Kumpulan Resep Sate yang Enak, Empuk dan Mantap

Resep Sate Ayam Ala Jepang (Yakitori) yang Sedap

Bahan-Bahan:

  • 4 buah paha ayam tanpa tulang
  • 3 batang daun bawang, potong 3 cm

Bahan Perendam Ayam:

  • 4 sendok makan saus tiram
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 2 sendok teh angciu
  • 2 1/2 sendok teh kecap asin
  • 1/8 sendok teh merica bubuk

Persiapan Membuat Sate Ayam Ala Jepang (Yakitori) yang Sedap:

  1. Untuk pertama sebelum kita memasak dan meracik bumbu akan lebih baik bila beberapa persiapan diperhatikan dengan baik. Hal ini akan penting untuk anda lakukan guna memudahkan anda membuat sajian masakan kali ini dengan lebih sederhana dan cepat. Maka dari itu, mari simak informasi menariknya dibawah ini.
  2. Persiapan pertama pada sajian kali ini adalah dengan mempersiapkan ayam sebagai bahan utama masakan kali ini. Silahkan siapkan sebuah tatakan dan sebuah pisau. Kemudian potong-potong daging ayam dengan menggunakan pisau secara merata.
  3. Potong ayam dengan bentuk kotak-kotak seperti hendak membuat sate pada umumnya. Namun ukurannya sebaiknya jangan terlalu kecil atau terlalu tipis.
  4. Bila sudah selesai maka masukkan daging ayam yang sudah dipotong-potong kedalam sebuah wadah. Lalu bawa sajian ini ke tempat cucian.
  5. Kemudian bersihkan semua bahan ini secara merata dan pastikan bahwa kotoran yang ada pada ayam dapat dibersihkan dengan merata. Kemudian angkat dan masukkan kembali kedalam wadah dan tiriskan air cuciannya dengan merata.
  6. Langkah selanjutnya adalah mengucuri daging ayam dalam wadah dengan menggunakan air jeruk nipis secara merata. Lalu taburi dengan sedikit garam dan aduk-aduk dengan merata. Kemudian sisihkan selama kurang lebih 15 menit.

Cara Membuat Sate Ayam Ala Jepang (Yakitori) yang Sedap:

  1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu mengambil tusukan sate yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
  2. Ambil daging ayam dan tusuk secara bergantian bersama dengan daun bawang yang sudah dipotong dengan ukuran yang ada pada resep.
  3. Sisihkan dalam sebuah wadah dan pastikan anda melakukan hal yang sama pada sisa daging ayam yang masih ada.
  4. Lalu masukkan semua bahan ini kedalam campuran bahan perendam yang diaduk menjadi satu dalam wadah yang sama. Biarkan selama beberapa saat agar bumbu tersebut meresap dengan merata dan sempurna kedalam ayam.
  5. Setelah itu, siapkan panggangan. Anda boleh menggunakan panggangan yang dibuat dari tumpukan arang. Atau bila kesulitan menemukan panggangan semacam ini maka silahkan gunakan panggangan biasa dari wajan datar anti lengket.
  6. Panggang sajian Yakitori kali ini sambil diolesi dengan menggunakan bumbu perendam sebelumnya. Jangan lupa untuk dibulak balik secara merata agar bahan ini matang dengan merata.

Nah, setelah matang maka tentu saja sajian kali ini akan dapat anda nikmati selagi masih hangat dan dicocol dengan saus sambal yang enak dan sedap.

Resep Sate Kambing Nusantara Anti Alot yang Enak dan Sedap

Bahan-Bahan:

  • 300 gram daging kambing
  • 100 gram lemak sapi
  • 2 sendok makan air
  • 1 sendok teh minyak goreng
  • 1 sendok makan kecap manis
  • Bumbu Sate yang Dihaluskan:
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan ketumbar bubuk
  • 50 gram gula merah, sisir halus

Bahan Sambal Kecap:

  • 6 sendok makan kecap manis
  • 8 buah cabai rawit hijau, iris
  • 5 butir bawang merah, iris halus

Persiapan Membuat Sate Kambing Nusantara Anti Alot yang Enak dan Sedap:

  1. Langkah pertama yang akan dapat dilakukan untuk membuat sajian kali ini adalah dengan memperhatikan langkah persiapan. Cara ini akan penting untuk membantu anda memudahkan menyajikan hidangan kali ini. Untuk itu, maka mari simak terlebih dahulu beberapa langkah persiapan kali ini.
  2. Persiapan pertama yang akan dapat kita lakukan adalah dengan menyiapkan sebuah tatakan bersama dengan sebuah pisau dan juga wadah datar dengan ukuran yang besar.
  3. Lalu kemudian ambil daging kambing dan potong-potong daging dengan ukuran kubus seukuran 2×2 cm atau sesuaikan ukuran potong ini dengan ukuran yang anda inginkan. Hanya saja, jangan memotongnya terlalu kecil sebab mungkin daging yang dipanggang akan hancur.
  4. Kemudian setelah itu, potong pula lemak sapi dengan ukuran yang sama. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara sebelum semua sajian ini akan kita bumbui bersama dengan rempah yang sudah dipersiapkan.
  5. Bila sudah selesai maka anda akan dapat menyiapkan tusukan sate dan bersihkan terlebih dahulu tusukan sate untuk memastikan tidak ada bagian serat pada bambu yang akan membuat kegiatan menusuk sate menjadi lebih sulit dilakukan.
  6. Nah, setelah selesai dengan cara diatas maka langkah selanjutnya anda akan dapat melanjutkan untuk membumbui sajian kali ini secara merata bersama dengan bumbu dan rempah yang sudah dipersiapkan.

Cara Membuat Sate Kambing Nusantara Anti Alot yang Enak dan Sedap:

  1. Cara pertama untuk membuat sajian kali ini adalah dengan menyiapkan sebuah cobek dengan ulekan. Lalu masukkan semua bumbu yang akan dihaluskan kedalamnya dan ulek sajian bumbu ini secara merata sampai tercampur dan halus dengan bumbu lainnya dengan merata.
  2. Lalu setelah itu, anda akan dapat melumurkan bumbu ini kedalam potongan daging kambing dan lemak sapi yang sudah dicampurkan menjadi satu.
  3. Tambahkan pula kedalamnya kecap bersama dengan minyak goreng dan remas-remas semua bumbu ini agar tercampur dengan merata dan semua bumbu meresap kedalam daging.
  4. Lalu setelah itu, tuangkan air kedalamnya dan aduk semua sajian ini dengan merata. Baru anda akan dapat mendiamkan sajian ini selama kurang lebih 1 jam agar semua bumbu yang anda persiapkan meresap kedalam daging sate yang sudah dipotong-potong.
  5. Setelah selesai baru silahkan tusuk-tusuk sate dengan merata kira-kira sebanyak 4 potong dalam satu tusukan. Atau sesuaikan dengan selera anda sendiri. Dalam setiap potong terdapat satu bagian lemak sapi yang disusun diantara daging kambing.
  6. Siapkan panggangan atau pembakaran dari arang dan panaskan dengan merata. Baru silahkan bakar sajian ini dengan merata sampai matang dan jangan lupa untuk dibulak-balik sambil diolesi dengan menggunakan sisa bumbu sampai matang dan merata.

Nah, setelah matang sajian ini akan dapat anda nikmati dan disantap selagi masih hangat. Untuk lebih sempurna maka sajikan hidangan ini bersama dengan acar timun dan bumbu saus kecap yang enak dan berpadu bersama dengan potongan cabai dan bawang merah.

Resep Membuat Sate Kambing Khas Tegal yang Enak dan Mantap

Bahan-Bahan:

  • 500 gram daging kambing
  • 5 sendok makan kecap manis
  • 150 gram lemak kambing
  • 20 buah tusuk sate
  • 1/2 sendok teh garam
  • 4 lembar daun jeruk purut, diiris tipis

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 3 sendok teh bumbu petis
  • 3 buah cabai rawit
  • 8 butir bawang merah
  • 1 1/2 sendok teh gula merah

Persiapan Membuat Sate Kambing Khas Tegal yang Enak dan Mantap:

  1. Cara pertama yang akan dapat dilakukan untuk membuat sajian kali ini adalah dengan terlebih dahulu menyiapkan sebuah pisau dan sebuah tatakan. Dimana peralatan ini akan kita gunakan untuk memotong daging kambing untuk membuat sajian sate kali ini. Untuk itu, silahkan ambil daging kambing.
  2. Potong-potong daging kambing dengan menggunakan pisau secara merata seukuran kira-kira 2×2 cm dengan bentuk kubus. Atau anda bisa menyesuaikan ukurannya sesuai dengan yang anda inginkan. Hanya saja, jangan memotong bahan ini dengan ukuran yang terlalu kecil sebab mungkin daging yang dibakar akan hancur ketika dimasak.
  3. Selesai memotong daging kambing, maka anda bisa melanjutkan dengan memotong lemak kambing dengan ukuran yang sama. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara sebelum sajian ini dicampurkan dan dimasak bersama dengan bahan-bahan lainnya dengan merata.
  4. Bila selesai dengan bahan daging maka selanjutnya silahkan ambil daun jeruk dan iris dengan ukuran yang tipis. Lalu masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara sebelum hidangan ini dicampurkan bersama dengan bahan lainnya dengan merata.
  5. Siapkan pula tusukan sate dan bersihkan serta bambu yang tidak rapi. Caranya adalah dengan menggosok masing-masing tusukan sate secara bersamaan dan untuk keamanan sebaiknya gunakan sarung tangan yang aman.

Cara Membuat Sate Kambing Khas Tegal yang Enak dan Mantap:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini caranya cukup mudah dan sederhana. Silahkan ambil ulekan dan cobek kemudian haluskan semua bumbu halus dengan merata dan pastikan bahwa semua bumbu yang anda masukkan kedalamnya halus dengan merata.
  2. Bila sudah selesai maka ambil daging dan lemaknya lalu campurkan semua sajian ini dengan merata sampai tercampur. Baru ambil bumbu halus dan lumurkan semua bumbu kedalam daging ini secara merata.
  3. Aduk-aduk dan remas-remas semua bahan ini dengan merata dan pastikan jika semua bumbu halus meresap kedalam sajian daging dengan merata.
  4. Lalu setelah itu, anda akan senantiasa menambahkan kecap mansi kedalamnya dan aduk-aduk kembali semua sajian ini dengan merata sampai tercampur dan merata dengan semua bahan yang sudah anda masukkan.
  5. Diamkan sementara dan tutup dengan menggunakan daun pepaya yang sudah diremas. Lalu sisihkan sementara selama kurang lebih 30 menit sampai bumbu meresap kedalamnya dengan sempurna.
  6. Langkah selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah dengan menyiapkan tusukan sate dan tusuk daging kambing dengan lemaknya dengan menggunakan tusukan sate yang sudah dipersiapkan.
  7. Siapkan pembakaran dan panggang sate kedalamnya untuk kemudian bulak-balik agar sajian ini matang dengan merata. Angkat dan sisihkan dalam piring saji.
  8. Buat pula bumbu lumurannya dari bumbu halus dengan takaran yang sama. Lalu setelah itu, kucurkan diatasnya dan sajikan selagi masih hangat dengan taburan daun jeruk purut.

Baru sajian sate khas Tegal ini akan dapat anda nikmati selagi masih hangat dan enak. Santap bersama dengan nasi sajian ini akan semakin lezat dan istimewa.

Resep Membuat Sate Kambing Khas Wonogiri yang Enak dan Empuk

Bahan-Bahan:

  • 500 gram daging kambing
  • 22 tusuk sate
  • 1 lembar daun pepaya

Bahan Olesan Sate:

  • 4 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak goreng

Bahan Kuah:

  • 750 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai memarkan
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 2 cm lengkuas memarkan
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh kecap manis
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 2 siung bawang putih
  • 2 cm kunyit bakar
  • 2 buah kemiri, sangrai
  • 5 butir bawang merah
  • 2 cm jahe

Bahan Pelengkap Sate:

  • 2 buah kemiri sangrai
  • 5 buah cabai rawit merah iris
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 3 cm kunyit, bakar
  • 2 cm jahe
  • 5 butir bawang merah

Bahan Acar:

  • 5 buah cabai rawit merah iris
  • 2 sendok teh kecap manis
  • 1 buah ketimun, potong 3×1 cm, buang biji
  • 8 butir bawang merah, iris

Persiapan Membuat Sate Kambing Khas Wonogiri yang Enak dan Empuk:

  1. Untuk membuat sajian kali ini sebenarnya cukup mudah dan sederhana. Langkah persiapan akan membantu kita mengolah beberapa bahan yang ada pada resep sebelum sajian ini dicampurkan dengan bahan lainnya dan diracik menjadi bumbu yang enak pada masakan kali ini. Maka dari itu, mari kita simak terlebih dahulu persiapan untuk membuat hidangan kali ini.
  2. Persiapan pertama yang akan dapat anda lakukan adalah dengan memotong daging kambing dengan bentuk kubus sebagaimana biasa kita membuat sate. Gunakan pisau dan potong sajian ini diatas tatakan atau talenan agar anda lebih mudah melakukannya.
  3. Bila sudah selesai memotong bahan kali ini. Maka masukkan sajian daging kedalam sebuah wadah dan sisihkan sementara sebelum dimasak dan dibumbui bersama dengan bahan lainnya.
  4. Pastikan pula jika bumbu halus yang ada pada resep sudah anda haluskan dengan merata dan tercampur. Lalu masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara sebelum sajian ini dicampur.
  5. Nah, baru setelah semua persiapan diatas maka anda akan dapat membuat hidangan sate kali ini. Mari simak resepnya dibawah ini.

Cara Membuat Sate Kambing Khas Wonogiri yang Enak dan Empuk:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini silahkan siapkan daging dan ambil daun pepaya. Lalu remas-remas dan paya bersama dengan potongan daging dan aduk dengan merata. Lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit. Cara ini dilakukan agar daging kambing bisa cepat lebih lunak ketika dimasak.
  2. Setelah itu, siapkan sebuah wadah dan masukkan bahan olesan kedalamnya. Lalu aduk dengan merata dan campurkan menjadi satu. Baru masukkan potongan daging kambing kedalamnya dan rendam selama kurang lebih 10 menit agar bumbu meresap dengan merata.
  3. Lalu setelah itu, ambil tusukan sate dan mulailah menusuk sate. Porsinya anda bisa menusuk sebanyak 2 potongan dalam satu tusukan sate. Atau sesuikan banyak potongan ini dengan selera anda sendiri.
  4. Bila sudah selesai dengan merata maka silahkan siapkan panggangan dan panggang sate diatas bara api sampai matang dan merata. Jangan lupa dibulak-balik agar sajian ini matang dengan merata.
  5. Untuk membuat kuah maka anda akan dapat menumis bumbu halus bersama dengan lengkuas, serai dan berikan campuran daun salam. Lalu aduk dengan merata sampai harum.
  6. Setelah itu, anda akan senantiasa menuangkan santan kedalamnya. Lalu berikan kecap manis bersama dengan garam dan bumbui dengan merica dan gula pasir. Aduk dengan merata dan masak sampai mendidih.

Lalu sajikan sate bersama dengan bahan siraman kali ini.

Loading...

Bella

Bella

Author at Selerasa
Istri yang hobi makan dan anak dari ibu yang jago masak sampe punya usaha katering kecil-kecilan dengan segala keterbatasannya akhirnya mulai bisa masak dan seneng eksperimen di dapur. Currently penulis, yang pada akhirnya jadi penulis resep adalah profesi yang dianggap paling tepat.
Bella

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *