceper. Hamparkan dengan cantik dan pastikan anda menatanya dengan rapi agar pada saat dibakar nanti orang lain tinggal memindahkannya dengan mudah.

  3. Siapkan pula panggangan khas korea berupa pan atau tatakan pemanggang dari besi dengan api dari kompor yang khas. Pemanggang ini biasanya anti lengket sehingga daging yang dipanggang akan lebih mudah terkelupas dan langsung disantap setelah selesai memanggang sajian ini.

  4. Siapkan pula piring dan beberapa wadah, karena biasanya cara menyantap daging panggang ala korea ini selalu disertakan bersama dengan santapan pendamping seperti selada, bawang putih yang dipanggang setengah matang, acar dan juga saus dalam beberapa variasi.

  5. Setelah selesai dengan semua peralatan maka langkah selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah mulai meracik sajian daging panggang ala korea kali ini. Resepnya akan dapat anda simak di bawah ini dengan mudah dan sederhana. Penasaran seperti apa saja? Maka mari simak informasinya di bawah ini.

Cara Membuat Daging Sapi Barbeque Ala Korea:

  1. Langkah pertama yang akan dapat anda lakukan adalah dengan menyiapkan daging yang sudah anda potong tipis dalam sebuah wadah (bukan wadah saji). Lalu kemudian taburi daging dengan menggunakan gula arena dan aduk dengan merata sampai tercampur dengan merata.

  2. Setelah selesai kemudian siapkan sebuah wadah dan campurkan kecap asin bersama dengan minyak wijen dengan merata. Masukkan pula bawang puth ke dalamnya dan tambahkan arak masak.

  3. Taburkan pula merica hitam dan aduk kembali sajian ini dengan merata untuk memastikan semua bumbu tercampur ke dalamnya dengan merata.

  4. Baru setelah itu, masukkan daging ke dalamnya dan rendam selama kurang lebih 10 menit. Cara ini dilakukan agar sajian daging sapi menjadi lebih berasa nikmat dan sedap pada saat dimasak dalam sajian ini.

  5. Setelah 10 menit berlalu maka anda akan dapat menyiapkan panggangan dan panaskan dengan merata. Silahkan panggang daging di atasnya dan balik pada saat bagian sisinya sudah matang. Sebaiknya jangan memanggangnya terlalu matang sebab nanti dikhawatirkan daging menjadi keras.

  6. Bila sudah matang anda akan dapat langsung mencelupnya ke dalam saus. Sementara itu, pembuatan saus dapat dilakukan dengan cara campurkan semua bahan menjadi satu dan aduk secara merata dalam sebuah wadah.

  7. Celupkan daging ke dalam campuran saus ini dan nikmat bersama dengan seladah segar dan bungkus bersama dengan bahan pelengkap seperti acar atau kimchi kemudian bawang putih yang dipanggang setengah matang dan lahap dalam satu kali suapan.

Resep Yakitori Sate Daging Ala Jepang yang Nikmat

Ramaikan menu bakar-bakaran tahun baru dengan sajian Yakitori yang enak. Resepnya akan dapat anda simak di bawah ini.

Keyword resep sate, sate ayam, sate jepang, yakitori
Waktu Persiapan 30 menit
Waktu Memasak 20 menit
Total Waktu 50 menit
Porsi 4 Orang

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 1/4 buah bawang bombai
  • secukupnya Garam dan merica bubuk
  • 250 gram dada ayam
  • 20 tusuk satai
  • 2 sdm margarin

Bahan Saus Yakitori:

  • 1 sdt saus tiram
  • 1 sdm kecap ikan
  • 1 sdt gula pasir
  • 2 sdt wijen sangrai
  • 100 ml soy sauce

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Yakitori Sate Daging Ala Jepang yang Nikmat:

  1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu membersihkan ayam fillet yang sudah anda persiapkan. Silahkan potong-potong ayam dengan bentuk dadu secara merata lalu masukkan ayam ke dalam wadah. Sebaiknya jangan potong ayam dengan terlalu kecil karena daging bersifat menciut pada saat dimasak.

  2. Bawa daging ke tempat cucian dan bersihkan dengan merata. untuk membersihkan daging silahkan remas daging pada saat dibersihkan dengan merata. Buang pula bagian lendir pada daging dengan menekannya secara lembut.

  3. Setelah selesai silahkan angkat daging ke dalam wadah dan tiriskan air cuciannya dengan merata. Lalu untuk mengurangi bau amis yang ada pada daging silahkan kucuri sajian ini dengan menggunakan air perasan jeruk nipis dan berikan taburan garam. Aduk merata sampai tercampur.

  4. Lalu setelah itu, diamkan daging ayam dengan bahan rendaman ini selama kurang lebih 10 menit sampai meresap dengan merata ke dalam daging. Untuk itu, sisihkan daging dengan bahan campuran ini sebelum dimasak.

  5. Selanjutnya kita akan kupas bawang bombaynya dengan merata. Silahkan kupas sampai bersih dan merata lalu cuci bawang dengan air yang mengalir. Angkat dan lap dengan menggunakan tisu agar air cucian terserap ke dalamnya.

  6. Potong bawang bombay dengan bentuk dadu ukuran potongan daging. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sajian ini sebelum anda mencampurkannya dengan bahan-bahan lainnya dengan merata.

Cara Membuat Yakitori Sate Daging Ala Jepang yang Nikmat:

  1. Selesai dengan persiapan di atas maka langkah selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah dengan mulai membuat racikan sajian kali ini. Silahkan campuran merica bubuk ke dalam ayam dan aduk merata sajian ini sampai tercampur.

  2. Selanjutnya biarkan kembali ayam selama kurang lebih 15 menit agar dimarinasi dengan bumbu ini secara merata. Setelah itu, baru siapkan tusuk sate.

  3. Caranya silahkan tusuk daging ayam satu buah pada tusukan sate. Lalu ikuti dengan menusuk bawang bombay dan lakukan cara ini secara berulang sampai anda mendapatkan jumlah yang cukup dalam satu tusukkan.

  4. Siapkan panggangan atau anda dapat menggunakan wajan datar anti lengket dan panaskan di atas kompor. Lalu panggang sajian ini sampai matang dan merata. Jangan lupa untuk dibalikkan agar semua bagian ini menjadi lebih matang dengan merata.

  5. Untuk saus anda akan dapat melakukannya dengan cara siapkan sebuah wadah dan masukkan semua bahan saus ke dalamnya dan aduk dengan merata sampai tercampur. Lalu kucuri yakitori dengan bahan campuran ini.

 

Resep Cara Membuat Steak Daging Sapi Saus Barbeque Rumahan

Enaknya sajian steak daging sapi saus barbeque akan bisa anda buat di rumah untuk menyambut momen tahun baru kali ini. Di bawah ini adalah resep yang akan dapat anda simak dengan mudah dan sederhana.

Keyword resep daging, steak daging
Waktu Persiapan 40 menit
Waktu Memasak 20 menit
Total Waktu 1 jam
Porsi 2 Orang

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 1/2 kg daging sapi
  • 1 sdm margarin
  • Secukupnya bawang bombai
  • Secukupnya saus barbeque instan

Bumbu Marinasi:

  • 2 sdm margarin cairkan
  • 1 sachet lada bubuk
  • 1 sachet saus tiram
  • 6 siung bawang putih
  • 1 sdt garam

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Steak Daging Sapi Saus Barbeque Rumahan:

  1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan cara persiapkan semua bahan yang ada pada resep. Cara ini akan penting anda lakukan untuk memudahkan anda membuat hidangan dari resep kali ini. Agar pada saat memasak anda tidak perlu mengambil peralatan dan bahan yang belum anda persiapkan. Sebab biasanya hal ini akan sangat merepotkan untuk dilakukan.

  2. Beberapa peralatan yang anda perlukan untuk mmebuat sajian daging sapi steak kali ini adalah pemanggang anda boleh menggunakan pemanggang dari arang atau pemanggang yang lebih mudah dari pan anti lengket yang dipanaskan di atas kompor. Siapkan pula piring saji dan beberapa wadah untuk membuat sajian kali ini.

  3. Iris terlebih dahulu bawang bombay dengan bentuk dadu ukuran yang sangat kecil. Gunakan pisau yang besar untuk memudahkan anda mengiris dan mencincang sajian bawang bombay dengan merata. Masukkan irisannya ke dalam wadah dan sisihkan sajian ini sebelum dimasak dan dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya dengan merata.

  4. Kemudian setelah itu, potong daging sapi sesuai dengan selera anda. Namun sebaiknya jangan potong daging dengan ukuran yang terlalu kecil sebab dikhawatirkan pada saat dipanggang daging akan mengerucut dan nantinya yang anda dapati malah sajian sate bukan steak. Untuk itu, perhatikan dengan baik ukuran potongan ini.

  5. Selesai dengan bahan di atas maka anda akan mulai dapat membuat hidangan dari sajian kali ini. Untuk itu, mari simak resepnya di bawah ini hanya untuk anda.

Cara Membuat Steak Daging Sapi Saus Barbeque Rumahan:

  1. Tusuk-tusuk terlebih dahulu daging yang sudah dipotong atau pukul daging dengan menggunakan ulekan secara merata. Cara ini dilakukan agar bumbu meresap ke dalam daging dengan merata dan tekstur daging tidak keras pada saat dimasak. Setelah selesai kemudian diamkan sementara sajian ini sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya dengan merata.

  2. Siapkan sebuah mangkuk atau wadah lalu masukkan semua bahan marinasi ke dalamnya. Aduk dengan merata menggunakan sendok sampai semua bahan ini tercampur dan larut dengan merata.

  3. Masukkan dagng dan aduk merata pastikan agar bumbu merendami daging dengan rata. Lalu kemudian diamkan daging dengan bahan ini selama kurang lebih 1 sampai dengan 2 jam agar bumbu meresap ke dalamnya.

  4. Siapkan panggangan dan masukkan margarin ke dalamnya denagn merata. Panggang daging sampai matang dengan menggunakan api yang kecil. Jangan lupa dibalik agar bagian lainnya matang dengan merata.

  5. Untuk sausnya anda bisa menumis bawang bombay dengan margarin sampai harum. Lalu masukkan saus barbeque ke dalamnya dan masak sebentar. Setelah matang kemudian siramkan saus ini di atas steak daging yang sudah anda masak.

Resep Sosis Panggang Saus Barbeque yang Sedap dan Mudah

Sajikan di rumah resep sosis panggang saus barbeque yang enak dan mudah di buat. Resepnya dapat anda simak di bawah ini.

Keyword resep sos, resep sosis bakar, seblak sosis
Waktu Persiapan 20 menit
Waktu Memasak 10 menit
Total Waktu 30 menit
Porsi 5 Orang

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 20 buah sosis cocktail
  • 10 gram mentega

Saus Barbeque:

  • 1 sendok makan dry mustard (opsional)
  • 2 sendok makan saus tiram
  • secukupnya ground blackpepper (merica hitam)
  • 1 sendok teh paprika bubuk (opsional)
  • 1 buah jeruk nipis, ambil air perasannya
  • 4 sendok makan saus tomat
  • secukupnya garam halus
  • secukupnya gula pasir
  • 2 sendok makan worcestershire sauce (kecap inggris)

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Sosis Panggang Saus Barbeque yang Sedap dan Mudah:

  1. Untuk membuat sajian kali ini silahkan awali dengan mempesiapkan peralatan yang akan anda perlukan untuk membuat sajian kali ini. Beberapa peralatan seperti panggangan sosis, kemudian beberapa buah wadah untuk sajian bumbu dan piring saji. Jangan lupa siapkan pula tusukkan sate untuk sajian sosis bakar kali ini. Kemudian kuas untuk mengoleskan bumbu pada sajian sosis bakar.

  2. Selesai dengan peralatan kemudian ambil sosis cocktail biasanya ukurannya kecil. Lalu kemudian anda akan dapat menyayat bagian sosis dengan perlahan. Cara ini dilakukan agar nantinya bumbu meresap ke dalam sosis dengan merata. Lakukan cara yang sama pada sisa sosis yang masih ada.

  3. Masukkan sosis yang sudah disayat ke dalam wadah dan olesi menggunakan margarin dengan merata agar nantinya pada saat dipanggang sajian ini menjadi lebih renyah dan mengeluarkan aroma yang enak dan sedap.

  4. Untuk panggangan yang digunakan anda bisa menggunakan panggangan dari arang secara tradisional atau gunakan pan datar dan olesi dengan margarin dengan merata. Silahkan gunakan yang ada saja agar lebih mudah karena hasilnya pun tidak akan jauh berbeda.

  5. Selesai dengan persiapan ini maka langkah selanjutnya anda akan mulai dapat meracik sajian saus barbeque untuk sosis panggang kali ini.

Cara Membuat Sosis Panggang Saus Barbeque yang Sedap dan Mudah:

  1. Untuk membaut saus barbeque anda dapat menyiapkan sebuah wadah lalu masukkan ke dalamnya saus tiram bersama dengan perasan air jeruk nipis dan saus tomat. Lalu aduk merata dan tambahkan worcestershire sauce dan aduk kembali.

  2. Setelah itu, bumbui dengan paprika bubuk dan aduk merata. Lalu berikan dry mustard bersama dengan merica bubuk hitam. Tambahkan garam untuk perasa dan gula pasir secukupnya. Aduk semua sajian ini sampai merata.

  3. Pisahkan kira-kira 2 sdm bumbu ini ke dalam wadah yang lain dan panaskan panggangan. Lalu bakar sosis di atasnya dengan merata setelah setengah matang lalu lumuri dengan saus barbeque dengan merata. Lakukan cara yang sama pada sisa sosis yang akan dibakar.

  4. Setelah matang maka angkat dan sajikan dalam piring saji lalu berikan pula saus barbeque sebagai celupan. Tambahkan pula disampingnya saus tomat bersama dengan mayonaise.

Loading...

Leave a Reply






Show Buttons
Hide Buttons