10 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan & Resep Es Kelapa Muda Spesial

Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan – Air kelapa menjadi salah satu minuman yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Diminum saat siang hari akan terasa segar dan menyejukan. Selain segar, air kelapa juga ternyata memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Air kelapa baik untuk kesehatan karena kandungannya syarat akan gizi.

Air kelapa terbentuk karena proses alami pada buah kelapa sehingga lebih sehat jika dibandingkan dengan minuman lainnya yang dibuat industri. Lantas apa saja manfaat air kelapa untuk kesehatan? Nah, untuk mengetahui khasiat baik air kelapa untuk kesehatan, anda bisa simak pada pembahasan di bawah ini.

Manfaat air kelapa untuk kesehatan

Kandungan Pada Air Kelapa

Air kelapa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung zat gizi yang baik bagi kesehatan. Pada air kelapa terkandung karbohidrat yang mudah untuk dicerna, bentuknya gula serta elektrolit. Kalori yang terkandung pada air kelapa rendah, rendah akan natrium dan tinggi akan kandungan kalium dibandingkan dengan minuman olahraga.

Dibandingkan dengan minuman olahraga yang lainnya, jus buah serta minuman soda,  pada air kelapa terkandung gula yang lebih sedikit. Tidak hanya itu, air kelapa bebas akan kandungan kolesterol dan lemak. Sehingga tak heran jika beberapa atlet lebih memilih air kelapa dibandingkan dengan minuman olahraga saat mereka sedang latihan. Pasalnya, kandungan pada air kelapa lebih baik jika dibandingkan dengan minuman olahraga.

Air kelapa mengandung tinggi vitamin dan mineral. Beberapa vitamin yang terkandung pada air kelapa di antaranya yaitu vitamin B kompleks, seperti misalkan riboflavin, tiamin, niasin, piridoksin, serta folat. Air kelapa juga mengandung vitamin C namun dalam jumlah yang sedikit. Beberapa mineral yang terkandung pada air kelapa di antaranya yaitu zat besi, kalsium, magnesium, mangan dan seng. Pada air kelapa kandungan mineralnya lebih baik dibandingkan dengan mineral yang terkandung pada jeruk.

Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Saat cuaca sedang panas, minum air kelapa dapat menjadi pilihan menarik jika dibandingkan dengan minuman yang lainnya. Rasanya yang khas dan nikmat akan menghilangkan dahaga yang anda rasakan. Pada air kelapa terkandung banyak mineral yang penting bagi tubuh, sekaligus rendah akan kandungan kalori, serta karbohidrat. Adapun beberapa manfaat air kelapa untuk kesehatan di antaranya seperti berikut ini. ( Baca juga : Manfaat Lidah Buaya )

1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Tahukah anda? Air kelapa diketahui dapat digunakan sebagai obat untuk penyakit sistem pencernaan. Beberapa manfaat air kelapa untuk sistem pencernaan di antaranya yaitu dapat membantu mengobati gangguan pencernaan, diare, cacingan, konstipasi, gangguan ginjal dan infeksi kanduh kemih.

Air kelapa bermanfaat untuk membantu mengobati diare karena mampu menggantikan hilangnya cairan pada saluran gastrointestinal. Dibandingkan dengan ORS atau Oral Rehydration Therapy yang oleh WHO direkomendasikan untuk mengobati diare, air kelapa osmolaritasnya lebih besar. Pasalnya air kelapa mengandung mineral, asam amino, enzim dan asam lemak yang membuat air kelapa memiliki osmolaritas tinggi.

Pada air kelapa juga terkandung natrium, klorida yang rendah dan tinggi akan kandungan gula, serta asam amino. Dimana hal ini merupakan komposisi yang seimbang untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Tidak hanya itu, enzim yang terkandung pada air kelapa juga akan membantu sistem pencernaan, serta metabolisme tubuh. Pada air kelapa juga terkandung berbagai enzim yang bermanfaat untuk kesehatan.

2. Menggantikan Cairan Tubuh yang Hilang Setelah Olahraga

Air kelapa adalah minuman isotonik alami yang memiliki banyak sekali manfaat, seperti halnya minuman olahgara yang sudah diformulasi. Elektrolit yang terkandung pada air kelapa berguna untuk mengembalikan atau menggantikan hilangnya cairan tubuh ketika anda melakukan olahraga. Hanya saja, anda perlu meminum air kelapa yang banyak untuk mengembalikan hidrasi supaya tubuh anda tidak banyak kehilangan cairan. Jika dibandingkan dengan mengonsumsi minuman olahraga, risiko minum air kelapa muda seperti merasa sakit perut, kenyang dan mual lebih sedikit.

3. Memperlambat Penuaan

Pada air kelapa terkandung sitokinin yang merupakan salah satu hormon pertumbuhan yang bermanfaat untuk mengatur tumbuh kembang, serta penuaan sel. Sitokinin yang terkandung pada air kelapa tersebut memiliki efek sebagai anti karsinogenik, anti penuaan serta anti trombotik. Dalam tubuh sitokinin bisa membuat kadar pH menjadi seimbang, membuat jaringan ikat lebih kuat dan terhidrasi, serta risiko penyakit yang memiliki hubungan dengan usia akan berkurang. Oleh karena itu, apabila anda ingin selalu terlihat awet muda, maka anda harus minum air kelapa muda yang kaya akan manfaat ini.

4. Menjaga Kadar Cairan & Elektrolit Tubuh

Manfaat air kelapa untuk kesehatan

Minum air kelapa di tengah siang hari yang terik memang sangat cocok. Namun, untuk anda bisa sesekali minum air kelapa saat pagi hari ketika anda baru bangun tidur. Dengan meminum air kelapa saat pagi hari akan banyak kebaikan yang bisa anda dapatkan.

Meskipun anda minum air kelapa dalam keadaan perut kosong, hal itu diketahui aman untuk dilakukan. Pasalnya tingkat keasaman yang dimiliki oleh air kelapa rendah sehingga tidak akan mempengaruhi sistem pencernaan anda apabila dikonsumsi saat pagi hari.

Dengan minum air kelapa saat pagi hari, kadar cairan, serta elektrolit pada tubuh anda akan terjaga, terlebih lagi anda tidak makan maupun minum setelah semalaman. Dimana manfaatnya ini bisa anda dapatkan karena pada air kelapa terkandung kalium. Selain itu, kalium juga memiliki manfaat lainnya yaitu menjaga agar detak jantung tetap teratur, serta membuang limbah yang dihasilkan oleh sel tubuh.

5. Mencegah Pembentukan Batu Ginjal

Air putih adalah pilihan yang baik. Namun meskipun begitu beradasarkan penelitian menyatakan bahwa air kelapa efektif dalam mencegah terbentuknya batu ginjal. Batu ginjal itu sendiri merupakan endapan keras, terbentuk dari zat yang terdapat pada air kencing yang menimbulkan gejala seperti sakit pinggang, selangkangan, kemaluan dan paha, serta terdapat darah pada urin serta mual muntah.

6. Meredakan Gejala Keracunan Makanan

Keracunan makanan terjadi akibat penderitanya mengonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi organisme menular seperti virus, bakteri dan parasit. Dimana kontaminasi ini bisa terjadi akibat tidak benarnya makanan ketika dimasak atau diproses.

Terdapat beberapa makanan yang biasanya mudah terkontaminasi apabila tidak disimpan maupun diolah dengan cara yang baik dan benar seperti misalkan susu, daging mentah, makanan siap saji, telur mentah, makanan yang dikemas dalam kaleng, kerang atau makanan laut yang masih mentah.

Keracunan makanan dapat menimbulkan gejala, salah satunya diare. Jika tidak segera ditangani, diare akan dapat menyebabkan dehidrasi yang parah. Untuk mengembalikan cairan tubuh, minum air putih yang cukup dapat membantu. Hanya saja, terkadang minum air putih saja tidak cukup dalam mengembalikan hilangnya elektrolit akibat diare.

Dibandingkan dengan air putih, air kelapa mengandung banyak elektrolit sehingga bisa membantu dalam pemulihan diare. Tidak hanya itu, air kelapa mengandung berbagai zat yang bisa membantu detoksifikasi untuk membuang racun yang terdapat pada sistem pencernaan anda yang diakibatkan karena keracunan makanan. Manis alami yang dimiliki oleh air kelapa akan membuat energi anda semakin meningkat, serta menghilangkan mual dan muntah akibat anda mengalami dehidrasi, diare serta efek keracunan yang lainnya. Sehingga dengan begitu sudah tidak bisa diragukan lagi bahwa air kelapa bisa membantu dalam menetralisir keracunan makanan.

Mendapatkan Manfaat Air Kelapa Untuk Meredakan Gejala Keracunan

Nah, setelah keracunan makanan untuk mendapatkan manfaat dari air kelapa, ahli gizi kebanyakan memberikan saran untuk minum air kelapa sebanyak sekitar 1 sampai 2 gelas. Perlu anda ingat, air kelapa bukan obat untuk menyembuhkan keracunan makanan yang anda alami, namun untuk meredakan gejalanya saja. Apabila anda hanya minum air kelapa ketika anda mengalami keracunan makanan, tanpa dilakukan perawatan yang tepat justru akan membatasi nutrisi yang dibutuhkan untuk proses pemulihan.

Anda juga sebaiknya jangan minum air kelapa terlalu berlebihan. Meskipun memiliki manfaat yang bagus, namun minum air kelapa yang terlalu banyak tidak baik. Terlalu banyak minum air kelapa akan menyebabkan terjadinya penumpukan kalium pada tubuh. Yang merupakan kondisi yang dikenal dengan hiperkalemia. Jika gejala keracunan yang anda alami setelah minum air kelapa tidak kunjung mereda atau malah semakin buruk, penting untuk segera mengkonsultasikannya pada dokter agar anda bisa mendapatkan perawatan atau pengobatan yang tepat. Perlu anda ingat, seseorang yang mengalami dehidrasi berat harus mendapatkan pertolongan medis dengan segera. Selain itu, anda harus menghindari air kelapa apabila anda alergi terhadap buah kelapa.

7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang kerap dialami oleh masyarakat saat ini. Bagi anda yang mengalami tekanan darah tinggi, dan ingin menjaga agar tekanan darah tinggi tetap stabil maka tidak ada salahnya jika anda memanfaatkan air kelapa muda. Jika tubuh anda kekurangan elektrolit, maka akan berdampak terhadap tekanan darah yang meningkat. Nah, agar tekanan darah kembali seimbang anda bisa meningkatkan asupan cairan dengan minum air kelapa. Pada air kelapa sebanyak 240 ml, terdapat potasium sebanyak 600 mg. Zat potasium tersebut diketahui dapat membantu membuat tekanan darah menurun pada seseorang yang mengalami tekanan darah tinggi.

8. Mengatasi Heartburn dan Sembelit Pada Ibu Hamil

Banyak keluhan yang biasanya dialami oleh ibu hamil. Ibu hamil biasanya lebih sering mengalami masalah pada area perut, seperti misalkan konstipasi atau sembelit dan heartburn, yang merupakan kondisi dimana asam lambung naik. Dengan minum air kelapa diketahui dapat membantu mengatasi masalah yang dialami oleh ibu hamil tersebut.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, air kelapa bermanfaat baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Air kelapa bermanfaat dalam memperbaiki pencernaan, menjadikan sistem pencernaan lebih kuat dan mencegah terjadinya sembelit atau panas pada perut. Tidak hanya itu saja, air kelapa juga bermanfaat untuk mengatur pH pada tubuh, meredakan mual, memperbaiki metabolisme, mencegah tingginya asam lambung dan ketidaknyamanan karena sembelit dapat berkurang.

Meskipun begitu, anda tetap harus melakukan konsultasi pada dokter mengenai manfaat air kelapa untuk ibu hamil dan mengetahui usia kandungan yang diperbolehkan minum air kelapa.

9. Mengontrol Kadar Gula Darah Pada Ibu Hamil

Tahukah anda? Satu gelas air kelapa bermanfaat untuk membantu dalam mengendalikan kadar gula darah, serta membantu memperbaiki sirkulasi darah. Air kelapa mengandung vitamin C, magnesium, protein dan potasium yang tinggi yang membuat air kelapa memiliki sifat sebagai antioksidan yang bermanfaat dalam meningkatkan kadar kolesterol baik. Selain itu, air kelapa bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah pada ibu hamil yang bisa mengakibatkan preeklamsia. Tidak hanya itu, dengan air kelapa diketahui risiko stroke dan hipertensi dapat berkurang pada ibu hamil. ( Lihat juga : Jeruk Nipis )

10. Dehidrasi & Kelelahan Pada Ibu Hamil

Keseimbangan elektrolit, serta kadar plasma pada air kelapa sama dengan yang terdapat pada darah manusia. Karena seperti itu, air kelapa menjadi obat yang baik dalam mengatasi masalah dehidrasi atau kekurangan cairan yang disebabkan oleh flu perut, disentri dan kolera.

Selain itu, air kelapa menjadi sumber energi yang baik untuk ibu hamil. Apabila anda memiliki rencana untuk tetap bekerja hingga menjelang melahirkan, sebagai penguat anda bisa minum air kelapa. Jika anda sering merasa kelelahan selama kehamilan, untuk mengatasinya air kelapa diketahui dapat membantunya.

Efek Samping Air Kelapa

Manfaat air kelapa untuk kesehatan

Mengonsumsi air kelapa untuk orang Indonesia adalah hal yang umum. Air kelapa diketahui kaya akan manfaat, baik untuk kecantikan ataupun kesehatan. Sebaiknya konsumsi air kelapa disesuaikan dengan kondisi tubuh anda, jangan terlalu berlebihan. Meskipun sehat diketahui tetap ada efek samping yang akan ditimbulkan.

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil sudah terkenal bagus. Meskipun begitu, ibu hamil maupun ibu menyusui sebaiknya melakukan konsultasi pada dokter untuk mengetahui keamanan minum air kelapa dan berapa jumlah yang diperbolehkan, serta usia kandungan berapa bulan ibu boleh minum air kelapa. Hal ini dilakukan untuk menghindari efek samping yang mungkin terjadi.

Air kelapa juga kemungkinan bisa menurunkan tekanan darah, serta efek obat tekanan darah tinggi meningkat. Selain itu, anda harus waspada karena mungkin air kelapa dapat menyebabkan terganggunya tekanan darah baik selama atau setelah operasi. Anda sebaiknya menghindari konsumsi air kelapa selama 2 minggu sebelum anda dioperasi.

Hindari minum air kelapa dalam jumlah yang berlebihan. Anda harus memastikan air kelapa yang anda minum harus sesuai dengan kebutuhan. Jika anda memiliki masalah kesehatan tertentu, sebaiknya anda melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum anda mengonsumsi air kelapa.

Resep Olahan Air Kelapa

Air kelapa selain nikmat diminum langsung tanpa campuran apapun, juga nikmat saat diolah menjadi minuman yang kaya akan cita rasa seperti salah satunya es kelapa muda jeruk. Tambahan sari jeruk akan menjadikan es kelapa semakin nikmat. Yuk simak resep es kelapa muda jeruk berikut ini.

Resep es kelapa muda jeruk
5 from 1 vote
Print

Resep dan Cara Membuat Es Kelapa Muda Jeruk yang Nikmat dan Segar

Sajian Drinks
Masakan Indonesian
Keyword Air kelapa muda, Es kelapa muda, minuman
Waktu Persiapan 20 menit
Waktu Memasak 20 menit
Total Waktu 40 menit
Porsi 1
Kalori 113 kcal

Bahan-bahan

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • Jeruk peras secukupnya
  • Kelapa muda secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Air kelapa secukupnya
  • Daun pandan secukupnya

Langkah-langkah

Cara Membuat Sirup

  1. Sebelum anda membuat es kelapa muda, anda harus mengolah sirupnya terlebih dahulu. Silakan siapkan panci berukuran kecil, lalu campurkan bahan-bahan seperti daun pandan, gula dan air kelapa.
  2. Masak semua bahan-bahan hingga larut. Jika sudah seperti itu, anda bisa mendinginkannya.

Cara Membuat Es Kelapa Muda

  1. Silakan ambil kelapa muda yang sudah anda siapkan. Kemudian keruk daging kelapanya dan simpan pada wadah.
  2. Setelah itu, tambahkan sirup gula dan perasan jeruk nipis. Aduk hingga merata.
  3. Terakhir anda bisa menambahkan es batu. Lalu sajikan es dalam keadaan dingin agar terasa nikmat.

Air kelapa memang tinggi akan kandungan vitamin, serta mineral. Manfaatnya untuk kesehatan pun banyak. Meskipun begitu, air kelapa tetap tidak dapat menggantikan peran air putih untuk tubuh. Tubuh kita tetap memerlukan air putih dalam mengatur suhu, menjalankan fungsi tubuh yang lainnya serta mengeluarkan zat sisa pada sistem pencernaan. Oleh karena itu, usahakan anda selalu memenuhi kebutuhan air putih dalam setiap harinya supaya tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik, serta terhindar dari dehidrasi. Semoga bermanfaat.

Loading...

One thought on “10 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan & Resep Es Kelapa Muda Spesial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Show Buttons
Hide Buttons