Makanan Untuk Cegah Sariawan Saat Puasa

    Saat puasa terkadang beberapa masalah datang menghampiri, salah satunya sariawan. Sariawan saat puasa sudah dianggap sebagai hal lumrah karena banyak penderita yang mengalami permasalahan satu ini.

    Selain merasa tidak nyaman, mengalami sariawan saat puasa tentunya akan mengganggu puasa yang kita jalankan. Rasa perih dan sakit yang timbul akan menghambat kita untuk menjalankan ibadah saat puasa. Bahkan buka atau sahur menjadi tidak berselera karena rasa tidak nyaman yang ditimbulkan.

    Daripada mengobati lebih baik untuk mencegah. Sariawan saat puasa sebenarnya bisa dicegah dengan mudah. Beberapa makanan diketahui dapat membantu mencegah sariawan saat puasa, bahkan berkhasiat menyembuhkan sariawan saat sudah terjadi. Makanan ini bisa dikonsumsi saat buka puasa ataupun sahur. Lantas apa saja makanan untuk cegah sariawan saat puasa? Untuk mengetahuinya anda bisa simak pembahasan di bawah ini.

    Makanan-untuk-cegah-sariawan-saat puasa.jpg

    Aneka Makanan Untuk Cegah Sariawan Saat Puasa

    Tak hanya sehat, makanan ini pun memiliki khasiat untuk membantu mencegah permasalahan yang menimpa mulut ini. Berikut ini makanan untuk cegah sariawan saat puasa.

    Sayuran, Buah-Buahan, Gandum dan Makanan Tinggi Serat

    Penelitian membuktikan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan yang tinggi atau kaya akan serat memiliki risiko lebih kecil mengalami sariawan saat puasa dibandingkan dengan mereka yang kurang mengkonsumsi makanan tinggi serat. Untuk mencegah masalah sariawan saat puasa, sebaiknya konsumsi makanan yang tinggi akan serat. Anda bisa mengkonsumsinya saat buka puasa atau sahur.

    Brokoli, Kembang Kol, Kale dan Brussels Sprouts

    Kesemua sayuran ini mengandung suatu senyawa yang disebut dengan sulforaphane. Dimana senyawa tersebut bermanfaat untuk membunuh bakteri yang menjadi penyebab sariawan. Dalam sebuah penelitian, seorang pasien positif terinfeksi oleh virus penyebab sariawan, lalu ia diberikan brokoli sebanyak setengah cangkir dua kali sehari, selama tujuh hari lamanya. Setelah kembali diuji, pasien tersebut 78 persen negatif terkena bakteri.

    Buah Pisang Raja

    Pisang raja mengandung tepung dan terkenal karena teksturnya yang lengket. Karena seperti itu, pisang raja diyakini mampu meringankan selaput lendir yang mengalami peradangan saat sariawan. Pisang raja yang masih hijau dapat membantu mencegah sariawan, juga bisa menyembuhkan sariawan yang sudah terjadi. Untuk mengkonsumsinya anda hanya perlu merebus pisang. Jangan digoreng karena  lemak justru akan semakin memperburuk keadaan sariawan. ( Baca juga : Tips Cermat Mengenali Ayam Suntik, Ayam Tiren dan Ayam Berformalin )

    Madu

    Seperti yang sudah kita ketahui, madu memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Madu pun dipercaya dapat membunuh bakteri yang menjadi penyebab sariawan. Mengkonsumsi madu efektif untuk mencegah dan menyembuhkan sariawan pada mulut anda. Para peneliti mencoba menguji madu yang terbuat dari nektar bunga, hasilnya menunjukan bahwa madu dapat menghambat tumbuhnya bakteri.

    Kubis

    Kubis merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung asam amino glutamin. Dimana kandungannya tersebut dapat mencegah sariawan. Selain mencegah, kandungan glutamin juga dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan yang  terjadi. Anda hanya cukup mengkonsumsi dua cangkir kubis mentah setiap harinya, saat buka puasa dan sahur. Anda juga bisa menambahkannya dalam salad atau sebagai pembungkus makanan lainnya.

    Yogurt dan Kefir

    Yogurt dan kefir merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung bakteri baik di dalamnya. Dimana bakteri tersebut dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri yang menjadi penyebab sariawan, serta mampu membantu menyembuhkan sariawan. Berdasarkan penelitian menyatakan bahwa seseorang yang mengkonsumsi yogurt paling tidak sebanyak 3 kali dalam seminggu memiliki kemungkinan kecil mengalami sariawan.

    Itulah beberapa makanan yang dapat membantu anda mencegah sariawan saat  puasa.  Semoga bermanfaat.

    Loading...