Mengenali Jenis Pisang yang Cocok Untuk Digoreng

    Tahukah ibu? Ternyata tidak semua pisang yang anda jumpai selama ini bisa digoreng lho. Pada faktanya memang hanya beberapa jenis pisang yang memungkinkan anda untuk bisa mendapatkan tekstur pisang yang lezat pada saat digoreng.

    Jadi demikian, pada saat ibu hendak membuat sajian pisang goreng atau hidangan pisang yang akan digoreng maka tidak sembarang pisang bisa anda gunakan. Nah, menghadapi hal semacam ini maka para ibu penting untuk memahami jenis pisang seperti apa saja yang cocok untuk digoreng.

    Pada umumnya kreteria yang memungkinkan sebuah pisang yang baik untuk digoreng adalah jenis pisang dengan beberapa kreteria tertentu. Guna menghasilkan tekstur gorengan yang pas maka pisang yang digunakan haruslah pisang yang bertekstur padat dan agak keras.

    Selain itu, pisang yang digunakan pun haruslah jenis pisang yang memiliki kadar air yang relatif rendah. Hal ini dikarenakan jika pisang yang digunakan adalah jenis pisang meja yang pada umumnya cenderung lembut dan lembab.

    Maka mungkin pada saat ibu menggorengnya, si tekstur pisang akan melempem dan sulit untuk mendapatkan pisang yang krispi. Hal inilah yang mengurangi kenikmatan dari sajian menyantap pisang goreng.

    Untuk mengetahui jenis pisang apa saja yang cocok untuk digoreng. Maka kali ini kami akan berikan informasinya untuk anda. Mari simak dibawah ini.

    Mengenali Jenis Pisang yang Cocok Untuk Digoreng

    Pisang Uli

    Jenis pisang pertama yang akan cocok untuk anda jadikan sebagai pisang goreng adalah pisang uli. Jenis pisang yang satu ini adalah salah satu pilihan pisang paling cocok untuk digoreng. Tak heran bila untuk beberapa pedagang pisang goreng, mereka akan cenderung menggunakan jenis pisang yang satu ini untuk bahan utama pilihan pisangnya.

    Hal ini dikarenakan pisang uli adalah jenis pisang yang memenehui kreteria pisang yang cocok untuk digoreng. Tekstur pisang yang lebih padat dan berpati memungkinkan anda untuk bisa mendapatkan citarasa pisang yang lezat dan nikmat.

    Selain itu, pisang uli dikenal dengan jenis pisang yang manis. Ukurannya pun tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Sehingga ideal untuk dijadikan hidangan pisang goreng yang enak.

    Pisang Tanduk

    Jenis pisang selanjutnya yang akan dapat anda jadikan sebagai bahan untuk digoreng adalah pisang tanduk. Jenis pisang ini akan dapat dengan mudah anda jumpai di pasar. Ukuran dari pisang tanduk layaknya seperti namanya sendiri. Yakni besar dan melengkung.

    Ukuran panjang dari pisang ini pun lebih besar dibandingkan dengan pisang lain pada umumnya. Inilah pisang yang dalam bahasa Inggris disebut dengan plantain atau pisang yang diperlukan untuk keperluan memasak.

    Pisang yang satu ini memiliki ciri khas rasa yang agak masam. Namun seiring dengan pertumbuhannya yang lebih matang maka rasa masam tersebut akan menghilang dan berubah menjadi rasa manis yang nikmat.

    Karena ukuran pisang yang lebih besar maka pada umumnya untuk anda yang ingin mengolah pisang ini menjadi pisang goreng atau aneka masakan lainnya. Maka sebaiknya anda perlu memotong-motongnya terlebih dahulu.

    Selain itu, untuk mendapatkan cita rasa pisang yang lebih lezat. Maka sebaiknya gunakan pisang yang sudah matang atau ripened. Jangan khawatir dengan bintik hitam pada pisang karena bisanya ini menandakan pisang sudah matang.

    Pisang Nangka

    Jenis pisang yang satu ini adalah jenis pisang yang menjadi favorit banyak orang untuk dijadikan pisang goreng. Rasa dan aroma dari pisang yang mencolok memang seringkali menggoda untuk disantap. Adapun alasan yang membuat pisang ini diberi nama pisang nangka adalah karena tekstur dan rasanya yang manis dan menggoda.

    Warna dari pisang yang satu ini pun kuning cerah sehingga nampak cantik dan menggoda pada saat digigit. Pisang nangka adalah salah satu kreteria model pisang yang sempurna secara fisik. Sehingga tak heran banyak orang lebih memilih menggunakan pisang ini untuk dibeli.

    Rasanya yang manis dan begitu khas pun seringkali sulit untuk dilupakan sehingga banyak orang menjadikan pisang nangka sebagai pilihan untuk membuat hidangan pisang yang enak dan sedap.

    Untuk anda yang hendak membuat sajian pisang goreng maka pisang nangka akan menjadi pilihan yang baik untuk anda. Hal ini dikarenakan selain rasanya yang manis, pisang nangka pun memiliki tekstur yang lebih padat.

    Selain itu, kandungan air pada pisang ini pun cenderung sedikit. Sehingga ketika anda memasaknya maka anda akan dapat menghasilkan tekstur pisang yang lebih lezat dan lebih nikmat. Dengan demikian, perhatikan dengan baik pilihan pisang anda ya bu!

    Itulah dia beberapa jenis pisang yang cocok untuk digoreng. Tentunya mengetahui beberapa jenis pisang yang sesuai dan nikmat untuk digoreng akan memudahkan anda untuk bisa memilih pisang yang tepat saat anda hendak membuat sajian yang lezat untuk pisang olahan anda.

    Tips Membuat Pisang Goreng yang Krispi dan Nikmat

    Nah, diatas kita sudah menyimak beberapa jenis pisang yang cocok untuk digoreng. Selain itu, kali ini kami akan pula memberikan anda tips membuat pisang goreng yang krispi dan nikmat hanya untuk anda. Ingin tahu seperti apa? Mari simak informasinya dibawah ini.

    Tentukan Pilihan Pisang Anda

    Setelah memahami dan menentukan jenis pisang apa yang akan anda gunakan. Maka hal ini akan memudahkan anda untuk bisa menyajikan hidangan pisang goreng yang lezat dan nikmat. Untuk itu, sebelum anda terburu menciptakan hidangan yang lezat dari masakan kalin ini. Maka terlebih dahulu tentukan jenis pisang apa yang akan anda gunakan pada resep pisang goreng yang akan anda buat.

    Perhatikan Ketebalan Potongan Pisang

    Guna menghasilkan sajian pisang dengan tekstur krispi yang enak. Maka penting sekali memperhatikan ketebalan pisang sewaktu anda memotongnya. Terutama untuk anda yang ingin menghasilkan tekstur yang benar-benar krispi dari sebuah pisang goreng.

    Layaknya seperti membuat pisang kipas dimana potongan pisang dibuat dengan beberapa layer. Maka potongan pisang yang dibuat lebih tipis pun akan penting untuk anda perhatikan. Jangan buat potongan yang terlalu tebal dan besar agar nantinya pisang yang dihasilkan lebih renyah dan krispi.

    Perhatikan Adonan Pisang

    Selain hanya terfokus memperhatikan pisang pada pembuatan pisang goreng, factor lain yang akan menentukan kelezatan dari pisang goreng adalah bahan pencelup yang dibuatnya. Adonan yang terdiri dari tepung ini perlu anda racik sedemikian rupa agar dapat menghasilkan adonan yang lezat dan nikmat.

    Nah, adapun kunci rahasia dari mendapatkan pisang krispi dengan adonan pencelup sendiri adalah dengan memberikan tambahan telur dan mentega kedalamnya. Selain itu, air yang digunakan untuk menambah adonan pun sebaiknya diambil dari air es.

    Air es yang bersatu dengan adonan telur dan terigu akan dapat menghasilkan adonan yang lebih renyah dan keriting pada saat bersentuhan dengan minyak panas. Untuknya, maka perhatikan kunci keberhasilan membuat adonan pisang yang satu ini.