8 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan – Lidah buaya merupakan tanaman serba guna yang memiliki banyak khasiat yang sudah terkenal sejak dulu. Lidah buaya atau sering dikenal sebagai aloe vera ini menghasilkan dua bahan, yakni gel dan getah. Dimana kedua bahan ini biasanya digunakan untuk obat-obatan.

Dalam kehidupan sehari-hari, lidah buaya sering dimanfaatkan baik untuk kesehatan, perawatan kecantikan atau diolah menjadi minuman segar untuk pelepas dahaga.

Untuk kecantikan itu sendiri, lidah buaya biasanya dimanfaatkan untuk perawatan rambut dan kulit. Lantas untuk kesehatan, apa saja manfaat lidah buaya? Nah, untuk mengetahui manfaat lidah buaya untuk kesehatan, anda bisa simak di bawah ini.

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan

Manfaat Gel dan Lateks Lidah Buaya

Pada lidah buaya, bagian-bagian yang biasanya dimanfaatkan yaitu gel dan lateks. Gel lidah buaya itu sendiri diperoleh dari sel yang terdapat di tengah kulit lidah buaya. Sedangkan untuk lateks, didapatkan dari sel yang ada di bagian bawah lapisan kulit pada lidah buaya.

Gel lidah buaya yang warnanya bening ini biasanya sering dimanfaatkan sebagai kandungan utama salep, krim, lotion dan lain sebagainya. Sedangkan lateks biasanya diolah untuk pembuatan zat kering, misalkan suplemen.

Tidak hanya diproduksi untuk obat-obatan saja, lidah buaya biasanya dimanfaatkan langsung dalam bentuk alami oleh masyarakat. ( Baca juga : 10 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan & Resep Es Jeruk Nipis )

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan biasanya digunakan untuk mengobati berbagai kondisi. Adapun beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan, seperti berikut ini.

1. Mengurangi Plak Gigi

Setiap orang tentunya ingin memiliki mulut yang sehat. Hanya saja, karena kurangnya menjaga kesehatan mulut berbagai masalah atau penyakit pada mulut sering dialami. Dimana penyakit gusi dan kerusakan gigi menjadi masalah kesehatan yang umum terjadi. Selain menyebabkan bau mulut atau nafas bau, juga akan mengganggu penampilan.

Nah, beradasarkan penelitian yang dilakukan pada 300 orang yang mengalami masalah pada bagian gusi atau gigi, menggunakan 100 persen jus lidah buaya dalam beberapa hari, hasilnya membuktikan lidah buaya lebih efektif dalam mengatasi masalah yang terjadi pada mulut jika dibandingkan dengan menggunakan obat kumur biasa. Pasalnya, lidah buaya dapat membantu membunuh bakteri yang dapat memproduksi plak Streptococcus mutans dan ragi Candida albicans.

2. Mengobati Bekas Luka

Keberadaan bekas luka pada kulit tentunya akan sangat mengganggu. Anda mungkin akan menyembunyikannya dengan menggunakan pakaian yang anda kenakan atau menyamarkannya menggunakan bantuan make up.

Bekas luka pada kulit sebenarnya bisa diatasi dengan menggunakan cara mudah memanfaatkan lidah buaya. Selain bermanfaat untuk kecantikan rambut, lidah buaya juga bermanfaat untuk kesehatan kulit, salah satunya membantu mengatasi bekas luka. Pada lidah buaya terkandung berbagai anti inflamasi yang akan membantu mengurangi bekas luka pada kulit tanpa menimbulkan efek samping apapun. Selain itu, beberapa penelitian menyatakan bahwa gel lidah buaya mengandung asam amino dan lignin yang bisa menjadikan kulit lebih lembab, mencegah terjadinya peradangan dan regenerasi sel menjadi lebih cepat.  Untuk mendapatkan manfaat lidah buaya dalam mengatasi bekas luka, caranya seperti berikut ini:

  • Pertama-tama, silakan siapkan tanaman lidah buaya secukupnya saja. Pastikan anda menyiapkan lidah buaya yang masih dalam keadaan segar.
  • Kemudian belah lidah buaya dan manfaatkan gelnya.
  • Setiap anda selesai mandi, anda bisa mengoleskan gel lidah buaya tersebut pada kulit yang terdapat bekas luka. Oleskan gel lidah buaya dengan merata.
  • Diamkan selama kurang lebih 1 jam hingga gel lidah buaya meresap ke dalam kulit.
  • Terakhir anda bisa membilas kulit hingga benar-benar bersih.

Hal yang harus anda perhatikan, pastikan anda mengoleskan gel lidah buaya dengan hati-hati. Jangan sampai kulit anda terkena getah lidah buaya karena akan menimbulkan gatal-gatal dan iritasi pada kulit. Selain itu, sebaiknya lidah buaya tidak digunakan dua minggu pertama setelah anda mengalami luka.

3. Mengatasi Sariawan

Sariawan menjadi masalah kesehatan yang sangat mengganggu kenyamanan. Selain menurunkan nafsu makan, sariawan juga kerap kali membuat anda sakit saat berbicara. Sariawan yang tidak diobati dengan segera akan menjadi semakin parah.

Nah, berbicara tentang sariawan, terdapat beberapa obat alami yang bisa digunakan untuk mengatasi sariawan yang anda alami. Salah satu obat alami yang bisa digunakan untuk mengatasi sariawan yaitu lidah buaya. Lidah buaya mengandung nutrisi yang diketahui bermanfaat untuk mengurangi peradangan yang terjadi pada mulut, lidah dan area mulut yang lainnya. Gel lidah buaya juga dapat memberikan efek dingin, serta nyaman pada area mulut yang mengalami sariawan.

Meskipun penggunaan lidah buaya tidak begitu dikenal dalam mengobati sariawan, namun penggunaannya sudah dibuktikan pada studi yang dilakukan selama 7 hari terhadap 180 orang yang menderita sariawan, dimana gel lidah buaya diaplikasikan pada sariawan. Hasilnya, penggunaan lidah buaya tersebut dapat mempercepat penyembuhan, serta mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan pada luka.

4. Mengurangi Sembelit

Sembelit atau konstipasi merupakan kondisi dimana frekuensi buang air besar menjadi lebih sedikit dibandingkan biasanya. Pada seseorang yang mengalami sembelit atau konstipasi, tinjanya menjadi keras dan kering, akibatnya sulit dikeluarkan.

Sesekali setiap orang pernah mengalami sembelit. Hanya saja, kondisi ini biasanya bukan masalah yang serius dan hanya berlangsung sebentar. Selain itu, setiap orang memiliki tingkat keparahan sembelit yang berbeda beda. Namun pada bebarapa kasus biasanya sembelit menjadi kronis  jika terjadi berulang sampai beberapa kali selama 3 bulan. Masalah sembelit kronis ini tentunya akan mengganggu.

Penyebab sembelit itu sendiri bisa terjadi karena pola makan yang tidak sehat atau karena masalah medis tertentu. Sedangkan sembelit pada anak-anak, selain disebabkan karena kondisi tersebut juga biasanya disebabkan karena sering menahan buang air besar. Selain itu, stres juga terkadang membuat sembelit. Untuk mengatasi sembelit, caranya yaitu dengan menerapkan pola makan dan gaya hidup yang sehat atau pemberian obat.

Pada lidah buaya terkandung polisakarida yang dapat membantu tubuh dalam mencerna nutrisi pada makanan supaya lebih sempurna, sehingga kandungan gizi bisa terserap dengan sempurna. Tidak hanya itu, makromolekul juga dapat membantu melunakan tinja sehingga proses ekskresi menjadi lebih mudah. Sebenarnya selain dapat membantu mengobati sembelit, lidah buaya juga dapat membantu mengatasi diare dan tukak lambung. Jika anda masih ragu mengenai manfaat lidah buaya untuk mengatasi sembelit, tidak ada salahnya anda berkonsultasi pada dokter.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan

Kulit yang sehat akan terhindar dari berbagai masalah. Untuk menjaga kesehatan kulit, lidah buaya diketahui memiliki manfaatnya yang bagus. Lidah buaya termasuk salah satu tanaman yang mengandung banyak antioksidan. Antioksidan itu sendiri sangat bermanfaat untuk melindungi kulit anda dari radikal bebas. Dimana radikal bebas dapat membuat tampilan kulit terlihat kusam dan lebih tua. Tidak hanya itu saja, lidah buaya juga mengandung senyawa yang sudah terbukti ampuh dalam menetralkan efek radiasi sinar UV.

Jus lidah buaya akan membantu dalam memperbaiki kulit akibat kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV. Jus lidah buaya juga akan mencegah timbulnya garis-garis halus ataupun kerutan pada kulit anda. Bahkan, peradangan yang terjadi pada kulit seperti psoriasis atau jerawat bisa dikurangi dengan menggunakan lidah buaya.

6. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Pada lidah buaya terkandung enzim yang dapat membantu dalam pemecahan gula dan lemak supaya sistem pencernaan menjadi lancar. Apabila  sistem pencernaan kita lancar, efeknya semua nutrisi yang berasal dari makanan bisa diserap dengan baik dan kita bisa mendapatkan manfaatnya.

Tidak hanya itu saja, lidah buaya juga dipercaya efektif dalam mengurangi iritasi yang terjadi pada lambung, serta usus. Berdasarkan sebuah studi menemukan, lidah buaya akan dapat mengurangi sakit yang dirasakan pada penderita irritable bowel syndrome (IBS).

7. Mengatasi Gatal dan Ruam Pada Mulut atau Kulit

Berdasarkan penelitian menyatakan, bahwa penggunaan obat kumur yang di dalamnya terkandung lidah buaya selama 3 kali sehari dalam waktu 3 bulan akan dapat membantu mengurangi ruam atau gatal yang terjadi pada mulut. Dimana hal ini juga berlaku saat kita mengaplikasikan gel yang mengandung lidah buaya 2 kali sehari dalam waktu 2 bulan pada kulit.

8. Mengatasi Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan biasanya akan dialami akibat cuaca, makanan yang dikonsumsi, stres dan lain sebagainya. Jika kondisi ini dibiarkan maka akan menyebabkan masalah kesehatan yang lainnya seperti demam atau sakit kepala.

Nah, menurut sebuah penelitian menyatakan, bahwa tanaman lidah buaya kaya akan kandungan antioksidan. Lidah buaya diketahui dapat membantu mempercepat dalam menyembuhkan radang.

Selain itu, kandungan antioksidan pada lidah buaya, serta kandungan asam lemaknya dapat meredakan berbagai gejala peradangan seperti radang tenggorokan, radang usus, radang sendi dan lain sebagainya.

Meskipun memiliki banyak manfaat, namun penelitian yang dilakukan masih terbatas. Dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut sehingga dapat mengetahui komponen ataupun dosis lidah buaya  yang tepat. Anda tetap harus berkonsultasi pada dokter jika keluhan masalah kesehatan yang anda alami tidak juga kunjung membaik. ( Lihat juga : Manfaat Buah Naga )

Efek Samping Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan

Menggunakan gel lidah buaya pada kulit dipercaya aman. Hanya saja, lidah buaya juga sesekali dapat menimbulkan efek samping seperti gatal-gatal atau kulit terbakar.  Jika anda mengalami efek samping seperti ini, sebaiknya hentikan pemakaian.

Berbeda halnya dengan gel, konsumsi lateks lidah buaya dengan dosis tinggi memiliki potensi menyebabkan kram dan sakit perut. Bahkan konsumsi lateks lidah buaya dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan masalah ginjal, diare, penurunan terhadap berat badan, otot lemah, gangguan jantung dan terdapat darah dalam urine.

Orang yang Sebaiknya Menghindari Konsumsi Lidah Buaya

Saat ini telah banyak produk lidah buaya. Namun, produk lidah buaya tersebut tidak boleh asal-asalan dikonsumsi. Anda harus membaca terlebih dahulu informasi yang terdapat pada kemasannya, apakah cocok dengan kondisi anda atau tidak. Terdapat beberapa orang yang sebaiknya tidak mengonsumsi lidah buaya seperti berikut ini:

  • Anak di Bawah Usia 12 Tahun

Anak berusia di bawah 12 tahun sebaiknya menghindari konsumsi lidah buaya karena mungkin dapat mengalami diare, sakit perut atau kram. Hindari penggunaan produk lidah buaya pada anak-anak, terkecuali anjuran dan di bawah pengawasan dokter.

  • Menjelang Operasi

Kadar gula darah dapat terpengaruh oleh lidah buaya, serta kadar gula darah dapat terganggu selama atau sesudah operasi. Oleh karena itu, sebaiknya anda menghentikan konsumsi lidah buaya, setidaknya selama 2 minggu sebelum menjalankan operasi.

  • Ibu Hamil dan Menyusui

Demi keamanan sebaiknya ibu hamil dan menyusui menghindari konsumsi lidah buaya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa berkonsultasi pada dokter.

  • Penderita Wasir

Ketika anda menderita wasir, konsumsi lidah buaya bisa memperburuk kondisi anda, khususnya konsumsi lateks.

  • Penyakit Ginjal

Jika berlebihan mengonsumsi lateks lidah buaya juga dikaitkan dengan gagal ginjal. Untuk mencegah penyakit ginjal semakin parah, sebaiknya anda menghindari konsumsi zat tersebut.

  • Masalah Usus

Orang yang memiliki masalah usus sebaiknya hindari mengonsumsi lidah buaya. Pasalnya, lateks pada lidah buaya memiliki potensi mengiritasi usus.

Sebelum anda mengaplikasikan atau mengonsumsi bahan alami untuk masalah kesehatan, termasuk lidah buaya sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

Resep Olahan Lidah Buaya

Selain terkenal sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat, lidah buaya ternyata bisa diolah menjadi minuman yang menyegarkan. Berikut ini resep es lidah buaya yang dapat anda simak.

Resep Es Lidah Buaya
5 from 1 vote
Print

Resep Es Lidah Buaya yang Segar

Sajian Drinks
Keyword es lidah buaya, lidah buaya, minuman
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 20 menit
Total Waktu 30 menit
Porsi 5
Kalori 77.5 kcal

Bahan-bahan

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 500 gram lidah buaya
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan kapur sirih
  • 4 lembar daun pandan
  • 100 gram gula pasir
  • 1 buah lemon
  • 1 sendok teh biji selasih
  • Sirup melon secukupnya
  • Es batu secukupnya
  • Air matang secukupnya

Langkah-langkah

Cara Membuat Es Lidah Buaya

  1. Langkah pertama kali yang harus anda lakukan yaitu, mengupas kulit lidah buaya yang sudah anda siapkan. Jika sudah, potong-potong daging lidah buaya menjadi bentuk dadu. Lalu cuci hingga bersih dan tiriskan terlebih dahulu.
  2. Ambil buah lemon yang sudah anda siapkan. Kemudian belah menjadi dua bagian dan peras airnya.
  3. Cuci bersih daun pandan di bawah air mengalir. Lalu sisihkan terlebih dahulu.
  4. Ambil wadah dan campurkan air dengan kapur sirih dan garam. Aduk hingga merata.
  5. Selanjutnya, rendam potongan lidah buaya yang sudah anda siapkan selama kurang lebih 1 jam. Jika sudah, anda bisa membilas lidah buaya sampai tidak ada lendirnya. Tiriskan.
  6. Ambil panci dan isi dengan air. Lalu rebus air bersama dengan bahan-bahan yang lainnya seperti daun pandan, gula dan air perasan lemon. Rebus semua bahan-bahan hingga merata.
  7. Selanjutnya silakan masukan lidah buaya yang sudah anda rendam dan cuci tadi. Aduk hingga merata.
  8. Masak selama kurang lebih 5 menit dengan menggunakan api sedang. Jika sudah, anda bisa mengangkat dan meniriskannya terlebih dahulu. Setelah itu, anda bisa menyisihkan air rebusannya.
  9. Ambil gelas saji yang sebelumnya sudah anda siapkan. Lalu simpan lidah buaya, es batu dan biji selasih. Tambahkan sirup secukupnya. Lalu tuang air rebusan.
  10. Terakhir anda bisa langsung menyajikannya.

Tips Membuat Es Lidah Buaya

  1. Ada beberapa tips yang harus anda ketahui sebelum membuat es lidah buaya supaya es lidah buaya yang anda buat enak dan berkualitas. Berikut tips membuat es lidah buaya.

  2. Dalam memilih lidah buaya yang akan digunakan untuk membuat es lidah buaya, sebaiknya pilihlah lidah buaya yang masih segar. Pilih lidah buaya yang memiliki batang panjang, serta warnanya hijau tua.

  3. Supaya lidah buaya tidak terasa pahit, anda harus mencucinya hingga benar-benar bersih hingga tidak ada lagi lendir yang menempel.

Demikian beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan cara membuat es lidah buaya. Semoga bermanfaat.

Loading...

One thought on “8 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Show Buttons
Hide Buttons