Memasak Lebih Aman, Perhatikan Aturan Menggoreng dengan Benar

Memasak adalah proses mengolah makanan mentah menjadi hidangan jadi yang akan dapat dinikmati bersama. Memasak pada dasarnya adalah kegiatan yang dilakukan oleh para wanita, meski demikian tak sedikit para pria yang mahir menyajikan hidangan makanan dengan memasak.

Hanya saja, pada umumnya memasak menjadi kegiatan yang wajib untuk ibu-ibu. Sebab menyajikan makanan untuk keluarga adalah kebutuhan yang paling utama. Dalam kegiatan memasak, goreng menggoreng adalah kegiatan yang seringkali dilakukan. Tehnik menggoreng adalah mengolah makanan dengan melibatkan minyak yang dipanaskan sehingga olahan makanan akan dapat tersaji dengan sensasi yang lebih garing.

Meski menyenangkan terkadang menggoreng pun bisa menjadi kegiatan yang cukup berbahaya. Apalagi untuk anda para ibu yang masih dalam tahapan belajar memasak. Nah, untuk itulah mari kita simak beberapa informasi tentang apa saja aturan dalam menggoreng.

Memasak Lebih Aman, Perhatikan Aturan Menggoreng dengan Benar

Perhatikan Mengenai Suhu Minyak

Pada umumnya, suhu minyak menjadi penentu yang akan mempengaruhi cita rasa dari masakan yang anda goreng. Untuk itulah, suhu menjadi faktor penting yang harus anda perhatikan dengan baik. Agar demikian, sajian gorengan yang anda masak memiliki cita rasa yang sempurna.

Ketika makanan masuk kedalam minyak panas, suhu minyak akan turun. Padahal, untuk mendapatkan sajian makanan dengan sensasi yang renyah sempurna kita tentu menginginkan suhu pada minyak bisa stabil dan makanan yang digoreng akan tentu menghasilkan sajian yang lezat.

Untuk itulah, dalam kebanyakan resep anda diminta untuk menggoreng salah satu sajian makanan dengan suhu 160 sampai dengan 190 derajat Celcius. Nah, untuk itulah guna menjaga minyak tetap stabil dan makanan yang anda masak tidak cepat gosong. Maka anda perlu menjaga suhu minyak pada suhu 160 sampai 175 derajat.

Menjaga minyak dalam suhu yang stabil akan tentu memberikan hasil yang lebih sempurna dan lebih baik pada sajian yang kita masak. Makanan akan tentu matang secara merata dan menghasilkan gorengan yang renyah juga berwarna kuning keemasan.

Selain itu, perhatikan jangan pula menuangkan adonan makanan pada minyak yang dingin sebab mungkin hal ini akan dapat menyebabkan sajian makanan yang diolah menjadi lembek dan tidak enak. Sementara ketika adonan yang dimasak pada suhu minyak yang terlalu panas maka mungkin hal ini akan membuat makanan menjadi cepat gosong namun bagian dalamnya tidak matang merata.

Jangan Melempar Adonan yang Hendak di Goreng

Pada umumnya kebanyakan orang yang hendak menggoreng bahan makanan merasa takut bahwa minyak panas yang ada didalam wajan akan memercik dan mengenai kulit. Hal ini akan tentu menjadi ketakutan yang besar untuk sebagian besar orang. Betapa tidak, cipratan dari minyak panas akan dapat menyebabkan luka bakar dan membuat kulit melepuh.

Alhasil kondisi semacam ini selain menyakitkan, pun akan membuat kulit menjadi kurang menarik karena bekas luka bakar akan mungkin sulit menghilang dalam waktu yang cepat.

Itulah mengapa banyak orang merasa ragu-ragu pada saat hendak menggoreng. Apalagi beberapa bahan makanan yang digoreng pada umumnya memang membuat minyak menyiprat. Seperti ikan, menggoreng cabai atau bahkan ketika menggoreng tahu dan tempe yang sebelumnya direndam dalam sebuah wadah.

Nah. itulah mengapa sebagian orang akan cenderung melempar bahan adonan yang akan digoreng. Akan tetapi, masalah seperti ini bukan menyelesaikan masalah yang anda hadapi. Justru sebaliknya, kondisi ini bisa mungkin membuat cipratan minyak menjadi lebih buruk.

Untuk itulah jangan sesekali melempar bahan makanan yang akan anda goreng agar minyak panas dalam wajan tidak membahayakan anda.

Goreng dalam Jumlah yang Sedikit

Menggoreng bahan makanan dalam jumlah yang banyak akan dapat membuat suhu minyak didalam wajan yang anda panaskan menjadi turun. Hal inilah yang membuat sajian makanan yang anda goreng menjadi sulit matang dalam waktu yang seharusnya. Selain itu, hal ini pun akan tentu membuat makanan yang digoreng menjadi kurang renyah atau kurang lezat.

Oleh karenanya, perhatikan dengan baik untuk menggoreng bahan makanan dalam jumlah sedikit dan tidak terlalu banyak. Selain itu, pun anda disarankan untuk mengaduk gorengan sesekali agar sajian makanan menjadi lebih cepat matang secara merata.

Sementara ketika anda menggoreng makanan yang beku maka penting sekali untuk memastikan agar suhu minyak dijaga agar tetap stabil. Cara ini akan dapat anda lakukan dengan menggoreng bahan makanan dalam jumlah yang sedikit.

Pastikan pula minyak tetap bersih selama anda menggoreng. Anda bisa menyendoki sisa makanan atau remah yang masuk dalam minyak. Cara ini akan dapat memudahkan anda memasak dan menggoreng bahan makanan dan membuat makanan yang digoreng tetap bersih merata.

Tiriskan Terlebih Dahulu

Ketika selesai menggoreng bahan makanan penting sekali untuk anda terlebih dahulu meniriskan bahan ini dengan merata. Terutama untuk bahan makanan yang digoreng dalam minyak yang banyak atau yang lebih dikenal dengan sebutan deep fried.

Minyak yang anda gunakan untuk menggoreng tentu meresap dalam bahan makanan. Apalagi ada beberapa bahan makanan yang ketika digoreng bisa mungkin menyerap minyak lebih banyak. Itulah mengapa, untuk menjaga cita rasa dari hidangan kali ini tetap nikmat dan lezat maka penting sekali untuk meniriskan terlebih dahulu minyak yang menempel pada bahan makanan dengan merata.

Anda bisa menggunakan serokan pada saat mengangkat bahan makanan yang sudah selesai digoreng. Sebelum sajian ini dihidangkan maka anda akan senantiasa terlebih dahulu meniriskannya secara merata. Lalu kemudian tempatkan tisu diatas piring untuk melapisi piring. Nah, masukkan bahan makanan dalam wadah ini dan biarkan kembali minyaknya meresap dalam tisu secara merata.

Segera Bumbui

Bagi anda yang hendak menyajikan bahan makanan dimana bumbu dituntut untuk dapat meresap kedalam bahan makanan yang digoreng secara merata. Maka segera bumbui sajian makanan ketika sudah diangkat dari wajan. Pada saat minyak masih menempel pada hidangan makanan yang anda goreng. Maka tentunya bumbu akan lebih mudah meresap kedalamnya secara merata.

Untuk itu, maka perhatikan dengan baik masalah yang satu ini dan pastikan agar anda senantiasa memasukkan bumbu kedalamnya secara merata. Baru setelah itu, kocok-kocok dan aduk agar bumbu menyebar dalam sajian makanan yang sudah anda goreng secara merata.

Saring Minyak

Setelah selesai digunakan sebenarnya minyak bekas menggoreng yang masih bagus bisa anda gunakan untuk yang kedua kalinya. Hanya saja, persyaratannya minyak yang anda gunakan tidak dipakai untuk menggoreng bahan-bahan yang membuat aroma dari minyak berubah. Seperti misalkan ikan, terasi dan bahan-bahan lainnya.

Bila anda baru saja menggunakan minyak untuk menggoreng kerupuk maka anda bisa menggunakan kambali minyak ini bila masih bagus. Caranya anda hanya perlu menyaring minyak dengan merata untuk memisahkan remah yang ada pada minyak dengan merata.

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Show Buttons
Hide Buttons