Kreasi Resep Aneka Mochi Kekinian yang Mudah dan Praktis Dibuat

    Resep Mochi Isi Cokelat Mint yang Enak dan Kenyal

    Bahan-Bahan Kulit:

    • 200 gram tepung ketan putih
    • 5 tetes pewarna hijau muda
    • 225 ml air
    • 15 gram tepung beras
    • 1/2 sendok teh garam
    • 100 gram gula pasir
    • 15 gram mentega putih

    Bahan Isian:

    • 15 gram mentega tawar
    • 50 ml krim kental
    • 10 tetes esens mint
    • 150 gram dark cooking chocolate

    Bahan Taburan:

    • 50 gram maizena

    Persiapan Membuat Isian Mochi yang Enak dan Kenyal:

    1. Untuk membuat sajian kali kita akan dahulukan membuat isian untuk sajian kali ini. Cara ini akan penting untuk anda lakukan guna memudahkan anda membuat mochi. Sebab ketika adonan kulit mochi sudah jadi maka bahan ini perlu langsung dimasukkan kedalamnya. Maka dari itu, mari simak langkah persiapan membuat isian kali ini.
    2. Caranya adalah dengan memotong-motong coklat sebagai bahan isian kali ini. Caranya adalah siapkan sebuah pisau dan sebuah tatakan. Lalu potong-potong bahan ini dengan ukuran yang lebih kecil.
    3. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara yang nantinya bahan ini akan kita olah menjadi bahan yang lebih cair secara merata.
    4. Siapkan sebuah wajan dan panaskan diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang. Setelah panas maka anda akan dapat menuangkan margarin kedalamnya dan aduk-aduk semua bahan ini secara merata. Biarkan sementara agar bahan ini menjadi lebih cair.
    5. Bila margarin sudah mencair maka silahkan masukkan krim kentang bersama dengan coklat yang sebelumnya sudah dipotong-potong secara merata. Lalu aduk semua bahan ini sampai tercampur dan adonan berubah menjadi warna coklat pekat.
    6. Selanjutnya masukkan esens mint kedalam adonan dan aduk kembali secara merata agar semua sajian ini tercampur secara merata. Lalu masukkan dalam mangkuk atau sebuah wadah.
    7. Masukkan dalam lemari es di freezer agar lebih padat teksturnya. Baru kemudian keluarkan sajian ini dan bentuk sajian ini dengan bentuk bola kecil-kecil dengan sendok. Lalu sisihkan.

    cara Membuat Mochi Isi Cokelat Mint yang Enak dan Kenyal:

    1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan mudah dan sederhana. Yakni dengan membuat adonan kulit mochi untuk sajian kali ini. Caranya adalah dengan mencampurkan tepung ketan bersama dengan tepung beras dalam sebuah wadah. Lalu aduk semua sajian ini dengan merata sampai tercampur.
    2. Kemudian setelah itu, siapkan sebuah wadah kecil dan campurkan gula pasir bersama dengan garam dan pewarna hijau. Lalu aduk-aduk semua sajian ini secara merata sampai tercampur dan teraduk.
    3. Lalu setelah itu, tuangkan campuran ini kedalam adonan tepung sedikit demi sedikit dengan perlahan dan aduk-aduk semuanya sampai tercampur dan merata sambil disaring.
    4. Kukus bahan ini dalam pinggan anti panas selama kurang lebih 20 menit hingga sajian ini menjadi lebih matang dan merata. Lalu aduk dengan menggunakan sendok kayu dan kukus kembali bahan ini selama kurang lebih 15 menit sampai matang dan merata.
    5. Setelah matang maka anda akan dapat mengangkat sajian ini dan masukkan dalam wadah untuk kemudian siapkan sebuah mixer dan aduk bahan ini selama kurang lebih 2 menit dengan mixer spiral sampai tercampur dengan merata.
    6. Baru tambahkan kedalamnya mentega putih dan aduk dengan merata sampai bahan ini menjadi lebih kalis dan merata.
    7. Ambil sedikit adonan dan berikan bagian dalamnya dengan isian. Lalu bentuk dengan bola dengan merata. Untuk bahan taburan anda akan terlebih dahulu dapat menyangrai bahan tepung mazeina selama kurang lebih 5 menit dengan merata.
    8. Gulingkan mochi diatasnya dengan merata sampai bahan ini merata dan menutupi adonan mochi secara merata.

    Nah, setelah selesai maka anda akan senantiasa menyimpannya dalam wadah lalu kemudian nikmati sajian ini bersama dengan keluarga.

    Resep Mochi Alpukat Isi Ting-Ting Gepuk yang Kenyal dan Lembut

    Bahan-Bahan Kulit:

    • 100 gram daging alpukat
    • 200 ml air
    • 1/2 sendok teh garam
    • 20 gram mentega putih
    • 150 gram gula pasir

    Bahan Isian:

    • 100 gram ting-ting gepuk

    Bahan Pelapis:

    • 75 gram wijen putih, sangrai

    Persiapan Membuat Kulit Mochi:

    1. Untuk membuat sajian kali ini cara pertama yang akan dapat anda lakukan adalah dengan terlebih dahulu membuat kulit mochi kali ini. Hal ini dikarenakan kulit mochi bisa langsung dibuat karena isian ting-ting gepuk hanya perlu dihancurkan. Sehingga bisa langsung diisi dan kita tidak perlu menunggu terlalu lama.
    2. Adapun untuk membuat bahan kulit kali ini cara yang dapat dilakukan adalah dengan menyiapkan sebuah mangkuk atau wadah yang sedang. Lalu kupas alpukat dan timbang untuk dagingnya dengan ukuran yang sudah disebutkan pada resep.
    3. Setelah selesai maka siapkan sebuah blender dan masukkan daging buah alpukat kedalamnya. Lalu haluskan semua bahan ini secara merata sampai tercampur merata dan teraduk dengan merata.
    4. Bila sudah halus, maka keluarkan bahan ini dan masukkan dalam wadah untuk kemudian sisihkan. Nantinya bahan ini akan dicampurkan bersama dengan adonan kulit lainnya secara merata.
    5. Siapkan sebuah baskom atau wadah untuk membuat adonan. Lalu masukkan tepung ketan bersama dengan garam. Kemudian aduk dengan merata hingga semua bahan ini tercampur.
    6. Masukkan air kedalam campuran bahan diatas lalu aduk semua sajian ini dengan merata hingga tercampur merata dan adonan menjadi lebih menggumpal.
    7. Masukkan dalam kukusan dan kukus bahan ini selama kurang lebih 20 menit sampai matang dan merata. Lalu angkat dan keluarkan setelah matang.
    8. Saat masih panas anda akan dapat menghaluskan bahan ini dalam mixer dengan spiral dan masukkan campuran alpukat yang sudah dihaluskan dengan merata. Baru tambahkan gula pasir kedalamnya bersama dengan mentega.
    9. Campurkan mentega putih kedalamnya dan aduk semua sajian ini dengan merata hingga tercampur dan merata bersama dengan bahan-bahan lainnya. Nah, setelah kalis maka anda bisa menghentikan mengaduk bahan ini dengan merata.

    Cara Membuat Isian:

    1. Selesai dengan bahan kulit maka silahkan hancurkan tingi-ting gepuk dengan merata menggunakan ulekan sampai bisa dipastikan semua bahan ini hancur dengan merata. Lalu masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.
    2. Sangrai terlebih dahulu wijen putih diatas wajan dengan menggunakan api yang kecil. Jangan lupa aduk-aduk semua sajian ini dengan merata sampai wijen berubah menjadi lebih keemasan dengan merata.
    3. Angkat dan dinginkan terlebih dahulu pada suhu ruangan agar lebih hangat. Kemudian ambil adonan mochi dan bentuk menjadi bulatan.
    4. Pipihkan adonan dan masukkan isian dibagian tengahnya secara merata. Lalu gulingkan diatas biji wijen dengan merata dan simpan diatas wadah untuk kemudian bisa dinikmati.

    Lakukan hal yang sama pada sisa adonan. Kemudian anda akan dapat menikmati sajian ini selagi masih segar. Nikmati sajian ini bersama dengan teh hangat yang enak dan sedap.

    Resep Membuat Mochi Red Velvet Khas Jepang yang Kenyal dan Enak

    Bahan-Bahan:

    • 225 ml air bit
    • 125 gram gula pasir
    • 1/2 sendok teh garam
    • 200 gram tepung ketan
    • 1 sendok teh pewarna merah
    • 35 gram mentega putih

    Bahan Isian:

    • 100 gram kacang hijau kupas
    • 200 ml santan dari 1/4 butir kelapa
    • 2 lembar daun pandan, dibuat simpul
    • 50 gram gula pasir
    • 1/4 sendok teh garam

    Bahan Pelapis:

    • 50 gram maizena, disangrai 5 menit dengan api kecil

    Cara Membuat Isian Mochi:

    1. Untuk langkah pertama, kita akan dahulukan membuat isian untuk mochi kali ini. Hal ini penting didahulukan sebab nantinya bahan ini akan kita campurkan langsung dengan bahan kulit mochi yang sudah jadi. Untuk itu, mari simak langkah membuat isian kali ini.
    2. Silahkan cuci bersih kacang hijau dengan menggunakan air. Lalu masukkan dalam wadah dan rendam bahan ini selama kurang lebih 2 jam secara merata. Sampai kacang menjadi lebih lunak dan mengembang.
    3. Setelah itu, siapkan sebuah kukusan dengan menggunakan api yang sedang. Lalu masukkan kacang hijau kealamnya dan kukus sajian ini selama kurang lebih 30 menit hingga mekar.
    4. Masukkan santan kedalamnya lalu angkat dan masukkan dalam mesin blender. Setelah itu, haluskan semua sajian ini sampai lembut dan merata.
    5. Bumbui dengan menggunakan garam dan juga gula pasir. Lalu masukkan daun pandan dan tuangkan dalam sebuah wajan. Masak sajian ini sampai kalis dan merata. Lalu angkat sajian ini dan tunggu sampai agak dingin.
    6. Bentuk sajian ini dengan bentuk bola-bola secara merata. Lalu masukkan dalam wadah yang kecil setelah itu sisihkan sajian ini dan anda akan siap untuk membuat adonan kulitnya.

    Cara Membuat Mochi Red Velvet Khas Jepang yang Kenyal dan Enak:

    1. Untuk membuat sajian ini anda akan dapat melakukannya dengan menyiapkan sebuah wadah. Lalu masukkan kedalamnya tepung ketan dan campurkan bersama dengan garam. Lalu aduk secara merata sampai tercampur.
    2. Untuk air bit anda bisa mendapatkan adonan ini dari menghaluskan sebanyak 100 gram buah bit dan campurkan dengan 100 ml air. Lalu haluskan dengan merata dan saring.
    3. Campurkan air bit kedalam campuran tepung dan aduk dengan merata sampai adonan berubah warnanya menjadi lebih merah dengan merata.
    4. Lalu setelah itu, masukkan adonan dalam pinggan anti panas. Kemudian siapkan sebuah kukusan dan panaskan dengan api yang sedang. Tunggu sampai panas dengan merata.
    5. Lalu setelah itu, kukus adonan ini dalam pinggan selama kurang lebih 30 menit sampai matang dan merata. Baru setelah itu, angkat sajian ini dan masukkan dalam wadah.
    6. Ketika masih panas anda akan dapat menghaluskan bahan ini dengan menggunakan mixer spiral sampai halus dan merata.
    7. Tambahkan gula pasir bersama dengan mentega putih kedalam bahan yang sedang anda haluskan. Lalu pastikan semua bahan ini tercampur merata.
    8. Ambil adonan mochi, lalu pipihkan sajian ini dan berikan dengan isi kacang ijo yang sudah anda buat sebelumnya.
    9. Bentuk kembali adonan dengan bentuk bulat dengan merata dan gulingkan diatas bahan pelapis yang sudah anda sangrai sebelumnya.

    Sajikan dalam wadah dan taburi dengan bahan pelapis bagian atasnya agar masing-masing mochi tidak lengket atau menyatu.

    Loading...