Kreasi Nikmat Aneka Resep Ikan Bakar Lembut dan Gurih

Resep Ikan Kembung Bakar Bumbu Bawang Putih yang Enak dan Lezat

Sajian ikan yang sehat dan lezat yang akan tentu dapat anda buat di rumah dengan mudah sebab resep kali ini cukup praktis. Penasaran seperti apa resepnya? Mari simak dibawah ini. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword ikan kembung, ikan kembung bakar, ikan kembung berbumbu
Waktu Persiapan 25 menit
Waktu Memasak 15 menit
Total Waktu 40 menit
Porsi 4 Orang
Kalori 261.9 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan

  • 4 ekor ikan kembung bersihkan
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 1 sdt garam
  • 2 siung bawag putih

Bahan Pelengkap

  • 10 ml sambal kecap

Langkah-langkah

Persiapan

  1. Cara pertama yang akan dapat dilakukan untuk membuat sajian kali ini sebenarnya cukup mudah dan sederhana. Anda hanya perlu memperhatikan beberapa langkah untuk membersihkan ikan kembung terlebih dahulu. Cara ini adalah hal penting untuk membantu anda mengetahui cara membersihkan ikan dengan baik dan benar. Lantas seperti apa saja sih langkah persiapan tersebut? Mari simak dibawah ini.

  2. Masukkan ikan kedalam wadah dan siapkan sebuah tatakan bersama dengan sebuah pisau. Lalu bawa ikan ke tempat cucian untuk dibersihkan dengan merata. 

  3. Cara membersihkan ikan bisa dimulai dengan mengerat bagian perut ikan untuk mengeluarkan isi perut ikan dengan merata. Baru setelah itu, kucuri ikan dengan menggunakan air bersih secara merata.

  4. Bila sudah bersih dan merata maka silahkan kerat-kerat ikan dengan menggunakan pisau tepat dibagian tubuh ikan dengan merata. Lalu bersihkan dan kucuri kembali dengan air bersih. 

  5. Selanjutnya anda akan senantiasa membuang bagian insang ikan. Cara ini akan dapat dilakukan dengan mengait bagian insang ikan menggunakan jari tangan. Setelah insang berhasil dikeluarkan maka bersihkan dan kucuri dengan menggunakan air bersih dengan merata. 

  6. Lakukan cara yang sama pada sisa ikan kembung yang masih ada. Selesai dibersihkan maka silahkan masukkan kedalam wadah dan tiriskan air cuciannya dengan merata. Lalu sisihkan sementara sebelum bahan ini dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya. 

Cara Membuat Hidangan

  1. Untuk membuat sajian kali ini cara yang akan dapat anda lakukan adalah cukup sederhana. Ambil ikan dalam wadah dan kucuri dengan menggunakan perasan air jeruk nipis dan taburan garam sedikit saja. Lalu aduk-aduk semua sajian ini dengan merata sampai tercampur. 

  2. Agar bahan campuran ini meresap dengan merata maka anda akan dapat mendiamkan bahan ini selama beberapa saat dan beberapa menit hingga bumbu benar-benar meresap dengan merata. 

  3. Setelah beberapa saat didiamkan maka anda akan dapat menuangkan bawang putih halus kedalamnya dan aduk-aduk kembali semua bahan ini dengan merata dan pastikan tercampur dengan baik. 

  4. Lalu kemudian anda akan senantiasa memasukkan bahan ini kedalam lemari es dan diamkan sementara agar bumbu meresap kedalam daging secara merata. 

  5. Setelah didiamkan silahkan siapkan pembakaran. Sebaiknya dibakar diatas bara api dari arang sebab metode pembakaran ini biasanya akan membuat rasa dari daging ikan menjadi lebih enak dan lezat.

  6. Masukkan ikan diatas bara api yang menyala dan bakar ikan dengan merata sampai matang. Jangan lupa untuk dibulak-balik agar ikan matang dengan merata.

  7. Bila sudah matang maka silahkan angkat sajian ini dan lumuri dengan saus kecap untuk memberikan rasa yang lebih enak dan lebih mantap pada sajian kali ini.

Catatan Resep

Setelah selesai, sajian kali ini akan dapat anda nikmati ketika masih hangat bersama nasi putih pulen yang enak. 

Resep Membuat Ikan Bakar Baronang Pipih Bumbu Rica

Sajian ikan bakar baronang kali ini adalah hidangan lezat yang pembuatannya mudah sekali dilakukan di rumah. Cocok sekali untuk anda yang hendak mencicipi sajian lezat dan cepat. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword ikan bakar, ikan baronang, ikan baronang bakar rica-rica
Waktu Persiapan 20 menit
Waktu Memasak 15 menit
Total Waktu 35 menit
Porsi 2 Orang
Kalori 147 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan

  • 2 ekor ikan baronang bersihkan, kerat
  • 6 lembar daun jeruk buang tulangnya, remas-remas
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt air jeruk nipis
  • 2 buah tomat merah buang biji, cincang kasar
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula merah
  • 15 butir cabai merah keriting cincang kasar
  • 2 buah jeruk limau
  • 100 ml minyak untuk menumis
  • 1 sdm air asam jawa

Bumbu yang Dihaluskan

  • 10 buah cabai rawit merah
  • 20 butir bawang merah
  • 4 cm jahe

Langkah-langkah

Persiapan

  1. Sebelum terburu memasak sajian kali ini akan lebih baik bila kita menyimak langkah-langkah untuk membersihkan ikan kali ini. Langkah kali ini akan membantu memandu anda pada saat hendak membersihkan ikan dengan tehnik yang lebih mudah. Selain itu, cara membersihkan ikan kali ini berisikan tentang bentuk pemotongan ikan bakar yang akan kita buat kali ini. Maka dari itu, simak beberapa langkahnya dibawah ini.

  2. Untuk membersihkan ikan cara yang akan dapat anda lakukan kali ini adalah dengan memasukan ikan kedalam wadah. Lalu siapkan sebuah pisau bersama dengan sebuah tatakan. 

  3. Bersihkan ikan dari mulai menghilangkan sisiknya. Cara ini akan dapat anda lakukan dengan cara mengerik sisik ikan menggunakan pisau atau dengan menggunakan sendok. Kerik sisik ikan dengan arah yang berlawanan dan sisihkan dalam wadah.

  4. Ikan yang sudah berhasil disisik bisa anda bersihkan dengan cara mengucurinya menggunakan air bersih dengan merata. Bila sudah bersih dengan merata maka sisihkan dan lanjutkan membersihkan bagian lainnya. 

  5. Bersihkan pula bagian dalam perut ikan dengan merata. Caranya adalah dengan mengerat perut ikan dan keluarkan isinya dengan perlahan sambil terus dibilas dengan menggunakan air bersih dengan merata.

  6. Bila sudah selesai maka anda akan dapat membelah ikan menjadi dua namun tidak putus. Setelah dibelah anda akan mendapati ikan menjadi lebih pipih dan melebar. 

  7. Terakhir, silahkan bilas ikan dengan air dan masukkan kembali kedalam wadah. Untuk kemudian sisihkan sementara dan kucuri dengan mengggunakan air perasan jeruk nipis dan garam sedikit saja.

  8. Aduk-aduk dengan merata dan diamkan ikan dengan bumbu ini selama kurang lebih 15 menit sampai bumbu meresap dengan merata. 

Cara Membuat Hidangan

  1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan mudah dan sederhana. Caranya adalah dengan memberikan bumbu tambahan pada ikan yang sudah selesai direndam dengan bumbu diatas. Bahan tersebut adalah merica bubuk dan aduk-aduk dengan merata lalu diamkan kembali 5 menit.

  2. Selagi menunggu silahkan siapkan sebuah wajan dan masukkan bumbu halus kedalamnya bersama dengan daun jeruk. Lalu aduk dan tumis sajian ini secara merata sampai tercium bau harum yang enak dan sedap.

  3. Bila sudah selesai kemudian anda akan dapat mengangkat bahan ini dan tambahkan cabai keriting kedalam tumisan. Tuangkan pula tomat merah bersama dengan gula merah dan air asam. Lalu aduk semua sajian ini dengan merata. 

  4. Kemudian lumurkan bumbu halus bersama dengan bumbu ini pada ikan dengan merata. Setelah itu, diamkan selama 20 menit sampai bumbu meresap kedalam ikan dengan merata. 

  5. Siapkan pembakaran dan panggang ikan diatasnya dengan merata sampai matang. Jangan lupa olesi dengan sisa bumbu lumuran yang masih ada dan bulak-balik agar ikan matang dengan merata. 

  6. Setelah itu, angkat ikan dan sajiakn dengan jeruk limau bersama dengan pelengkap ikan yang sudah disediakan.

Catatan Resep

Sajikan hidangan ini setelah matang dan nikmati selagi masih hangat. 

Resep Ikan Bakar Bumbu Belimbing yang Segar dan Mantap

Lezat dan nikmat adalah dua kata yang pas menggambarkan betapa istimewanya sajian kali ini. Hidangan ikan bakar bumbu belimbing kali ini adalah sajian yang mudah untuk dibuat di rumah 

Sajian Main Course, Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword ikan bakar, ikan bakar enak
Waktu Persiapan 15 menit
Waktu Memasak 15 menit
Total Waktu 30 menit
Porsi 3 ekor
Kalori 147 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan

  • 3 ekor ikan kue bersihkan, kerat
  • 1/4 sdt merica
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdt garam
  • 1 buah jeruk nipis
  • 3 sdm minyak goreng

Bahan Sambal Belimbing

  • 5 buah cabai merah besar iris
  • 4 buah tomat hijau iris bulat
  • 5 butir bawang merah potong-potong
  • 8 buah cabai rawit hijau iris
  • 1 buah jeruk limau diambil airnya
  • 5 buah belimbing sayur iris halus
  • 1/2 sdt garam
  • 50 ml minyak goreng

Langkah-langkah

Persiapan

  1. Untuk membuat sajian kali ini cara yang akan dapat anda lakukan adalah dengan mengutamakan menyimak cara membersihkan ikan. Cara ini akan penting dilakukan guna memudahkan anda membuat hidangan kali ini dan memahami bagaimana cara membersihkan ikan sehingga diharapkan anda akan dapat menguasai tehnik pembersihan ikan dengan baik. Seperti apa saja cara membersihkan ikan? Simak dibawah ini.

  2. Keluarkan ikan dari kresek atau kemasannya. Lalu masukkan kedalam wadah dan siapkan segera tatakan bersama dengan sebuah pisau. Lalu kemudian bawa ikan ini ke tempat cucian.

  3. Sebelum dibilas silahkan kerat bagian perut ikan dengan merata menggunakan pisau dan keluarkan isian perut ikan dengan perlahan. Setelah itu, baru kemudian bersihkan isi perut ikan dan bilas dengan menggunakan air bersih.

  4. Bila sudah selesai maka langkah selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah dengan membersihkan insang ikan dengan merata. Caranya adalah dengan mengait insang ikan dengan menggunakan tangan secara perlahan. Lalu tarik dan bersihkan insang dengan merata. 

  5. Setelah bersih maka anda akan dapat membilasnya menggunakan air bersih secara merata dan pastikan insang dibersihkan. 

  6. Terakhir, silahkan kerat-kerat bagian permukaan ikan dengan menggunakan pisau. Cara ini dilakukan agar bumbu ikan dapat meresap kedalamnya dengan merata. 

Cara Membuat Hidangan

  1. Untuk membuat sajian kali ini silahkan siapkan ikan dalam sebuah wadah atau baskom. Lalu kemudian kucuri ikan dengan air perasan jeruk nipis secara merata dan taburi dengan menggunakan garam dan aduk-aduk dengan merata. 

  2. Bila sudah dilumuri dengan bumbu ini maka silahkan diamkan selama beberapa saat agar bumbu meresap kedalam ikan dengan merata.

  3. Kemudian setelah itu, tambahkan merica dan kecap manis bersama dengan minyak. Aduk-aduk semua sajian ini dengan merata sampai bumbu tercampur dan terlumuri kedalamnya. 

  4. Selanjutnya baru diamkan semua bahan ini selama kurang lebih 30 menit agar bumbu meresap kedalamnya dengan merata. 

  5. Bila sudah selesai maka anda akan dapat menyiapkan pembakaran sebaiknya gunakan pembakaran dari arang agar rasa daging ikan kali ini lebih meresap dan lebih enak.

  6. Bakar ikan sampai matang dan meresap dengan merata. Jangan lupa untuk dibulak-balik agar daging ikan tidak gosong dan matang secara merata.

  7. Untuk membuat sambal anda akan dapat melakukannya dengan mengaduk rata semua bahan menjadi satu. Sambil ditekan-tekan dengan menggunakan sendok dengan merata. Lalu siramkan sambal ini diatas ikan bakar.

Catatan Resep

Setelah matang dan selesai maka sajian ini akan dapat anda hidangkan dalam wadah dan dinikmati selagi masih hangat.

Loading...

Leave a Reply






Show Buttons
Hide Buttons