10 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan – Minum teh dikala sedang santai tentu menjadi kegiatan yang menyenangkan. Terdapat beberapa jenis teh, salah satunya yaitu teh hijau. Teh hijau berasal dari tumbuhan Camellia sinensis. Minuman teh hijau itu sendiri asalnya dari Tiongkok. Minuman yang satu ini dapat disajikan dalam keadaan dingin, panas, dicampurkan dengan madu dan lain sebagainya. Selain nikmat diminum, anda bisa mendapatkan manfaat baik teh hijau dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Teh hijau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ataupun kecantikan. Berbicara tentang manfaat teh hijau untuk kesehatan, teh hijau diketahui akan membuat kondisi kesehatan tertentu membaik. Lantas apa saja manfaat teh hijau untuk kesehatan? Untuk mengetahuinya anda bisa simak penjelasan di bawah ini.

Manfaat teh hijau untuk kesehatan

Kandungan Teh Hijau yang Baik Untuk Tubuh

Manfaat teh hijau yang baik untuk tubuh salah satunya yaitu didapatkan dari tingginya kandungan antioksidan pada teh hijau. Seperti yang kita ketahui semua, antioksidan memiliki manfaat untuk melawan radikal bebas. Dimana radikal bebas itu sendiri dapat menyebabkan rusaknya sel-sel tubuh. Akibatnya akan menyebabkan penuaan dini dan penyakit, seperti misalkan kanker.

Selain itu, manfaat teh hijau untuk kesehatan juga didapatkan dari kandungan katekin di dalamnya. Senyawa katekin pada teh hijau memiliki manfaat untuk mencegah kerusakan oksidatif terhadap sel tubuh. Tidak hanya itu saja, teh hijau mengandung asam folat, vitamin B, kalium, mangan, kafein dan magnesium. ( Baca juga : Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan )

Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Untuk mendapatkan manfaat dari teh hijau, anda dapat mengonsumsinya dalam porsi yang wajar. Adapun beberapa manfaat teh hijau untuk kesehatan di antaranya seperti berikut.

1. Menjaga Kesehatan Mulut

Manfaat teh hijau untuk kesehatan yang pertama yaitu dapat menjaga kesehatan mulut. Senyawa polifenol yang terkandung pada teh hijau dapat membantu mengatasi peradangan pada gusi dan gigi. Pada teh hijau terkandung katekin dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan teh hitam atau teh olong. Berdasarkan berbagai penelitian menyatakan bahwa jenis katekin yang banyak terkandung pada daun teh yakni Epigallocatechin Gallate (EGCG). Dimana Epigallocatechin Gallate (EGCG) bersifat antidiabetik, antimutagenik, antiinflamasi, antivirus dan antibakteri.

Epigallocatechin Gallate (EGCG) akan menghambat terjadinya pembentukan biofilm bakteri di mulut yang bentuknya plak. Sehingga dengan begitu, jika anda rutin mengonsumsi teh hijau setiap pagi hari akan membuat gusi dan gigi anda bebas plak.

Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya teh hijau untuk kesehatan gigi seperti berikut ini:

  • Menjaga kesehatan gusi. Zat antiperadangan yang terdapat pada EGCG akan dapat mencegah terjadinya penyakit gusi.
  • Mengontrol pertumbuhan bakteri. Seiring terbatasnya pertumbuhan bakteri, tingkat keasaman air liur akan menurun. Efeknya kondisi gigi berlubang dapat dicegah.
  • Membuat nafas lebih segar. Mengonsumsi teh hijau juga akan menjadikan nafas anda lebih segar dan anda terhindar dari masalah bau mulut.
  • Mencegah masalah gigi berkelanjutan. Zat EGCG yang terkandung pada teh hijau akan dapat membantu mencegah masalah gigi berlubang, dimana keasaman pada rongga mulut akan menurun dan penyakit gusi akan mereda. Selain itu, teh hijau juga akan mencegah lepasnya gigi.

2. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Tingginya kadar kolesterol menjadi masalah kesehatan yang banyak dikeluhkan oleh masyarakat. Apabila kolesterol tinggi tidak segera dikendalikan akan dapat menyebabkan anda stroke sampai serangan jantung.

Kolesterol merupakan senyawa yang sifatnya mirip dengan lemak yang hidup dengan alami pada hampir setiap bagian tubuh anda. Kolesterol itu sendiri dihasilkan dari dua sumber,  yakni diproduksi hati serta makanan yang dikonsumsi.

Pada tubuh manusia terdapat dua jenis kolesterol, yakni kolesterol baik atau HDL dan kolesterol jahat atau LDL. Apabila kadar kolesterol jahat atau LDL tinggi akan memicu timbulnya masalah kesehatan seperti stroke, serangan jantung sampai gagal jantung.

Nah, untuk menurunkan kolesterol jahat, berdasarkan penelitian teh hijau memiliki manfaatnya. Berdasarkan studi lainnya menyatakan bahwa kandungan polifenol yang terdapat pada teh hijau kemungkinan dapat menghalangi terserapnya kolesterol oleh usus, sekaligus dapat menyingkirkannya.

Selain itu, beberapa penelitian lainnya menyatakan bahwa kandungan antioksidan pada teh hijau dapat mencegah pembuluh darah menyempit, terutama penyakit arteri koroner.

3. Melawan Kanker

Berdasarkan berbagai penelitian menyatakan bahwa green tea atau teh hijau dapat melawan kanker sebab di dalamnya terkandung polifenol yang memiliki sifat antioksidan. Polifenol pada teh hijau ini disebut dengan katekin atau yang lebih dikenal dengan EGCG. Kandungan ini akan dapat membuat sel kanker mati.

Menurut beberapa penelitian menunjukan bahwa teh hijau bisa mencegah kanker tertentu, seperti misalkan kanker kulit, payudara, paru-paru, hati, kandung kemih, prostat, kerongkongan dan usus besar. Berdasarkan studi ini menunjukan, senyawa yang terdapat pada teh bisa mencegah pembuluh darah memasok darah pada sel kanker.

Melihat dari hasil penelitian ini banyak orang yang menganggap bahwa teh hijau mampu mencegah kanker. Namun sebenarnya hasil penelitian yang dilakukan pada manusia belum membuktikan atau memastikan hal ini. Meskipun begitu, konsumsi teh hijau aman dilakukan. Mengonsumsi teh hijau sebanyak 1 atau 2 cangkir tidak akan membahayakan. Hanya saja, untuk anda yang alergi terhadap teh hijau sebaiknya hati-hati.

4. Relaksasi

Theanin yang terkandung pada teh hijau akan membuat anda merasa lebih tenang. Jika anda hendak meminum teh, anda harus memastikan teh tersebut tidak diseduh menggunakan air mendidih. Pasalnya, katekin pada teh hijau jika dalam suhu tinggi dapat rusak.

Dalam menyeduh teh hijau, suhu yang paling optimal yaitu sekitar 70 hingga 75 derajat Celcius. Agar rasanya semakin enak, anda bisa menambahkan lemon ke dalam teh. Kandungan vitamin C bisa menjadikan penyerapan katekin lebih optimal. Anda sebaiknya menghindari campuran green tea dengan susu karena penyerapan di dalam usus akan menurun.

5. Mencegah Diabetes

Diabetes melitus sering dijuluki sebagai ibu dari segala penyakit. Pasalnya, penyakit yang satu ini bisa merusak organ dalam tubuh. Adapun beberapa organ yang bisa mendapatkan dampaknya yaitu pembuluh darah, ginjal, mata, jantung dan sistem saraf.

Saat anda mengalami diabetes, anda tentunya akan mencari cara untuk menjaga agar kadar gula darah dalam keadaan normal. Minum teh diketahui dapat membantu anda dalam mengelola gula darah. Teh hijau baik untuk diabetes karena dapat membuat sistem metabolisme menjadi lebih baik. Berdasarkan penelitian menyatakan bahwa teh hijau dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Meskipun begitu, lebih baik anda konsultasikan terlebih dahulu pada dokter mengenai manfaat teh hijau ini untuk diabetes.

6. Menurunkan Berat Badan

Manfaat teh hijau untuk kesehatan

Setiap wanita tentu ingin memiliki berat badan yang ideal. Pasalnya, berat badan yang berlebih selain mengganggu penampilan juga akan memicu timbulnya penyakit. Oleh karena itu, berat badan ideal baik untuk menunjang kesehatan, juga penampilan.

Untuk anda yang memiliki berat badan berlebih, anda mungkin sudah mencoba berbagai cara namun berat badan tidak kunjung turun. Sebagai cara untuk menurunkan berat badan, tidak ada salahnya anda mencoba teh hijau. Dengan minum teh hijau diketahui dapat membantu melancarkan diet yang anda lakukan. Antioksidan katekin yang terkandung pada teh hijau dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh agar proses pembakaran lemak menjadi lebih cepat.

Namun meskipun begitu bukan berarti dengan mengonsumsi teh hijau berat badan anda langsung turun. Anda juga harus mengimbanginya dengan menerapkan pola makan yang sehat, istirahat yang cukup dan olahraga. Konsumsi teh hijau juga harus dibarengi dengan cukup konsumsi air putih, serta takaran dan waktunya tepat.

7. Membantu Tidur

Berdasarkan penelitian menunjukan bahwa kandungan antioksidan pada teh hijau bisa membantu penderita obstructive sleep apnea atau OSA, yang merupakan keadaan yang dapat menyebabkan napas periodik saat anda tidur terganggu. Dimana keadaan ini akan menyebabkan aliran oksigen ke otak mengalami gangguan. Apabila keadaan ini dibiarkan, akibatnya proses pembelajaran, serta memori akan terpengaruh. Berdasarkan penelitian pada tikus menunjukan bahwa katekin  yang terkandung pada teh hijau memberikan hasil yang lebih baik jika dibandingkan dengan tikus  yang tidak mendapatkan sama sekali.

8. Menyehatkan Sendi

Berdasarkan beberapa penelitian menunjukan bahwa EGCG yang terkandung pada teh hijau dapat mencegah rheumatoid arthritis. Rheumatoid arthritis atau rematik ini akan menyebabkan radang, kemudian dapat mengakibatkan kaku, nyeri dan bengkak pada sendi. Penyebab penyakit ini yaitu autoimun. Penyakit ini tentu akan mengganggu penderitanya dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Menurut penelitian menyatakan bahwa produksi molekul oleh sistem imun yang dapat menyebabkan rematik dapat dihentikan dengan EGCG. Dengan begitu, konsumsi teh hijau akan mengurangi inflamasi, serta kerusakan yang terjadi pada sendi.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit agar terhindari dari masalah kulit. Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan kulit yaitu dengan melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Pasalnya, terlalu sering terpapar oleh sinar matahari akan membuat kulit terpapar radiasi UV lebih banyak. Dimana akibatnya risiko kanker kulit akan meningkat. Nah, pada teh hijau terkandung suatu antioksidan bernama epigallocatechin gallate (EGCG). Dalam penelitian para ilmuwan menemukan bahwa ekstrak teh hijau yang dibuat kapsul akan dapat menurunkan atau memperkecil kanker kulit.

10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh atau sistem imunitas dalam menjaga kesehatan memiliki peranan yang penting. Untuk menjaga agar tubuh tetap sehat atau terhindari dari penyakit, anda harus menjaga sistem kekebalan tubuh dengan baik. Selain itu, penting juga untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, caranya dengan menerapkan gaya hidup sehat, mengonsumsi makanan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghindari stres hingga mengonsumsi suplemen tertentu.

Terdapat beberapa makanan atau minuman yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, salah satunya yaitu teh hijau. Pada teh hijau terkandung antioksidan yang disebut dengan flavonoid. Dimana antioksidan ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh supaya tidak rentan terserang bakteri atau virus yang akan membuat anda sakit. ( Lihat juga : 10 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan & Resep Es Jeruk Nipis )

Efek Samping Mengonsumsi Teh Hijau Terlalu Banyak

Meskipun memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, tetapi anda tetap harus memperhatikan jumlah teh hijau yang anda konsumsi. Pasalnya, terlalu sering atau terlalu banyak mengonsumsi teh hijau akan menimbulkan efek samping. Nah, berikut ini efek samping terlalu sering minum teh hijau:

  • Kelebihan Kafein

Minuman teh hijau mengandung kafein sehingga akan menimbulkan efek samping seperti sakit perut, jantung berdebar, kecemasan, gelisah, tremor dan insomnia. Pada setiap produk jumlah kafein berbeda-beda. Namun, pada setiap kantung yang diseduh, teh hijau mengandung sekitar 30 miligram kafein.

Apabila anda terlalu sering minum teh hijau, maka kemungkinan akan membuat anda ketergantungan terhadap kafein. Akibatnya apabila anda tidak mengonsumsi kafein akan menjadikan anda mengalami gejala putih kafein seperti pusing, rasa kantuk, sakit kepala dan mudah emosi.

  • Kelebihan Kalori

Teh hijau memang bermanfaat untuk kesehatan, namun apabila anda tidak mengonsumsinya dengan bijak akan menyebabkan anda kelebihan kalori. Seperti misalkan, anda mengonsumsi teh hijau kemasan yang sudah ditambahkan pemanis atau gula. Dimana pemanis dan gula tersebut tentunya mengandung kalori. Jika asupan kalori lebih banyak pada tubuh anda dibandingkan dengan kalori yang dibakar akan menimbulkan penumpukan lemak sehingga akan dapat menyebabkan diabetes dan obesitas.

  • Gangguan Terhadap Penyerapan Zat Besi

Pada teh terkandung antioksidan yang disebut dengan flavonoid. Dimana kandungan ini akan melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas yang bisa menyebabkan rusaknya sel-sel tubuh. Hanya saja, kandungan flavonoid ini akan mengikat zat besi, efeknya tidak akan dapat diserap tubuh.

Jika anda minum teh hijau saat makan atau sesudah makan akan menyebabkan penyerapan zat besi berkurang sampai 70 persen. Oleh karena itu, sebaiknya anda tidak mengonsumsi teh hijau saat anda makan atau setelah beberapa jam anda makan.

  • Komplikasi

Meskipun mengonsumsi teh hijau aman, namun jika dikonsumsi terlalu banyak akan menyebabkan kondisi medis seseorang menjadi bertambah buruk. Seperti misalkan, seseorang yang sedang mengalami diare dapat mengalami masalah pencernaan yang lebih parah.

Apabila anda memiliki kondisi medis tertentu, anda harus berhati-hati dalam mengonsumsi makanan yang anda konsumsi, termasuk teh hijau. Anda sebaiknya berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui jumlah konsumsi teh hijau yang aman dikonsumsi.

Resep Olahan Teh Hijau

Untuk anda yang ingin menikmati teh hijau dengan cara berbeda, anda bisa mencoba teh hijau campur madu. Minuman ini bisa anda nikmati bersama keluarga ketika sedang bersantai.

Resep dan Cara Membuat Teh Hijau Madu

Sajian Drinks
Masakan Indonesian
Keyword minuman teh hijau, resep teh hijau, Teh hijau
Waktu Persiapan 20 menit
Waktu Memasak 10 menit
Total Waktu 30 menit
Kalori 2 kcal

Bahan-bahan

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 4 kantung teh hijau
  • 1/2 sendok teh jahe parut
  • 2 sendok makan madu
  • 2 batang kayu manis
  • 4 gelas air panas mendidih
  • 4 biji kapulaga
  • 1/2 sendok teh kulit lemon parut

Langkah-langkah

Cara Membuat Teh Hijau Madu

  1. Pertama-tama, silakan ambil biji kapulaga yang sudah anda sediakan. Kemudian hancurkan. Jika sudah, anda bisa menyisihkannya terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, silakan siapkan wadah berukuran besar.
  3. Kemudian anda bisa memasukan bahan-bahan yang sudah anda siapkan seperti kantung teh, kayu manis, jahe, kapulaga dan kulit lemon.
  4. Setelah itu, silakan tuangkan air mendidih yang telah disediakan.
  5. Seduh bahan-bahan selama kurang lebih 5 hingga 6 menit.
  6. Selanjutnya, anda bisa menyaring minuman tersebut.
  7. Lalu campurkan dengan madu. Terakhir anda bisa menuangkannya pada gelas dan bisa langsung dinikmati.

Demikian resep dan cara membuat teh hijau madu yang nikmat. Kini anda bisa menikmati teh hijau dengan cara yang berbeda dan tentunya nikmat. Selamat mencoba.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Show Buttons
Hide Buttons