Koleksi Resep Ayam yang Enak dan Lezat

 

Resep Membuat Ayam Tumis Saus Kecap Jahe Kreasi Mudah

Kreasi mudah sajian ayam tumis saus kecap jahe yang mantap yang resepnya bisa anda simak dibawah ini. 

Sajian Main Course
Masakan Indonesian
Keyword Ayam goreng kecap, ayam goreng rumis, ayam tumis
Waktu Persiapan 20 menit
Waktu Memasak 25 menit
Total Waktu 45 menit
Porsi 4 Orang
Kalori 245.9 kcal

Bahan-bahan

Bahan-Bahan

  • 250 gram ayam potong 4
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • Sejumput garam
  • Secukupnya merica

Bahan dan Bumbu

  • 3 siung bawang putih
  • secukupnya kecap manis
  • 1 sdm saus tiram
  • secukupnya jahe
  • 12 buah bawang bombay
  • 1 batang serai

Langkah-langkah

Cara Membersihkan Ayam

  1. Sebelum kita mengatahui cara meracik sajian bumbu ayam kali ini. Akan lebih baik bila kita dahulukan cara membersihkan ayam. Beberapa langkah tata cara membersihkan ayam kali ini akan membantu ibu membuat sajian kali ini dengan lebih mudah dan lebih memahami metode membersihkan ayam yang baik. 

  2. Caranya anda dapat melakukannya dengan menyiapkan sebuah tatakan, pisau dan sebuah baskom. Potong terlebih dahulu ayam sebelum dibersihkan secara merata. Anda bisa memotong ayam dengan tiga bagian atau sesuaikan ukuran potongan ayam dengan selera anda. 

  3. Bila sudah selesai dipotong dengan merata silahkan masukkan ayam ke dalam baskom untuk kemudian sajian ini akan dapat anda bawa ke tempat cucian untuk dibersihkan secara merata.

  4. Bilas ayam dibawah air yang mengalir dan pastikan tidak ada bulu ayam yang masih tersisa pada kulit dan permukaannya. Kemudian pastikan pula lendir pada ayam dibersihkan dengan merata. 

  5. Selesai dengan membersihkan ayam maka silahkan masukkan sajian ini kedalam wadah dan tiriskan kembali air cuciannya sampai kering.

  6. Lumuri ayam dengan menggunakan air perasan jeruk nipis dan aduk dengan merata. Lalu tambahkan garam dan merica kemudian aduk kembali semua sajian ini dengan merata. 

  7. Diamkan ayam sementara selama kurang lebih 15 menit agar bumbu perendam ini meresap kedalamnya dengan merata. Dengan memberikan bumbu ini maka bau amis dan lendir pada ayam akan dapat dibersihkan dengan merata.

Cara Membuat Ayam Tumis Kecap

  1. Untuk membuat hidangan kali ini cara yang akan dapat anda lakukan cukup mudah dan sederhana. Siakan pisau dan sebuah tatakan. Lalu iris beberapa bahan yang ada pada bumbu seperti jahe, bawang bombay dan juga bawang putih secara merata. Iris semua bahan ini dengan tipis.

  2. Setelah selesai maka silahkan siapkan sebuah wajan diatas kompor dan panaskan dengan menggunakan api yang sedang. Lalu tuangkan minyak goreng kedalamnya dengan merata.

  3. Bila minyak sudah panas dengan merata maka silahkan tumis bumbu yang sudah anda iris dengan merata diatas. Aduk-aduk semua sajian ini dengan merata dan pastikan tercium harum yang mana ini artinya tumisan bumbu sudah matang.

  4. Memarkan serai dan aduk serta tumis dengan bumbu yang sedang anda masak. Setelah cukup harum maka silahkan masukkan ayam kedalamnya dan aduk-aduk sampai tercampur dengan bumbu.

  5. Masukkan sebanyak 1 1/2 gelas air kedalam tumisan bumbu dan tuangkan pula kecap manis bersama dengan saus tiram. Lalu tambahkan garam bersama dengan gula dan penyedap bila anda suka. Lalu aduk semua sjaian ini dengan merata.

  6. Tutup dan ungkep sajian ini sampai kuah rebusan menjadi lebih surut dan bumbu menjadi lebih mengental dengan merata. Cicipi pula bumbunya bila anda merasa kurang pas maka jangan sungkan untuk menambahkan lebih banyak bumbu kedalamnya. 

Catatan Resep

Nah, setelah matang sajian ini akan tentu dapat anda masukkan kedalam wadah dan sajikan. Taburi bagian atasnya dengan menggunakan bawang goreng untuk memberikan rasa yang lebih enak dan sedap.

Resep Ayam Goreng Lengkuas yang Enak dan Gurih

Aneka resep ayam mudah yang akan tentu dapat anda buat di rumah. Mari simak kumpulan resepnya dibawah ini.

Sajian Main Course
Masakan Indonesian
Keyword ayam goreng enak, ayam goreng lengkuas
Waktu Persiapan 20 menit
Waktu Memasak 25 menit
Total Waktu 45 menit
Porsi 4 Orang
Kalori 245.9 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan

  • 1 ekor Ayam Potong dan bersihkan
  • 3 siung bawang putih haluskan
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • Sejumput garam

Bumbu-Bumbu

  • 4 jari lengkuas parut
  • 2 sdt ketumbar
  • 2 biji bawang merah
  • 5 biji bawang putih kating
  • 2 butir kemiri
  • 1 sdt merica
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 jari kunyit
  • 3 lembar daun salam
  • Secukupnya minyak goreng
  • 1 batang sereh
  • 1 sdm margarin
  • 3 sdm garam
  • 1 sdt kaldu ayam

Langkah-langkah

Persiapan

  1. Langkah pertama yang akan kita lakukan untuk membuat sajian kali ini adalah dengan terlebih dahulu mempersiapkan ayam dan bersihkan bahan utama ini dengan merata. Cara ini penting dilakukan guna memudahkan anda membuat sajian kali ini. Maka dari itu, mari simak langkah membersihkan ayam dibawah ini.

  2. Siapkan terlebih dahulu sebuah tatakan dan sebuah pisau juga sebuah wadah. Lalu masukkan ayam kedalam wadah. Sebelum ayam dibersihkan, bahan ini perlu kita potong terlebih dahulu. Bagi ayam menjadi 8 bagian secara merata.

  3. Bila sudah selesai masukkan kembali kedalam baskom dan bawa ke tempat cucian. Bersihkan ayam dengan merata dan pastikan tidak ada sisa bulu yang terdapat pada kulit dan permukaan daging ayam. Bersihkan pula lendir pada tubuh ayam dengan merata.

  4. Nah, setelah bersih secara merata maka masukkan kedalam baskom dan angkat bahan ini dari cucian. Untuk selanjutnya silahkan tiriskan air cuciannya dengan merata.

  5. Kemudian setelah itu, lumuri ayam dengan bawang putih yang sudah dihaluskan dan tambahkan pula garam bersama dengan perasan air jeruk nipis secara merata. Lalu aduk-aduk semua bahan ini dengan merata. 

  6. Bila sudah selesai maka bahan ini akan dapat anda sisihkan sementara sebelum sajian ini dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya. Diamkan ayam dengan bumbu lumuran ini selama kurang lebih 15 menit agar meresap. 

Cara Membuat

  1. Nah, setelah selesai dengan langkah persiapan diatas maka langkah selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah mulai meracik bumbu untuk sajian kali ini. Caranya adalah dengan menyiapkan sebuah cobek dan ulekan.

  2. Lalu masukkan semua bumbu-bumbu kedalamnya kecuali minyak dan juga margarin. Haluskan bumbu tersebut secara merata.

  3. Setelah itu, siapkan sebuah wajan diatas kompor dan nyalakan api yang sedang. Kemudian masukkan sedikit minyak dan tunggu sampai minyak dalam wajan menjadi lebih panas secara merata.

  4. Masukkan bumbu halus kedalamnya dan aduk-aduk semua bumbu ini secara merata sampai tercium bau harum yang enak.

  5. Tambahkan sebanyak 2 gelas air bersih kedalamnya dan tuangkan daun jeruk bersama dengan serai dan juga dan daun salam. Lalu aduk-aduk kembali dan tunggu sampai bumbu ini mendidih.

  6. Masukkan ayam kedalamnya dan ungkep sampai empuk dan matang dengan merata kira-kira selama 20 sampai dengan 25 menit. Atau sampai air ungkepan dalam wajan menjadi surut.

  7. Apabila sudah selesai maka matikan kompit dan diamkan sebentar sampai bumbu meresap dan lebih dingin pada suhu ruangan

  8. Baru setelah itu, anda akan senantiasa dapat menyiapkan sebuah kompor diatas wajan dan masukkan minyak goreng kedalamnya seuckypnya saja. Lalu kemudian masukkan ayam dan tambahkan sedikit margarin pada minyak untuk menggoreng ayam.Cara ini adalah rahasia dibalik warna ayam yang kekuningan dan cantik.

  9. Nah, ketika sudah matang maka angkat sajian ini dan sisihkan menggunakan serokan lalu masukkan kedaalm wadah atau piring saji. 

  10. Terakhir, goreng sisa ungkepan bumbu yang berisikan parutan lengkuas dengan merata. Goreng sampai kering dan berwarna kecoklatam.

Baca juga: Resep dan cara memasak opor ayam

Resep Ayam Kubus Saus Teriyaki yang Gurih dan Renyah

Sajian ayam kubus saus teriyaki yang enak dan mantap yang akan tentu dapat anda buat di rumah dengan mudah dan sederhana. 

Sajian Main Course
Masakan Indonesian
Keyword ayam goreng tepung, ayam pop, ayam teriyaki, chicken pop
Waktu Persiapan 25 menit
Waktu Memasak 10 menit
Total Waktu 35 menit
Porsi 2 Orang
Kalori 245.9 kcal

Bahan-bahan

Bahan Ayam Goreng Tepung

  • 100 gram ayam fillet potong kubus
  • 2 sdm saus teriyaki
  • 20 gram tepung terigu
  • 1 butir telur

Bahan Saus Teriyaki

  • 1 sdm air lemon
  • 2 sdm minyak wijen
  • 5 sdm saus teriyaki

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Ayam Tepung

  1. Cara yang pertama yang akan dapat anda lakukan untuk membuat sajian kali ini adalah dengan membersihkan ayam terlebih dahulu. Untuk itu, silahkan siapkan pisau dan sebuah tatakan.

  2. Potong-potong ayam dengan bentuk kubus ukuran yang tidak terlalu kecil. Lalu masukkan sajian ini kedalam wadah untuk kemudian bawa sajian ini ke tempat cucian.

  3. Ditempat cucian bersihkan ayam dengan merata menggunakan air bersih yang mengalir. Lalu kemudian pastikan bila kotoran dibersihkan dengan merata dengan sedikit meremas-remas ayam ketika bahan ini dibersihkan.

  4. Selanjutnya angkat dan masukkan ayam kembali kedalam wadah dan tiriskan sementara air cuciannya sampai kering dan merata. Lalu sisihkan sementara sebelum bahan ini dicampurkan dengan bahan lainnya.

  5. Kucuri ayam yang sudah dibersihkan dengan menggunakan perasan air jeruk nipis. Lalu aduk dengan merata dan berikan sedikit garam. Kemudian campurkan kembali dengan merata. Sisihkan selama kurang lebih 15 menit.

  6. Setelah itu, siapkan sebuah wadah dengan bagian atas yang terbuka semisal piring namun tidak terlalu ceper. Pecahkan telur diatasnya dengan merata lalu kemudian anda akan dapat mengocok telur dengan lepas dan merata.

  7. Bila sudah selesai siapkan sebuah baskom lalu masukkan ayam kedalamnya dan tuangkan saus teriyaki untuk kemudian aduk-aduk dengan menggunakan tangan agar semua sajian ini tercampur dengan merata.

  8. Diamkan selama kurang lebih 30 menit dan masukkan kedalam lemari es agar bumbu meresap kedalamnya dengan merata.

  9. Celupkan ayam kdalam telur yang sudah dikocok sebelumnya. Lalu balurkan diatas tepung terigu dan pastikan semua bagian ayam terselimuti dengan tepung secara merata.

  10. Siapkan sebuah wajan dan panaskan dengan api yag sedang lalu masukkan minyak kedalamya dan tunggu sampai minyak menjadi lebih panas dan merata.

  11. Masukkan ayam dan goreng hingga berwarna kuning keemasan. Aduk-aduk saat menggoreng ayam agar ayam matang dengan merata. Baru setelah kuning dan matang angkat sajian ini dengan menggunakan serokan.

Cara Membuat Saus Teriyaki

  1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan mudah dan sederhana. Cara pertama yang akan dapat menyiapkan sebuah wadah dengan ukuran yang agak besar namun terdapat tutup dibagian atasnya.

  2. Siapkan pula wadah mangkuk kecil dan campurkan saus teriyaki kedalamnya bersama dengan air lemon dan berikan minyak wijen kedalamnya. Aduka-duk semua sajian ini dengan sendok sampai merata dan tercampur.

  3. Baru setelah itu, tuangkan ayam dalam wadah besar diatas kemudian tuangkan suas teriyaki keatasnya dan aduk-aduk semua sajian ini dengan mengocoknya secara merata.

  4. Nah, setelah tercampur maka kemudian anda akan dapat menuangkan ayam goreng tepung saus teriyaki dalam wadah dan taburi dengan biji wijen yang sudah disangrai.

Catatan Resep

Kini sajian ayam kubus saus teriyaki sudah matang dan anda akan siap untuk menikmati sajian ini di rumah.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Show Buttons
Hide Buttons