Koleksi Resep Menu Buka Puasa dari Olahan Ikan yang Enak dan Mantap

Sajikan dan nikmati aneka menu buka puasa di rumah yang enak dan sedap untuk keluarga. Olahan ikan cue menjadi bahan makanan yang sedap dan seringkali disajikan di rumah. Nah, untuk anda yang menginginkan hidangan enak dari olahan ikan maka mari simak informasinya dibawah ini.

Resep Menu Buka Puasa Ikan Cue Sambal Kacang yang Enak dan Garing

Bahan-Bahan:

  • 6 ekor ikan cue kecil
  • 1 sendok makan air jeruk nipis

Bahan Sambal Tomat:

  • 25 gram kacang tanah
  • 1/2 sendok teh terasi
  • 5 buah cabai merah besar, digoreng
  • 2 siung bawang putih, digoreng
  • 2 buah tomat, digoreng
  • 8 butir bawang merah, digoreng
  • 1 3/4 sendok teh garam
  • 1 1/2 sendok teh air jeruk limao
  • 5 buah cabai merah keriting, digoreng
  • 3 buah cabai rawit merah, digoreng
  • 2 sendok makan gula merah
  • 50 ml air

Cara Membersihkan Ikan Cue:

  1. Cara pertama yang akan dapat anda lakukan adalah dengan membersihkan ikan curnya secara merata. Cara ini akan penting anda lakukan untuk memudahkan anda mengolah sajian kali ini dengan lebih sederhana.
  2. Adapun untuk membersihkan ikan cue akan dapat anda lakukan dengan cara bawa ikan ke tempat cucian dan bersihkan sajian ini dengan menggunakan air bersih.
  3. Silahkan mulailah membersihkan ikan dengan membersihkan insang ikan secara merata. Caranya adalah dengan mengait bagian insang dengan menggunakan tangan. Lalu bersihkan insang pada kedua bagian secara merata.
  4. Bila sudah bersih secara merata maka langkah selanjutnya adalah dengan membersihkan bagian perut ikan dengan merata. Caranya adalah kerat bagian perut ikan dengan menggunakan pisau.
  5. Setelah bersih dengan merata maka kucuri bagian perut ikan dengan merata menggunakan air bersih. Lalu kerat bagian badan ikan dengan menggunakan pisau pada kedua bagian.
  6. Cara diatas dilakukan agar bumbu yang dibaluti pada daging ikan bisa meresap sampai kebagian daging secara merata. Selain itu, agar daging ikan kering merata saat digoreng.
  7. Angkat ikan yang sudah dibersihkan secara merata lalu masukkan kedalam wadah dan tiriskan air cuciannya secara merata.
  8. Dalam wadah silahkan kucuri ikan dengan menggunakan air jeruk nipis dengan merata. Lalu aduk sampai semua bahan ini tercampur. Nah, setelah itu diamkan bahan ini agar bumbu meresap kedalam ikan secara merata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.

Cara Membuat Ikan Cue Sambal Kacang yang Enak dan Garing:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini caranya mudah dan sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan sebuah wajan diatas kompor dan nyalakan api yang sedang.
  2. Setelah wajan panas maka selanjutnya silahkan siapkan sebuah masukkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu sampai minyak menjadi lebih panas dan matang.
  3. Baru masukkan ikan cue kedalamnya dan goreng sajian ini sampai matang dan berwarna kecoklatan. Baru kemudian angkat dengan menggunakan saringan dan tiriskan minyaknya terlebih dahulu.
  4. Untuk membuat sambal tomat anda akan dapat membuatnya dengan cara menghaluskan terlebih dahulu cabai dengan menggunakan mesin blender. Lalu sisihkan dalam wadah.
  5. Setelah itu, goreng kacang tanah dalam minyak panas sambil terus diaduk dengan merata hingga bahan ini matang dengan merata.
  6. Angkat sajian ini dan masukkan kacang tanah dalam mesin blender lalu masukkan bersama dengan cabai dan tambahkan dengan terasi. Lalu halsukan semua bahan ini dengan merata.
  7. Masukkan cabai bersama dengan bawang merah dan bawang putih juga tomat dalam cobek yang lain dan tumbuk dengan kasar sajian ini dengan merata.
  8. Kemudian bumbui bahan sambal ini dengan menggunakan gula, garam dan juga air jeruk. Lalu aduk-aduk dengan merata sampai tercampur.
  9. Panaskan minyak sedikit saja dalam wajan lalu masukkan cabai kedalamnya dan tumis sampai harum dan merata. Lalu masukkan air dan masak sambil bahan ini diaduk denga merata. Masukkan ikan dan masak sajian ini sampai bumbu meresap kedalamnya.

Baru angkat setelah matang dan merata dan sajikan hidangan ini bersama dengan sambal kacang yang sudah anda buat sebelumnya.

Resep Tumis Kangkung Ikan Cue yang Enak dan Mantap

Bahan-Bahan:

  • 2 ikat kangkung
  • 75 gram ikan pindang
  • 1 sendok teh garam
  • 4 butir bawang merah, iris tipis
  • 2 buah cabai hijau, potong serong
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Persiapan Membuat Tumis Kangkung Ikan Cue yang Enak dan Mantap:

  1. Untuk cara pertama yang akan dapat anda lakukan adalah dengan terlebih dahulu mempersiapkan beberapa bahan yang ada pada resep yang perlu kita olah terlebih dahulu sebelum sajian ini dimasak dan dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya.
  2. Bahan pertama yang akan perlu untuk anda persiapkan terlebih dahulu adalah kangkungnya. Silahkan siapkan sebuah pisau dan ambil sebuah tatakan untuk kemudian petiki kangkung dengan merata.
  3. Jangan ambil bagian yang sudah tua sebab nantinya bagian ini akan terasa alot pada saat dimasak. Maka dari itu, buang bagian ujung batang kangkung dan ambil bagian yang dekat dengan daun saja.
  4. Nah, selesai dengan memetiki kangkung maka langkah selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah dengan mempersiapkan ikan pindangnya.
  5. Bawa ikan pindang dan masukkan kedalam wadah untuk kemudian suwir-suwir ikan pindang secara merata dengan menggunakan tangan. Sisihkan dalam wadah bila memang anda sudah selesai melakukannya.
  6. Selanjutnya anda akan siap untuk membuat sajian kali ini. Maka dari itu mari simak langkah berikutnya untuk membuat sajian kangkung ikan cue dibawah ini.

Cara Membuat Tumis Kangkung Ikan Cue yang Enak dan Mantap:

1.Cara pertama yang akan dapat anda lakukan untuk membuat sajian kali ini adalah dengan terlebih dahulu menyipkan sebuah wajan diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang. Setelah panas maka anda akan dapat menuangkan sedikit minyak kedalamnya.

  1. Setelah itu, baru tumis beberapa bahan seperti halnya bawang merah, cabai hijau bersama dengan bawang putih. Aduk-aduk semua bahan ini secara merata.
  2. Nah, setelah harum maka anda akan dapat memasukkan kangkung kedalamnya dan aduk-aduk semua sajian ini dengan merata sampai layu.
  3. Kemudian bumbui dengan menggunakan garam dan tambahkan dengan merica bubuk bersama dengan gula pasir. Lalu aduk semua sajian ini dengan merata.
  4. Steelah itu, baru masukkan pindang ikan cue kedalamnya dan masak sajian ini sampai merata.

Angkat bila kangkung sudah matang dan sajian ini akan tentu dapat anda sajikan di rumah untuk sajian menu buka puasa yang enak dan lezat.

 

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons