Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan – Kekayaan Indonesia akan rempah-rempah tidak bisa diragukan lagi. Jenis rempah-rempah yang bisa anda temukan dengan mudah salah satunya yaitu kayu manis. Kayu manis memiliki aroma yang khas dan biasanya dimanfaatkan sebagai penambah rasa baik pada makanan atau minuman.

Selain dimanfaatkan untuk campuran makanan atau minuman, kayu manis juga sering dimanfaatkan untuk obat. Pasalnya, kayu manis memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Nah, untuk anda yang ingin tahu apa saja manfaat kayu manis untuk kesehatan, anda bisa simak pada pembahasan di bawah ini. ( Baca juga : Manfaat Air Kelapa )

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

Manfaat kayu manis untuk kesehatan cukup banyak. Untuk mendapatkan manfaatnya anda harus menggunakan kayu manis dengan bijak. Jangan berlebihan karena akan dapat menyebabkan efek samping. Adapun manfaat kayu manis untuk kesehatan di antaranya seperti berikut ini.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Banyak orang yang tidak bisa menghindari makanan berlemak. Padahal mengonsumsi terlalu banyak makanan yang berlemak akan dapat menyebabkan masalah kesehatan. Namun, untuk mengurangi efek buruk konsumsi makanan berlemak, berdasarkan sebuah penelitian diet yang kaya akan rempah-rempah salah satunya kayu manis dapat membantu.

Setelah mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi lemak akan menyebabkan kadar lemak pada darah meningkat. Tingginya kadar lemak akan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Nah, untuk mengurangi efek buruk dari konsumsi makanan berlemak, anda dapat memanfaatkan rempah seperti kunyit atau kayu manis, sehingga risiko penyakit jantung akan turun.

2. Sebagai Antioksidan

Antioksidan sangat dibutuhkan yang akan melindungi sel-sel tubuh dari efek negatif radikal bebas. Radikal bebas akan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Antioksidan bisa didapatkan dari luar tubuh atau terbentuk dalam tubuh dengan alami.

Anda bisa memperoleh antioksidan dari bahan makanan yang mengandung antioksidan. Salah satu bahan makanan yang mengandung antioksidan yaitu kayu manis. Pada kayu manis terkandung antioksidan yang tinggi. Dimana antioksidan yang terkandung pada kayu manis salah satunya yaitu polifenol.

Antioksidan akan melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif yang penyebabnya radikal bebas. Beberapa masalah kesehatan yang disebabkan oleh radikal bebas yaitu penyakit jantung sampai kanker.

Polifenol yang terkandung pada kayu manis juga bermanfaat untuk kesehatan yang lainnya. Polifenol akan membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar UV, mengurangi tanda penuaan, mengurangi inflamasi, menjaga kesehatan otak, mencegah tumbuhnya sel tumor serta kanker, dan lain sebagainya.

Untuk menjaga kesehatan antioksidan sangat diperlukan terutama untuk anda yang tinggal di kota besar yang biasanya berurusan dengan polusi. Anda bisa mendapatkan antioksidan dari sumber makanan. Sebagai solusinya anda bisa mengonsumsi antioksidan secukupnya saja.

3. Menurunkan Kolesterol

Kayu manis mengandung kalsium, serat dan mineral seperti mangan. Karena kandungannya tersebut kayu manis memiliki khasiat yang bagus untuk menyehatkan sistem pencernaan, usus serta mencegah penyakit jantung dan kolesterol.

Tidak hanya itu, kandungan kalsium dan serat pada kayu manis dapat membantu menghilangkan garam pada tubuh dan mencegah penyakit kanker usus. Karena mengandung serat, kayu manis juga dapat membantu mengatasi konstipasi.

4. Sebagai Antimikroba

Manfaat kayu manis untuk kesehatan selanjutnya yaitu dapat menghentikan pertumbuhan bakteri dan jamur, termasuk jenis Candida. Candida itu sendiri merupakan mikroorganisme yang akan dapat menyebabkan infeksi yang biasanya ditemukan pada mulut, usus, vagina.

Pada bagian dalam tubuh, infeksi Candida bisa dihentikan dengan memanfaatkan herbal kayu manis. Tidak hanya dapat mengatasi infeksi yang disebabkan oleh jamur Candida saja, kayu manis juga dapat mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri gastroenteritis, misalkan penyakit Irritable Bowel Syndrome.

5. Menurunkan Berat Badan

Setiap orang tentunya ingin memiliki berat badan yang ideal. Hanya saja, beberapa faktor terkadang menyebabkan berat badan berlebih. Kelebihan berat badan selain akan mengganggu penampilan juga akan mengganggu kesehatan. Sehingga sangat penting untuk memperhatikan berat badan agar terhindar dari masalah kesehatan yang disebabkan oleh kelebihan berat badan.

Untuk menurunkan berat badan berbagai cara mungkin sudah anda lakukan. Nah, untuk membantu menurunkan berat badan, kayu manis diketahui memiliki manfaatnya. Kayu manis terkenal efektif dalam menurunkan berat badan yang berlebih. Kayu manis dapat menurunkan kadar glukosa pada darah yang penting dalam proses menurunkan berat badan. Selain itu, kayu manis juga dapat mengontrol insulin yang akan membuat metabolisme lebih cepat.

Kayu manis mengandung cinnamaldehyde yang akan membantu membakar penumpukan lemak pada tubuh. Untuk mendapatkan manfaat kayu manis dalam menurunkan berat badan, caranya dengan meminum air rebusan kayu manis yang sudah dicampurkan dengan madu secara rutin. Anda akan merasakan efek kayu manis untuk menurunkan berat badan.

6. Meredakan Gejala Flu

Di musim dingin tubuh biasanya akan rentan sakit. Beberapa kondisi seperti flu, demam dan pilek bisa dengan mudah menyerang. Terlebih lagi udara yang dingin akan membuat kita rentan masuk angin. Untuk mencegah masuk angin dan masalah kesehatan yang lainnya, anda dapat mengonsumsi minuman herbal yang terbuat dari rempah-rempah.

Selain dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Rempah-rempah juga akan menghangatkan tubuh. Dimana salah satu rempah yang bermanfaat yaitu kayu manis. Kayu manis dapat merangsang sirkulasi darah sehingga akan membuat tubuh lebih hangat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk mendapatkan manfaatnya, anda bisa mencampurkan bubuk kayu manis sebanyak 1 sendok makan dan madu 1 sendok makan dengan air hangat. Minuman ini akan membuat tubuh anda segar dan mengurangi dingin. Kombinasi kayu manis dan jahe akan dapat mengatasi masuk angin. ( Lihat juga : Teh Hijau )

Resep Olahan Kayu Manis

Kayu manis memang sering dimanfaatkan untuk membuat makanan, termasuk roti. Roti kayu manis banyak disukai karena selain aromanya lezat, rasanya juga nikmat yang akan membuat anda ketagihan. Nah, untuk anda yang ingin mencoba membuat roti kayu manis di rumah, anda bisa simak resep dan cara membuat roti kayu manis di bawah ini.

Resep Roti Kayu Manis yang Lezat dan Nikmat

Sajian Snack
Keyword kayu manis, kue kayu manis, manfaat kayu manis
Waktu Persiapan 30 menit
Waktu Memasak 20 menit
Total Waktu 50 menit
Porsi 4
Kalori 243 kcal

Bahan-bahan

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • Kayu manis bubuk secukupnya
  • 250 gram tepung terigu
  • 2 butir telur
  • 2 sendok teh ragi kue
  • 3 sendok teh gula
  • 120 ml susu cair
  • 1/2 sendok teh garam
  • Gula palm secukupnya
  • 1 sendok makan mentega
  • Kismis secukupnya

Langkah-langkah

Cara Membuat Roti Kayu Manis

  1. Setelah semua bahan-bahan yang dibutuhkan sudah anda siapkan, sekarang anda bisa mengolahnya menjadi adonan.
  2. Silakan siapkan wadah yang akan digunakan untuk membuat adonan roti. Lalu campurkan bahan-bahan seperti telur, tepung terigu, ragi kue, susu, gula, garam dan mentega.
  3. Uleni semua bahan-bahan tersebut hingga kalis.  Sisihkan dan tunggu beberapa saat hingga adonan mengembang.
  4. Apabila adonan sudah mengembang, anda bisa menggiling adonan sampai tipis, kemudian potong dengan bentuk memanjang.
  5. Ambil mentega yang sudah anda siapkan, lalu tambahkan di atas adonan yang sudah anda potong tadi bersama dengan tambahan kayu manis bubuk, kismis dan gula palm.
  6. Selanjutnya, silakan gulung adonan sampai adonan habis. Lalu anda bisa menatanya di atas cetakan yang sebelumnya sudah anda olesi dengan menggunakan mentega.
  7. Panaskan oven dan masukan adonan pada oven dengan suhu 180 derajat Celcius selama kurang lebih 30 menit.
  8. Terakhir anda bisa mengangkat kue dan menyajikannya.

Demikian beberapa manfaat kayu manis untuk kesehatan dan resep olahan kayu manis yang dapat anda coba di rumah. Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Show Buttons
Hide Buttons