Pilihan Resep Ekslusif Olahan Telor Ceplok Bebek yang Ceria

Telur bebek memiliki kandungan protein yang baik untuk kesehatan. Sehingga demikian sajian ini akan sangat baik untuk anda konsumsi sebagai sajian menu makanan anda. Nah, dibawah ini mari kita simak resep ekslusif olahan telor ceplok bebek yang enak dan sedap. Mari simak dibawah ini informasinya hanya untuk anda.

Resep Membuat Telor Ceplok Bumbu Rujak

Nama Resep

Resep Membuat Telor Ceplok Bumbu Rujak

4.9 review 76

Waktu Memasak

Persiapan : 10 menit
Memasak : 10 menit
Total : 20 Menit

Bahan-Bahan:

  • 6 butir telur bebek
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sendok teh garam
  • 300 ml santan dari 1/4 butir kelapa
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • 1 1/2 sendok teh asam jawa + 1 sendok makan air

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 4 buah cabai merah
  • 3 butir kemiri, disangrai
  • 4 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm jahe

Persiapan Membuat Telor Ceplok Bumbu Rujak:

  1. Mari kita awali langkah kali ini dengan terlebih dahulu membuat persiapan untuk sajian kali ini. Persiapan menjadi langkah penting untuk membuat sajian kali ini. Hal ini dikarenakan dengan persiapan yang matang maka nantinya anda akan dapat lebih mudah membuat hidangan kali ini.
  2. Untuk itu, silahkan siapkan sebuah wajan. Lalu tempatkan diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang.
  3. Kemudian tuangkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu sampai minyak menjadi lebih panas secara merata. Untuk ukuran minyak sendiri anda hanya cukup menuangkannya 2 sendok makan atau 1 1/2 sendok makan takaran minyak. Hanya saja, bagi anda yang menginginkan telor ceplok dibuat dengan tekstur yang lebih garing maka anda bisa menuangkan lebih banyak takaran minyak pada saat menggoreng telur.
  4. Sambil menunggu minyak panas, selanjutnya anda bisa menggunakan mangkuk dan pecahkan telur bebek kedalamnya. Lalu tuangkan garam sedikit saja hanya untuk memberikan rasa yang lebih nikmat pada sajian kali ini.
  5. Baru setelah itu, tuangkan telur kedalam wajan yang berisikan dengan minyak panas. Setelah itu, goreng sampai matang secara merata.
  6. Jangan lupa membulak-balik sajian ini agar telur menjadi lebih matang secara merata.
  7. Bila sudah matang, angkat sajian ini dan tiriskan dengan menggunakan serokan sebelum anda mencampur hidangan ini dengan bumbu-bumbu masakan lainnya.

Cara Membuat Telor Ceplok Bumbu Rujak:

  1. Sementara itu, untuk membuat hidangan kali ini anda akan bisa menggunakan wajan yang sama pada saat anda menggoreng telur. Gunakan secukupnya saja minyak untuk menumis sajian ini.
  2. Setelah minyak didalam wajan menjadi lebih panas merata maka selanjutnya anda akan bisa memasukkan bumbu halus kedalamnya.
  3. Tumis bumbu halus sampai harum dan tercium bau enak yang sedap. Setelah itu, masukkan pula daun salam dan serai. Aduk-aduk kembali sampai sajian masakan ini mengeluarkan aroma yang enak.
  4. Tuangkan santan kedalamnya bersama dengan gula pasir, air asam dan juga garam. Aduk-aduk kembali sampai semua bumbu ini menjadi lebih tercampur.
  5. Cicipi bumbu dan bila anda mendapati bumbu dirasa kurang pas atau kurang acep maka anda akan bisa menambahkan lebih banyak bumbu kedalamnya.
  6. Masak bumbu sampai mengental dan aduk-aduk lalu masukkan telur ceplok yang sudah anda masak sebelumnya. Aduk merata dan masak sajian ini sampai meresap kedalam sajian telur yang anda buat.

Setelah matang sajian kali akan dapat anda hidangkan untuk keluarga. Untuk menambah rasa dan selera dari sajian masakan kali ini bila perlu anda bisa menuangkan sambal dipinggirnya atau bila semua keluarga senang dengan rasa yang pedas. Maka silahkan aduk sambal bersama dengan kuah bumbu.

Resep Membuat Telor Ceplok Sambal Sedap

Nama Resep

Resep Membuat Telor Ceplok Sambal Sedap

4.9 review 76

Waktu Memasak

Persiapan : 10 menit
Memasak : 10 menit
Total : 20 Menit

Bahan-Bahan:

  • 6 butir telur bebek
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok makan kecap manis
  • minyak goreng untuk menumis
  • 250 ml air

Bumbu yang Ditumbuk Kasar:

  • 8 butir bawang merah
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 3 buah cabai rawit merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm jahe
  • 1 buah tomat
  • 1 sendok teh terasi

Persiapan Membuat Telor Ceplok Sambal Sedap:

  1. Hal pertama yang akan dapat anda lakukan untuk membuat sajian kali ini adalah dengan terlebih dahulu memanaskan wajan diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang.
  2. Lalu setelah itu, masukkan minyak kedalamnya dan tunggu sampai minyak menjadi lebih panas secara merata.
  3. Sementara menunggu minyak didalam wajan menjadi lebih panas secara merata. Anda bisa menyiapkan sebuah wadah dan pecahkan telur kedalamnya. Cara ini akan memudahkan anda untuk bisa menggoreng telur ceplok tanpa harus memecahkannya diatas wajan yang panas. Sebab biasanya cara ini akan sering membuat anda panik dan hasilnya telur ceplok tidak dibuat dengan merata.
  4. Selesai dengan memecahkan telur maka selanjutnya silahkan masukkan telur kedalam wajan yang sudah berisi dengan minyak panas. Jangan lupa tambahkan garam pada telor yang anda pecahkan untuk menambah rasa dan selera dari masakan kali ini.
  5. Masak telur sampai matang dan jangan lupa untuk membulak-balik sajian ini sampai matang dan merata. Tidak perlu waktu yang terlalu lama untuk menggoreng telur ceplok hanya beberapa menit anda bisa mengangkat sajian ini dari wajan.
  6. Setelah matang, angkat sajian ini dengan menggunakan serokan. Agar demikian minyak lebih mudah ditiriskan secara merata agar tidak menggenang didalam telur.
  7. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara sebelum anda mencampurkan sajian ini dengan bahan-bahan lainnya.

Cara Membuat Telor Ceplok Sambal Sedap:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat kembali memanaskan wajan yang sama seperti anda menggunakan wajan untuk menggoreng telur.
  2. Sisakan sedikit minyak didalamnya dan panaskan dengan menggunakan api sedang. Setelah panas baru masukkan bumbu yang sudah ditumbuk kasar kedalamnya.
  3. Aduk-aduk sajian bumbu diatas sampai harum hingga tercium bau masakan yang enak. Ini mengindikasikan bahwa masakan tumis bumbu anda sudah matang dan siap diberikan dengan bahan tambahan lainnya.
  4. Setelah bumbu matang, silahkan masukkan telur bebek ceplok yang sudah anda masak. Lalu aduk merata dengan perlahan menggunakan spatula agar bumbu tercampur dengan bahan lainnya.
  5. Setelah itu, masukkan pula kecap manis kedalamnya bersama dengan garam dan gula pasir. Aduk-aduk semua sajian ini secara merata hingga tercampur.
  6. Bila sudah selesai baru tuangkan air kedalamnya dan masak sajian ini sampai bumbu mengental dan meresap.
  7. Jangan lupa untuk mengoreksi bumbu yang anda masak. Caranya cicipi sedikit bumbu ketika anda mendapati bumbu yang anda masukkan dirasa kurang maka jangan sungkan untuk menambahkan lebih banyak bumbu kedalamnya secara merata.

Nah, kini sajian telor ceplok bumbu kali ini sudah matang dan anda akan dapat menghidangkan sajian ini untuk keluarga anda di rumah. Melihat begitu mudah dan praktisnya sajian masakan kali ini. Anda akan tentu bisa membuat sajian ini di rumah dengan mudah dan sederhana.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons