Kumpulan Resep Cumi Olahan yang Sedap dan Lezat

Resep Cumi Isi Bumbu Kecap yang Sederhana Namun Enak

Bahan-Bahan:

  • 500 gram cumi utuh
  • 1 sendok teh air jeruk nipis
  • 3 buah cabai hijau besar, dipotong 1 cm
  • 2 lembar daun salam
  • 1/2 sendok teh pala bubuk
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 1 batang serai, dimemarkan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 300 ml air
  • 1 sendok teh gula merah
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan Isian Cumi:

  • 1/2 buah tahu cina
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 siung bawang putih utuh, digoreng, dihaluskan
  • 1/8 sendok teh merica bubuk

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 4 butir kemiri, disangrai
  • 3 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah

Persiapan Membuat Cumi Isi Bumbu Kecap yang Sederhana Namun Enak:

  1. Untuk membuat sajian masakan kali ini, persiapan menjadi langkah penting yang perlu anda perhatikan dengan baik. Hal ini dikarenakan dari persiapan maka anda akan dapat lebih mudah membuat hidangan kali ini. Untuk itu, perhatikan dengan baik langkah-langkah yang kami berikan kali ini.
  2. Cara pertama untuk persiapan kali ini adalah dengan membersihkan cuminya secara merata. Kucurkan cumi dibawah air yang mengalir secara merata.
  3. Lalu kemudian pisahkan bagian kepalanya secara merata. Selanjutnya anda akan siapa untuk mempersiapkan bahan lainnya.
  4. Selesai dengan membersihkan cumi kita akan persiapkan bahan-bahan yang digunakan untuk isiannya. Bahan tersebut adalah tahu cina silahkan haluskan tahu cina dengan menggunakan garpu secara merata.
  5. Lalu masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara sebelum bahan ini dicampurkan dengan bumbu dan bahan lainnya secara merata.

Cara Membuat Cumi Isi Bumbu Kecap yang Sederhana Namun Enak:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat melakukannya dengan mudah. Yakni dengan melumuri cumi menggunakan air jeruk nipis secara merata. Cara ini dilakukan untuk mengurangi bau amis pada bahan ini.
  2. Setelah diberikan bahan lumuran diatas maka anda akan dapat menyisihkan sajian ini sementara selama kurang lebih 10 menit.
  3. Setelah itu, ambil satu buah cumi yang sudah direndam dengan bumbu lumuran. Lalu masukkan semua bahan isian dalam tahu cina dan aduk-aduk semua sajian ini dengan merata.
  4. Setelah itu, baru masukkan isinya kedalam perut cumi secara merata. Lalu sematkan bagian ujungnya dengan menggunakan tusuk gigi. Lakukan cara yang sama pada cumi yang masih ada.
  5. Setelah itu, silahkan siapkan sebuah wajan dan masukkan minyak goreng kedalamnya untuk kemudian tunggu sampai minyak menjadi lebih panas merata.
  6. Selanjutnya, masukkan bumbu halus kedalamnya bersama dengan daun salam dan cabai bersama dengan serai. Lalu masak dan aduk semua bahan ini hingga harum merata.
  7. Masukkan cumi yang sudah diberikan bahan isian dan tumis bersama dengan kepalanya. Lalu aduk-aduk sampai cumi berubah warnanya secara merata.
  8. Tuangkan kecap manis kedalam tumisan cumi dan bumbui menggunakan pala, bersama dengan garam, merica bubuk dan juga gula merah. Aduk-aduk semua sajian ini secara merata hingga tercampur.
  9. Baru masukkan air kedalamnya dan masak sajian ini hingga matang dan tercampur merata. Setelah matang maka angkat.

Baru anda akan dapat menyajikan hidangan ini dalam sebuah wadah yang nantinya bisa anda langsung santap bersama dengan sepiring nasi hangat yang lezat.

Resep Membuat Cumi Goreng Selimut Balut Saus Kecap yang Kental

Bahan-Bahan:

  • 1.000 gram cumi segar
  • 500 ml minyak untuk menggoreng

Bahan Saus Kecap:

  • 2 siung bawang putih cincang halus
  • 1 sendok teh madu
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Persiapan Membuat Cumi Goreng Selimut Balut Saus Kecap yang Kental:

  1. Untuk mempersiapkan bahan kali ini anda akan dapat melakukannya dengan mudah dan sederhana. Silahkan bersihkan terlebih dahulu cuminya dengan merata. Cara ini akan penting dilakukan agar bahan yang kita gunakan pada resep kali ini adalah bahan yang sudah dibersihkan merata.
  2. Adapun untuk membersihkan cumi anda dapat melakukannya dengan membawa cumi ke tempat cucian secara merata. Lalu bersihkan dan kupas kulit cumi secara merata, lakukan cara ini dengan perlahan untuk memudahkan anda mengupas kulit bagian luar cumi yang berwarna keunguan.
  3. Setelah itu, potong bagian kepala cumi dan buang bagian ini. Sebab kita hanya akan menggunakan bagian tubuh cumi saja untuk masakan kali ini.
  4. Bila cumi sudah dibersihkan secara merata maka langkah selanjutnya adalah dengan memastikan bahwa anda sudah mempersiapkan semua bahan yang ada pada resep secara merata.

Cara Membuat Cumi Goreng Selimut Balut Saus Kecap yang Kental:

  1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu menyiapkan sebuah pisau bersama dengan sebuah tatakan. Lalu kemudian gunakan kedua peralatan ini untuk memotong cumi dengan bentuk bulat. Kita-kira dengan ketebalan cm. Atau anda bisa menggunakan ukuran sesuai yang anda inginkan.
  2. Setelah cumi dipotong-potong secara merata maka langkah selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah dengan merendam cumi dalam air sebanyak 500 ml.
  3. Lalu tambahkan kedalam air tersebut yakni 1/4 sendok teh garam. Lalu aduk-aduk semua bahan ini secara merata dan diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu angkat dan tiriskan sajian ini.
  4. Selanjutnya adalah dengan menyiapkan wajan diatas kompor dan tuangkan minyak goreng kedalamnya. Tunggu sampai minyak menjadi lebih panas secara merata dan gunakan api yang kecil.
  5. Lalu masukkan potongan cumi kedalamnya dan masak sajian ini sampai kering dan cumi menjadi lebih krispi dan matang merata.
  6. Angkat bila cumi sudah matang dan dinginkan sebelum anda mencampurkan bahan ini dengan bahan-bahan lainnya.
  7. Siapkan kembali wajan dan minyak yang digunakan sebelumnya. Lalu panaskan diatas api yang kecil dan goreng kembali cumi kedalamnya sampai renyah merata. Angkat bila sudah matang dan tiriskan kembali sajian ini secara merata.
  8. Untuk membuat saus anda akan dapat melakukannya dengan mudah dan sederhana. Siapkan wajan dan tuangkan minyak namun kali ini gunakan minyak sedikit saja untuk menumis.
  9. Bila minyak sudah panas maka masukkan bawang putih kedalamnya dan tumis sajian ini sampai harum merata.
  10. Baru anda akan dapat menuangkan kecap manis bersama dengan saus tiram dan tambahkan madu bersama dengan gula pasir kedalamnya. Lalu aduk-aduk semua bahan ini secara merata sampai mengental dan matang.
  11. Baru anda akan dapat menambahkan cumi kedalamnya dan aduk sajian ini diatas api yang kecil sampai cumi terbaluti dengan bumbu kecap yang anda masak sebelumnya.

Nah, setelah matang maka sajikan hidangan ini dalam sebuah wadah untuk kemudian anda akan dapat menikmati sajian ini selagi masih hangat.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons