10 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan & Resep Es Jeruk Nipis

Jeruk nipis, anda tentu sudah tidak asing lagi dengan buah jeruk yang satu ini. Warnanya yang hijau dengan rasa yang asam, jeruk nipis seringkali dijadikan penambah cita rasa pada makanan. Bahkan karena rasanya yang asam dengan aromanya yang wangi sering dimanfaatkan untuk menghilangkan bau amis ikan.

Meskipun sama-sama jeruk, tetapi jeruk nipis berbeda dengan jenis jeruk yang biasanya dikonsumsi sebagai pencuci mulut. Jeruk nipis memiliki nama latin Citrus aurantifolia disebut juga dengan jeruk pecel. Hanya saja, masih banyak orang yang salah menganggap jeruk nipis sebagai jeruk lemon atau jeruk limau. Namun, jelas dari bentuknya saja sudah berbeda.

Buah  jeruk nipis kaya akan kandungan antioksidan yang akan menjaga tubuh dari efek buruk radikal bebas. Tidak hanya itu saja, jeruk nipis juga mengandung potassium, vitamin B, vitamin A, vitamin C dan vitamin D, magnesium dan kalsium. Nah, untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, anda bisa simak langsung pada  pembahasan di bawah ini. ( Baca juga :  Manfaat Jahe Untuk Kesehatan )

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Jeruk hijau dengan rasa yang kecut ini memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Berikut ini manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yang dapat anda simak.

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Air jeruk nipis memiliki sifat asam. Dimana buah jeruk yang satu ini bisa membantu saliva atau air liur dalam memecah makanan. Buah jeruk nipis juga mengandung flavonoid yang bisa merangsang keluarnya enzim-enzim pencernaan.

Ketika anda sembelit, jeruk nipis yang bersifat asam bisa merangsang gerakan usus anda. Hal ini akan membantu sisa atau sampah makanan diperut anda terdorong lebih mudah ke bawah. Selain itu, air perasan dari buah jeruk nipis juga akan membantu dalam pengeluaran feses sehingga menjadi lebih lancar.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daya tahan tubuh atau sistem kekebalan tubuh merupakan kemampuan tubuh dalam memerangi atau menangkal kuman yang masuk ke dalam tubuh. Jika kondisi daya tahan tubuh anda baik, maka anda akan selalu sehat dan terhindar dari penyakit. Sedangkan jika daya tahan tubuh anda lemah atau menurun, maka akibatnya kuman akan menjadi mudah masuk ke dalam tubuh anda, sehingga penyakit akan mudah menyerang anda. Oleh karena itu, supaya anda tidak mudah sakit, penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda.

Tanpa anda sadari, gaya hidup anda mungkin mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Beberapa hal yang dapat merusak daya tahan tubuh di antaranya yaitu tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, stres, merokok, pola makan yang tidak sehat dan lain sebagainya.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh itu sendiri sebenarnya bukan hal yang sulit. Anda dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan konsumsi makanan sehat dan bergizi. Terdapat beragam makanan yang akan meningkatkan daya tahan tubuh, salah satunya yaitu jeruk nipis.

Vitamin C, serta antioksidan yang terkandung pada jeruk nipis bisa memperkuat daya tahan tubuh, serta mencegah penyakit seperti pilek, flu dan lain sebagainya. Selain itu, produksi sel sehat akan meningkat dengan manfaat jeruk nipis yang berperan dalam membasmi mikroba yang dapat menjadi penyebab penyakit, sehingga waktu anda ketika sakit akan lebih singkat. Oleh karena itu, jeruk-jerukan sangat disarankan dikonsumsi agar anda tidak mudah sakit.

3. Mengobati Penyakit Peradangan

Air jeruk nipis dapat membantu mengurangi gejala penyakit peradangan atau inflamasi seperti asam urat, radang sendi dan lain sebagainya. Buah jeruk nipis yang mengandung vitamin C akan meredakan gejala peradangan karena berbagai penyakit.

Berdasarkan sebuah penilitian menyatakan bahwa seseorang yang mengonsumsi sedikit vitamin C, memiliki risiko arthritis atau radang sendi lebih besar 3 kali dibandingkan dengan orang yang mendapatkan vitamin C dengan optimal. Tidak hanya itu saja, dengan memanfaatkan air jeruk nipis kadar asam urat akan berkurang.

4. Mencegah Dehidrasi

Banyak dari kita yang selalu mengabaikan atau lupa minum ketika terlalu asik dalam melakukan aktivitas. Padahal memenuhi kebutuhan cairan penting dilakukan untuk menghindari dehidrasi. Dehidrasi itu sendiri merupakan kondisi dimana tubuh kehilangan cairan lebih banyak dibandingkan dengan cairan yang didapatkan. Kondisi ini akan mengganggu fungsi tubuh.

Tidak sedikit orang yang mengabaikan masalah dehidrasi. Mereka menganggap kondisi ini sebagai rasa haus belaka. Namun apabila dehidrasi gejalanya tidak ditangani dengan tepat akan berakibat buruk, dimana fungsi tubuh akan terganggu. Sangat penting mengenal gejala awal dehidrasi seperti kulit dan mulut kering, pusing dan haus, merasa lelah, buang air kecil jarang, urine warnanya menjadi gelap serta baunya lebih kuat.

Nah, campuran air dan perasan jeruk nipis dapat membantu mencegah dehidrasi. Rasanya yang segar dan asam akan membuat anda ingin minum lebih banyak. Namun, anda harus memperhatikan air jeruk nipis yang diminum. Pasalnya, air jeruk nipis yang dijual di restoran menambahkan gula. Akan lebih baik jika anda membuatnya sendiri di rumah sehingga anda bisa mengatur takaran gula atau mengganti gula dengan pemanis alami, seperti madu.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Jeruk nipis menjadi sumber magnesium, serta kalium yang memiliki manfaat untuk menjaga agar jantung tetap sehat. Kandungan kalium bisa membuat tekanan darah turun dengan alami, serta sirkulasi darah menjadi lancar. Dimana risiko serangan jantung, serta stroke akan berkurang.

Menurut penelitian menyelidiki bahwa pada  jeruk nipis terkandung senyawa yang disebut dengan limonin. Dimana senyawa ini dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol.

6. Menyehatkan Kulit

Anda dapat memanfaatkan jeruk nipis untuk perawatan kesehatan, serta kecantikan kulit. Jeruk nipis sudah terkenal khasiatnya untuk merawat kecantikan kulit anda. Pada jeruk nipis terkandung vitamin C, antioksidan serta flavonoid yang bermanfaat untuk memperkuat kolagen. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi air jeruk nipis akan membuat kulit terhidrasi dan membantu meremajakan kulit.

Anda sebaiknya menghindari air jeruk nipis dioleskan langsung pada kulit. Sebab jika kulit yang sudah dioleskan jeruk nipis terpapar oleh sinar matahari langsung dapat menyebabkan phytophotodermatitis.

Phytophotodermatitis merupakan suatu kondisi dimana bahan kimia yang terdapat pada tanaman menyebabkan kulit mengalami peradangan atau terbakar ketika terpapar oleh sinar matahari langsung. Kondisi ini akan membuat area kulit menjadi gatal, kemerahan dan panas.

7. Meredakan Gejala Batuk

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

Batuk menjadi respon alami tubuh sebagai sistem pertahanan tubuh. Batuk terjadi karena adanya iritasi pada saluran udara di belakang kerongkongan. Iritasi yang terjadi ini akan memicu keluarnya udara bertekanan tinggi. Selain itu, batuk dapat menjadi pertanda bahwa tubuh sedang membersihkan saluran udara, serta saluran paru-paru. Namun, batuk dapat menjadi gejala infeksi virus atau bakteri yang akan mengeluarkan virus dari paru-paru.

Ada salah satu resep tradisional yang dipercaya dapat membantu mengobati batuk, yaitu air perasan jeruk nipis yang dikombinasikan dengan kecap. Dalam mengobati batuk, resep ini sudah digunakan dengan turun menurun.

Jeruk nipis mengandung minyak atsiri, serta berbagai zat lainnya yang akan melemaskan otot pada saluran pernapasan. Tidak hanya itu, buah jeruk nipis diketahui efektif mengobati serak akibat tenggorokan gatal dan menurunkan panas.

Hanya saja, ramuan tradisional jeruk nipis dan kecap ini tidak dapat menyembuhkan batuk. Namun membuat gejala batuk menjadi reda. Tambahan kecap berfungsi untuk membuat asam jeruk nipis berkurang. Dalam mengobati batuk, kecap sebenarnya tidak memberikan manfaat. Penggunaan kecap itu sendiri dapat diganti dengan madu. Gejala batuk dapat dikurangi dengan air jeruk nipis dan madu. Menurut penelitian menyatakan bahwa produksi lendir dan air liur dapat dipicu oleh madu karena rasa manisnya yang bermanfaat untuk membuat saluran tenggorokan lembab.

8. Menjaga Kadar Gula Darah

Vitamin C yang terkandung pada jeruk nipis memiliki manfaat yang bagus untuk penderita diabetes. Penderita diabetes harus menjaga supaya kadar gula tetap dalam keadaan normal. Sebab insulin yang beperan dalam menurunkan gula darah fungsinya tidak berjalan dengan baik.

Kadar gula pada jeruk nipis rendah, sehingga penyerapan gula ke darah akan berkurang. Efeknya tubuh anda kadar gula darahnya bisa terjaga.

9. Meredakan Demam

Demam adalah kondisi dimana tubuh suhunya mencapai lebih 38 derajat celcius. Demam merupakan bagian proses kekebalan tubuh dalam melawan infeksi yang diakibatkan karena parasit, virus dan bakteri. Selain itu, demam menjadi gejala suatu penyakit atau karena penggunaan obat tertentu.

Untuk meredakan demam, jeruk nipis memiliki manfaatnya.  Semua jenis buah jeruk, termasuk jeruk nipis bisa membantu dalam menurunkan suhu tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya anda bisa mengonsumai air perasan jeruk nipis atau mengolahnya menjadi jus.

9. Anti Kanker

Senyawa limonoid yang terkandung pada jeruk nipis sudah terbukti dapat membantu mencegah penyakit kanker, yakni kanker usus, kanker lambung dan kanker darah. Meskipun mekanismenya belum diketahui dengan pasti, namun para ilmuwan sudah melakukan penelitian bahwa senyawa limonoid yang terkandung pada buah jeruk nipis tersebut bersifat antioksidan yang bermanfaat dalam membasmi sel kanker.

Dalam aliran darah, senyawa limonoid tersebut bisa aktif lebih lama yang dapat membersihkan radikal bebas. Jika dibandingkan dengan teh hijau atau cokelat hitam yang memiliki kandungan antioksidan, jeruk nipis dipercaya lebih bagus.

10. Menurunkan Berat Badan

Banyak orang yang memiliki masalah dengan berat badannya. Selain berat badan terlalu kurus, banyak orang yang mengalami kelebihan berat badan. Selain mengganggu penampilan, kelebihan berat badan juga bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan. Anda sebaiknya jangan menyepelekan bahaya dari kegemukan. Sangat penting memiliki berat badan yang ideal untuk menunjang kesehatan.

Untuk menjaga berat badan supaya sehat, anda bisa melakukan olahraga serta menerapkan pola makan yang sehat dan tepat. Jeruk nipis memiliki manfaat untuk membantu menurunkan berat badan. Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang bermanfaat agar metabolisme meningkat, sehingga pembakaran kalori terbantu, serta penyimpanan lemak menjadi lebih sedikit. Vitamin C jeruk nipis juga dapat membakar lemak tubuh.

Akibat Mengonsumsi Jeruk Nipis Terlalu Banyak

Jeruk nipis memang memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Hanya saja, konsumsi jeruk nipis yang terlalu banyak dapat menimbulkan efek samping. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi jeruk nipis secukupnya saja atau sesuai kebutuhan. Simak beberapa efek samping mengonsumsi jeruk nipis terlalu banyak.

  • Memicu Refluks Asam Lambung

Kandungan asam sitrat pada buah jeruk nipis jumlahnya lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis buah jeruk lainnya yang bercita rasa manis. Asam pada buah jeruk nipis tersebut bermanfaat untuk mencegah peradangan pada tubuh dan mencegah batu ginjal terbentuk. Hanya saja, jika konsumsi jeruk nipis berlebihan akan menyebabkan terganggunya sistem pencernaan.

Jika efek sampingnya ringan, konsumsi makanan atau minuman asam seperti jeruk nipis akan menyebabkan perut mulas. Namun jika anda sensitif, jeruk nipis yang asam dapat memicu asam lambung naik. Gejalanya akan terasa tidak nyaman, perut kembung, mual, sakit, penuh dan lebih sering sendawa.

Oleh karena itu, orang yang bermasalah dengan refluks asam lambung, GERD dan masalah sistem pencernaan yang lainnya sebaiknya tidak mengonsumsi jeruk nipis untuk mencegah gejala yang ditimbulkan semakin parah. Hindari juga konsumsi jeruk nipis ketika perut sedang kosong sebab dapat membuat perut mulas.

  • Masalah Gigi

Selain makanan manis, makanan atau minuman asam juga akan dapat berpengaruh buruk untuk kesehatan gigi. Jeruk nipis akan menyebabkan menipisnya enamel gigi. Apabila kondisi enamel gigi menipis akan membuat gigi lebih mudah rapuh. Hindari mengonsumsi buah jeruk nipis berlebihan untuk mencegah gigi keropos.

Jika anda mengonsumsi jeruk nipis, setelahnya sebaiknya minum atau berkumur dengan menggunakan air untuk menghilangkan rasa asam pada mulut anda. Hindari menggosok gigi setelah anda mengonsumsi air jeruk nipis karena akan dapat meningkatkan asam. Gesekan sikat gigi juga akan membuat terkikisnya enamel gigi lebih banyak. Jika anda ingin menggosok gigi anda harus menunggu setidaknya 1 jam.

  • Mempengaruhi Ginjal

Air perasan jeruk nipis bisa membantu pengobatan batu ginjal. Hanya saja, penderita penyakit ginjal sebaiknya menghindari konsumsi air jeruk nipis karena dapat menyebabkan ginjal rusak. Kadar kalium yang tinggi terkandung pada batu ginjal dan tidak baik bagi penderita ginjal. ( Lihat juga : Manfaat Buah Naga )

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya efek samping jeruk nipis untuk kesehatan, anda bisa berkonsultasi pada dokter.

Resep Olahan Jeruk Nipis

Untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis, anda bisa mengolahnya menjadi es jeruk nipis. Anda bisa mengatur takaran gula sesuai dengan selera. Nah, simak resep dan cara membuat es jeruk nipis pada pembahasan di bawah ini.

Resep dan Cara Membuat Es Jeruk Nipis

Keyword es jeruk, es jeruk nipis, jeruk nipis
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 10 menit
Total Waktu 20 menit
Porsi 1
Kalori 12 kcal

Bahan-bahan

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 1 buah jeruk nipis
  • Es batu secukupnya sesuai selera
  • 2 sdm gula putih
  • 1 gelas air es

Langkah-langkah

Cara Membuat Es Jeruk Nipis

  1. Apabila bahan-bahan sudah disiapkan, anda bisa langsung membuat es jeruk nipis. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu membelah buah jeruk nipis menjadi dua bagian. Kemudian untuk setengah bagian buah jeruk diperas dan manfaatkan airnya saja. Sedangkan untuk bagian yang satunya lagi silakan iris tipis.
  2. Setelah itu, masukan air perasan jeruk nipis ke dalam air es pada gelas. Lalu aduk hingga merata.
  3. Selanjutnya tambahkan gula pasir ke dalam air es tadi. Aduk-aduk hingga gula larut.
  4. Apabila gula sudah larut, anda bisa menambahkan jeruk yang sudah diiris ke dalamnya. Tambahkan jus es batu secukupnya sesuai dengan selera.
  5. Es jeruk nipis asam manis yang segar sudah siap disajikan. Nikmati ketika masih dalam keadaan dingin supaya terasa lebih segar.

Demikian manfaat jeruk nipis untuk kesehatan. Meskipun bermanfaat anda tetap harus memperhatikan jumlah jeruk nipis yang dikonsumsi untuk menghindari efek samping yang terjadi.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Show Buttons
Hide Buttons