Kreasi Rumahan Mudahnya Memasak Ati Ampela Untuk Sajian Buka Puasa

Ceriakan menu berbuka dengan sajian olahan ati ampela ayam yang enak dan mantap di rumah anda. Inilah dia beberapa koleksi resep olahan ati ampela dengan bumbu yang mudah diracik.

Resep Tumis Ati Ampela Bumbu Kecap yang Mantap

Bahan-Bahan:

  • 8 pasang (600 gram) ati ampela
  • 6 buah mata petai
  • 1/2 sendok teh garam
  • 3 lembar daun jeruk, dibuang tulang daunnya, diiris
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 500 ml minyak untuk menggoreng
  • 75 ml minyak untuk menumis
  • 1 sendok makan air asam jawa, dari 1/2 sendok teh asam jawa dan 2 sendok makan air, dilarutkan

Bumbu yang Ditumbuk Kasar:

  • 6 buah cabai merah keriting
  • 4 buah cabai merah besar
  • 5 butir bawang merah

Persiapan Membuat Tumis Ati Ampela Bumbu Kecap yang Mantap:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini cukup mudah dan sederhana yang perlu anda lakukan adalah dengan mempersiapkan bahan dan bumbu untuk membuat sajian kali ini. Persiapan menjadi langkah yang penting yang memudahkan anda untuk membuat sajian kali ini.
  2. Adapun langkah persiapan pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan membersihkan ati ampelanya secara merata. Bawa ati ampela ke tempat cucian dan masukkan kedalam wadah. Lalu ambil pisau dan sebuah tatakan.
  3. Sebelum bahan ini dicuci dengan bersih maka sebelumnya potong-potong terlebih dahulu ati ampela dengan ukuran yang lebih kecil namun tidak terlalu lembut.
  4. Bila sudah dibersihkan secara merata maka langkah selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah membersihkan ati ampela secara merata dengan cara meremas-remasnya dengan merata.
  5. Kucurkan pula dibawah air yang mengalir secara merata sebelum anda mencampurkan hidangan ini dengan bahan lainnya maka angkat sajian ini dan tiriskan air cuciannya. Lalu masukkan kedalam baskom atau sebuah wadah.
  6. Selanjutnya, kucuri ati dengan menggunakan air jeruk nipis secara merata. Lalu berikan sedikit taburan garam cara ini dilakukan untuk mengurangi bau amis yang ada pada ati secara merata.
  7. Sementara untuk petai anda akan dapat menggoreng sebentar bahan ini secara merata sebelum anda mencampurkan bahan ini dengan bahan lainnya secara merata.

Cara Membuat Tumis Ati Ampela Bumbu Kecap yang Mantap:

  1. Untuk membaut sjaian kali ini silahkan lakukan dengan menyiapkan sebuah wajan diatas kompor dan nyalakan api sedang pada kompor.
  2. Tunggu sampai wajan menjadi lebih panas secara merata baru selanjutnya masukkan minyak goreng kedalamnya.
  3. Sebelum menggoreng tunggu beberapa saat sampai minyak menjadi lebih panas merata. Baru masukkan ati ampela kedalamnya dan goreng sajian ini sampai matang.
  4. Angkat dengan menggunakan serokkan dan sisihkan sementara agar minyaknya meniris sementara sebelum anda mencampur bahan ini dengan bahan lainnya.
  5. Panaskan kembali wajan, hanya saja kali ini gunakan minyak yang sedikit saja. Setelah minyak panas maka anda akan dapat menuangkan bumbu tumbuk kasar kedalamnya.
  6. Aduk-aduk semua sajian ini secara merata sampai tercium bau harum yang enak dan sedap.
  7. Setelah itu, anda akan dapat menuangkan daun jeruk bersama dengan lengkuas dan juga petai. Aduk-aduk semua sajian ini secara merata sampai tercampur.
  8. Lalu kemudian adna akan dapat menuangkan ati ampela yang sudah digoreng kedalamnya dan aduk-aduk dengan merata sampai sajian ini tercampur bersama dengan bumbu yang anda tumis.
  9. Lalu setelah itu, masukkan kecap manis kedalamnya dan tuangkan pula garam bersama dengan gula pasir. Lalu aduk-aduk semua sajian ini secara merata sampai tercampur dan matang.
  10. Terakhir, silahkan masukkan air asam jawa kedalamnya dan masak sajian ini sampai bumbu meresap dan tercampur merata.

Nah, setelah matang silahkan angkat sajian ini untuk kemudian anda akan dapat menikmati sajian ini bersama dengan nasi hangat saat waktu berbuka tiba nanti.

Resep Membuat Ati Ampela Tumis Jamur Tiram yang Sedap

Bahan-Bahan:

  • 8 buah hati ampela
  • 100 gram jamur tiram
  • 1 lembar daun salam
  • 1 cm jahe, dimemarkan
  • 2 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1 cm lengkuas, dimemarkan
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 300 ml air
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:

  • 5 butir bawang merah
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 2 siung bawang putih

Persiapan Membuat Ati Ampela Tumis Jamur Tiram yang Sedap:

  1. Cara pertama yang akan dapat anda lakukan untuk membuat sajian kali ini adalah dengan terlebih dahulu memperhatikan langkah persiapan. Cara ini akan menjadi hal penting yang perlu anda perhatikan dengan baik. Sebab persiapan akan memudahkan anda untuk membuat sajian kali ini. Untuk itu, mari simak langkah persiapan kali ini dengan baik.
  2. Adapun langkah persiapan pertama yang akan dapat dilakukan adalah dengan membersihkan ati ampela terlebih dahulu. Caranya bawa ati ampela ke tempat cucian yang dimasukkan dalam sebuah wadah.
  3. Cuci bersih ati ampela secara merata dibawah kucuran air bersih secara merata. Sambil diremas-remas dengan menggunakan tangan hingga bersih secara merata.
  4. Lalu setelah itu, anda akan dapat menyiapkan sebuah panci dan masukkan air kedalamnya. Untuk kemudian rebus ati ampela kedalamnya sampai matang secara merata.
  5. Angkat dan potong-potong sajian ini secara merata dengan menggunakan pisau dan lakukan cara ini diatas tatakan secara merata.
  6. Untuk jamur tiram anda akan dapat menyuwir sajian ini secara merata. Lalu bersihkan sajian ini dengan menggunakan air bersih secara merata.

Cara Membuat Ati Ampela Tumis Jamur Tiram yang Sedap:

  1. Untuk membuat sajian kali ini cara penting pertama yang akan dapat anda lakukan adalah dengan terlebih dahulu menyiapkan sebuah wajan dan panaskan diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang.
  2. Lalu setelah panas maka masukkan minyak kedalamnya dan tunggu sampai minyak menjadi lebih panas secara merata. Baru setelah itu, tumis bumbu seperti bumbu halus dan tambahkan bersama dengan jahe, daun salam dan juga daun jeruk bersama lengkuas.
  3. Aduk-aduk semua bumbu yang anda tumis secara merata sampai tercium bau harum yang enak dan sedap.
  4. Setelah itu, masukkan ati ampela kedalamnya dan aduk-aduk secara merata sampai bumbu tercampur dan merata bersama dengan bumbu yang anda tumis.
  5. Lalu bubuhi dengan menggunakan kecap manis dan bumbu seperti garam dan juga gula. Lalu setelah itu, masukkan air kedalamnya secara merata sampai tercampur.
  6. Kemudian setelah itu, anda akan dapat menuangkan jamur tiram kedalamnya dan masak sajian ini diatas api yang kecil sampai jamur layu dan bumbu meresap kedalamnya dengan merata.

Nah, bila sudah matang maka tentunya anda akan dapat menikmati sajian ini pada saat buka puasa nanti bersama dengan keluarga.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons