Pilihan Resep Ayam Ekslusif yang Enak

    Sajikan lezat dan nikmatnya sajian ayam yang ekslusif, resep sajian ayam ini akan senantiasa bisa anda buat di rumah dengan mudah dan sederhana. Inilah dia resep pilihan ayam ekslusif yang enak dan mudah untuk dibuat.

    Resep Membuat Paha Ayam Bakar Bumbu Madu Untuk Sajian Makan Siang

    Bahan-Bahan:

    • 8 buah paha ayam bawah
    • 10 lembar daun jeruk

    Bumbu Lumuran Ayam:

    • 2 siung daun bawang, haluskan
    • 2 sendok makan madu
    • 1/2 sendok makan air jeruk lemon
    • 1 cm jahe, haluskan
    • 1 sendok teh garam
    • 1 sendok teh kecap ikan
    • 2 sendok makan saus marinade madu

    Cara Membersihkan Ayam:

    1. Cara pertama yang akan senantiasa anda lakukan untuk membuat hidangan kali ini adalah dengan mengetahui cara membersihkan ayam kali ini. Cara ini akan penting sekali guna membantu anda yang belum mengetahui dengan baik bagaimana membersihkan ayam dan bagian mana saja yang penting untuk diperhatikan dengan baik. Untuk itu, melihat cukup pentingnya cara yang satu ini maka tidak sebaiknya anda melewatkan langkah kali ini.
    2. Untuk membersihkan ayam anda akan senantiasa dapat melakukannya dengan terlebih dahulu memasukkan ayam kedalam sebuah wadah. Lalu bawa ayam ke tempat cucian.
    3. Setelah itu, di tempat cucian maka bersihkan ayam secara merata dan pastikan kotoran dan kuman yang masih ada pada ayam dibersihkan secara merata. Lalu remas-remas paha ayam ketika dibersihkan untuk memastikan kotoran tidak tersisa pada daging ayam.
    4. Kemudian setelah itu, adalah dengan memasukkan kembali ayam kedalam wadahnya. Lalu tiriskan air cuciannya secara merata.
    5. Angkat ayam dan berikan perasan air jeruk nipis pada paha ayam secara merata. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan bau amis yang menempel pada ayam. Untuk itu, maka sisihkan ayam dengan menggunakan bumbu yang satu ini.
    6. Biarkan dengan menggunakan bumbu tersebut selama kurang lebih 15 menit secara merata agar bumbu meresap pada ayam.

    Cara Membuat Paha Ayam Bakar Bumbu Madu Untuk Sajian Makan Siang:

    1. Untuk membuat hidangan yang satu ini anda akan senantiasa dapat melakukannya dengan terlebih dahulu mengiris daun jeruk dengan menggunakan pisau diatas tatakan secara merata sampai habis.
    2. Lalu siapkan sebuah loyang dan tebarkan daun jeruk tersebut dibagian atasnya secara merata sampai semua bagian loyang tertutupi secara merata.
    3. Kemudian setelah itu, campurkan paha ayam dengan bahan lumuran yang sebelumnya sudah dicampurkan menjadi satu bagian dalam satu mangkuk yang sama.
    4. Aduk-aduk secara merata dan olesi pada ayam secara merata sampai saus ini menutupi bagian ayam dengan merata.
    5. Setelah selesai diamkan bahan diatas selama kurang lebih 1 jam agar bumbu meresap kedalamnya secara merata dan tercampur.
    6. Baru kemudian tebarkan daun jeruk diatas loyang yang sudah diolesi dengan menggunakan margarin secara merata.
    7. Lalu tata paha ayam dibagian atasnya secara merata dengan rapi.
    8. Anda akan dapat menyiapkan sebuah oven dengan suhu 180 derajat untuk memanggang ayam secara merata. Maka masukkan ayam dan panggang selama kurang lebih 25 menit sampai matang dan enak.

    Setelah matang sajian ini akan dapat anda nikmati selagi masih hangat dan nikmat. Tentunya sajian ini bisa anda jadikan sebagai cemilan atau disantap bersama dengan nasi yang pulen dan sedap.

    Resep Membuat Ayam Bakar Taliwang Khas Lombok yang Sedap

    Bahan-Bahan:

    • 1 ekor ayam
    • 1 sendok teh garam
    • 2 buah jeruk limau, diambil airnya
    • 2 sendok teh gula merah sisir
    • 1/2 sendok teh garam
    • 300 ml santan dari 1/2 butir kelapa
    • 3 sendok makan minyak untuk menumis

    Bumbu yang Dihaluskan:

    • 8 buah cabai merah besar, dibakar
    • 1 1/2 sendok teh terasi sangrai
    • 5 butir kemiri, disangrai
    • 8 buah cabai merah keriting, dibakar
    • 6 siung bawang putih
    • 12 buah bawang merah

    Persiapan Membersihkan Ayam:

    1. Cara penting pertama yang akan senantiasa anda lakukan untuk membuat hidangan ini adalah dengan terlebih dahulu memperhatikan cara untuk membersihkan ayam. Cara ini akan penting untuk dilakukan guna memudahkan anda untuk dapat mengetahui cara membersihkan ayam kali ini. Untuk itu, melihat pentingnya langkah kali ini maka tidak sebaiknya anda melewatkan langkah ini.
    2. Masukkan ayam kedalam sebuah wadah dan bawa ayam ke tempat cucian. Sebelum ayam dicuci sampai bersih maka sebelumnya silahkan siapkan sebuah pisau dan tatakan.
    3. Kemudian belah ayam menjadi dua bagian dengan tidak putus. Lalu masukkan ayam ke dalam sebuah wadah dan cuci dengan air.
    4. Cuci bersih ayam secara merata dan pastikan semua kotoran pada ayam dibersihkan secara merata. Pastikan pula ketika anda membersihkan ayam, bahan ini diremas-remas secara merata.
    5. Kemudian angkat ayam dari cucian dan masukkan kembali kedalam wadah. Lalu kemudian tiriskan air cuciannya secara merata.
    6. Setelah itu, kucuri ayam dengan menggunakan air jeruk nipis dan berikan pula dengan taburan garam. Cara ini dapat anda lakukan untuk mengurangi bau amis yang ada pada ayam.
    7. Setelah diberikan bumbu diatas maka sisihkan ayam dan diamkan sajian ini secara merata selama kurang lebih 15 menit.

    Cara Membuat Ayam Bakar Taliwang Khas Lombok yang Sedap:

    1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu menyiapkan sebuah pembakaran dari arang.
    2. Caranya adalah dengan menyiapkan arang dan nyalakan diatas pembakaran lalu kipasi dengan kipang angin agar nyala api dari arang tetap menyala.
    3. Lalu bakar ayam dibagian atasnya secara merata sampai ayam setengah matang. Setelah selesai maka angkat sajian ini dan biarkan sementara untuk kemudian disisihkan.
    4. Dalam wajan isikan minyak sedikit saja dan tempatkan diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang. Lalu tunggu sampai minyak menjadi lebih panas secara merata.
    5. Setelah itu, tumis bumbu halus kedalamnya sampai tercium bau harum yang enak dan sedap. Setelah tumisan dirasa matang dan harum maka silahkan masukkan santan kedalamnya.
    6. Bumbui pula sajian ini dengan menggunakan garam dan juga gula merah. Aduk-aduk semua sajian ini secara merata hingga tercampur.
    7. Lalu kemudian aduk merata dan masak sajian bumbu diatas sampai matang dan mendidih. Kemudian masukkan ayam kedalamnya dan masak sajian ayam dengan menggunakan api yang kecil.
    8. Masak ayam dengan bumbu diatas sampai bumbu meresap kedalamnya dengan merata dan sempurna. Setelah ayam matang maka angkat sajian ini dan matikan kompor.
    9. Kemudian bakar ayam diatas pembakaran jangan lupa untuk mengoleskan sisa bumbu dibagian atasnya secara merata.
    10. Jangan lupa bulak-balik ayam agar sajian ini menjadi lebih matang secara merata dan enak.

    Nah, setelah matang maka selanjutnya anda akan dapat menyajikan hidangan ini didalam wadah. Untuk kemudian nikmati sajian lezat ini bersama dengan nasi dan lengkapi dengan sambal yang enak serta lalapan yang segar.

    Resep Membuat Ayam Masak Sambal Taoco yang Buat Lidah Bergoyang

    Bahan-Bahan:

    • 1 ekor ayam
    • 1 sendok teh air jeruk nipis
    • 1 sendok teh garam
    • 75 ml minyak untuk menumis
    • 2 lembar daun salam
    • 1/2 sendok teh gula pasir
    • 2 sendok makan taoco
    • 500 ml minyak untuk menggoreng
    • 1 batang serai, diambil bagian putihnya, dimemarkan

    Bumbu yang Ditumbuk Kasar:

    • 6 buah cabai merah besar
    • 4 buah cabai rawit merah
    • 2 siung bawang putih
    • 3 buah cabai merah keriting
    • 10 butir bawang merah
    • 1 sendok teh terasi

    Persiapan Membersihkan Ayam:

    1. Cara penting yang akan dapat anda lakukan untuk membuat sajian kali ini adalah dengan terlebih dahulu memperhatikan cara untuk membersihkan ayam kali ini. Cara ini akan penting dilakukan guna memudahkan anda untuk membuat dan memasak ayam kali ini serta mengetahui bagaimana cara membersihkan ayam dengan baik dan benar.
    2. Untuk itu, keluarkan ayam dari plastik atau kemasannya dan bawa ayam ke tempat cucian. Lalu ambil sebuah pisau dan sebuah tatakan.
    3. Sebelum ayam dibersihkan secara merata maka silahkan potong ayam menjadi 10 bagian atau anda bisa memotongnya dengan ukuran yang anda inginkan secara merata.
    4. Bila sudah selesai maka masukkan ayam kedalam wadahnya dan cuci ayam dengan menggunakan air bersih secara merata. Lalu pastikan kotoran dan kuman yang ada pada ayam dibersihkan secara merata.
    5. Bila perlu anda akan dapat meremas-remas ayam pada saat membersihkannya dengan merata. Lalu masukkan kembali ayam yang sudah bersih kedalam sebuah wadah.
    6. Lalu angkat dan tiriskan air cuciannya secara merata. Kemudian setelah itu, maka anda akan dapat memberikan kucuran air jeruk nipis dan berikan taburan garam.
    7. Aduk-aduk dengan merata dan pastikan bumbu tersebut tercampur kedalam ayam secara merata. Setelah itu diamkan bahan ini sementara selama kurang lebih 15 menit sampai bumbu meresap merata kedalamnya.

    Cara Membuat Ayam Masak Sambal Taoco yang Buat Lidah Bergoyang:

    1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan senantiasa dapat melakukannya dengan terlebih dahulu menyiapkan sebuah wajan diatas kompor dan gunakan api yang sedang.
    2. Setelah wajan panas maka masukkan minyak goreng dan tunggu sampai minyak goreng menjadi lebih cair dan matang secara merata.
    3. Baru setelah itu, masukkan ayam kedalamnya dan goreng ayam sampai berkulit saja kedalamnya hingga matang dan angkat dengan menggunakan serokan.
    4. Lakukan hal diatas sampai semua ayam digoreng sampai berkulit kedalamnya dengan merata. Lalu tiriskan terlebih dahulu minyaknya sebelum anda memasak sajian ini dan mencampurkannya dengan bahan-bahan lainnya.
    5. Kemudian setelah itu, sisihkan ayam dan panaskan kembali minyak namun kali ini jangan terlalu banyak. Anda cukup menyisihkan minyak untuk menumis kira-kira sebanyak 2 sendok makan.
    6. Setelah minyak panas kemudian tumis bumbu kasar kedalamnya bersama dengan bumbu-bumbu lainnya seperti daun salam, serai, taoco sampai tercium bau harum yang enak dan sedap.
    7. Kemudian setelah itu, masukkan ayam kedalamnya bersama dengan bumbu seperti gula pasir dan garam. Aduk-aduk semua sajian ini secara merata hingga semuanya tercampur merata.
    8. Lalu masak sajian ini hingga matang dan bumbu meresap kedalamnya dengan sempurna.

    Setelah matang kemudian anda akan dapat mengangkat sajian ini dan sajikan dalam piring saji untuk kemudian nikmati bersama dengan sepiring nasi hangat yang enak dan sedap.

    Loading...