Makanan Kekinian dan Risikonya Terhadap Kesehatan

Salah satu faktor utama yang mempengaruhi kesehatan seseorang adalah jenis makanan sehari-hari yang dikonsumsi. Faktanya ada beberapa makanan yang mungkin selama ini kita yakini sehat, namun  ternyata memiliki resiko buruk atau kurang baik bagi kesehatan tubuh. Banyak orang yang terus menerus mengikuti perkembangan zaman tanpa memperhatikan kondisi kesehatan.

Ditambah lagi dengan banyaknya makanan olahan kekinian yang sangat mudah dijumpai dilingkungan sekitar. Demi menjaga kesehatan, sebaiknya Anda harus mengetahui beberapa jenis makanan kekinian yang ternyata dapat beresiko terhadap kesehatan tubuh.

7 Makanan Kekinian yang Berisiko Terhadap Kesehatan Tubuh

Makanan Kekinian dan Risikonya Terhadap Kesehatan

Apabila Anda adalah tipe orang yang hobi makan atau kuliner, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi ke 7 jenis makanan berikut ini supaya tidak menimbulkan penyakit dalam tubuh, yaitu:

  1. Makanan yang digoreng

Seperti yang kita pelajari di pelajaran kimia, bahwa lemak seharusnya lebih sehat jika berada dalam keadaan cair pada suhu ruangan. Oleh karena itu, orang umumnya percaya bahwa semua minyak sayur itu sehat. Apa lagi karena minyak terbuat dari bahan nabati. Namun sayangnya kebanyakan orang lupa adalah bahwa mentega bisa dalam keadaan cair juga jika dipanaskan.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang digoreng tentu tidaklah sehat. Agar tetap sehat, Anda dapat memilih menggoreng menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun terkenal kaya oksidan yang dapat mencegah kanker.

   2. Olahan pasta atau makanan cepat saji

Pasta hanya terdiri dari tepung putih polos yang dicampur dengan air dan telur. Sementara telur itu sendiri nyaris tidak memberikan kontribusi untuk nilai gizi dari pasta, tidak ada vitamin, mineral, kecuali karbohidrat kosong. Pasta atau makanan cepat saji yang mengandung banyak garam dicampur dengan lemak yang tidak sehat.

  3. Roti tawar

Roti tawar seperti halnya pasta, hanya saja berbentuk roti. Untuk menghindari penyakit baru, sebaiknya Anda menggantikan roti tawar dengan jenis roti yang mengandung banyak vitamin dan mineral serta kaya akan serat seperti roti gandum.

   4. Sayur soup

Sayur soup memiliki kandungan bahan makanan yang tidak baik bagi kesehatan tubuh, seperti garam dan penyedap rasa. Garam sering diabaikan sebagai faktor risiko dalam makanan, padahal garam sebenarnya adalah penyumbang utama penyakit jantung. Kelebihan garam yang dikonsumsi harus dikeluarkan dari tubuh.

Tekanan darah akan meningkat seiring banyaknya garam yang Anda konsumsi dan perlu untuk Anda ketahui, bahwa tekanan darah tinggi tidak baik untuk jantung.

    5. Olahan keju dan burger

Beberapa keju olahan keju yang sebenarnya tidak memenuhi persyaratan untuk disebut sebagai keju, karena mengandung garam dengan konsentrat yang sangat tinggi. Beberapa sumber juga menunjukkan bahwa keju olahan rata-rata yang bisa Anda dapatkan pada burger cepat saji yang mengandung garam dalam jumlah tinggi.

   6. Makanan ringan dari kacang tanah

Pada umumnya, kacang-kacangan termasuk makanan sehat karena sebagian besar mengandung berbagai macam vitamin, mineral, serat yang baik bagi tubuh. Namun karena bungkusan yang Anda beli di supermarket, mungkin tidak sebagus kacang jenis lainnya yang mayoritas kacang tanah kemasan dijual sebagai makanan ringan yang ditambah dengan garam dan sering melalui proses pemanggangan yang menyebabkan kacang tanah dilapisi dengan lemak yang tidak sehat.

Agar Anda tetap mendapatkan manfaat dari konsumsi kacang tanah, sebaiknya Anda mengkonsumsinya dalam jumlah terbatas atau sebaiknya Anda mengolah sendiri kacang tanah dengan cara direbus tanpa ditambahkan garam.

   7. Jus buah

Banyak orang percaya bahwa jus buah sangat sehat, sehingga mereka menghentikan konsumsi buah untuk mereka dengan jus buah. Memang benar bahwa jus buah mengandung banyak vitamin. Tetapi kebanyakan, jus akan ditambahkan gula. Selain itu jus buah juga akan disaring sehingga pelir buah yang kaya akan serat akan terbuang dengan percuma padahal serat juga sangat penting bagi kelancaran proses pencernaan.

Apapun jenis makanan yang Anda konsumsi, tetaplah mewaspadai kondisi kesehatan Anda. Untuk memberikan jaminan kesehatan, sudah waktunya memiliki asuransi.

Saat membeli asuransi, perhatikan apakah mencakup asuransi rawat jalan  jugaIni penting karena pada banyak kasus justru biaya rawat jalan menyedot biaya cukup banyak.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons