Ketahui Tips Menyimpan Tahu Agar Tahan Lama dan Tidak Mudah Basi

Memiliki persediaan bahan makanan yang dapat disimpan dengan lama akan tentu memberikan keuntungan yang banyak untuk kita para ibu di rumah. Pasalnya dengan begini maka tentunya kita tidak perlu terus menerus belanja makanan setiap hari setiap kali hendak memasak.

Belum lagi, seperti yang kita ketahui bahwa proses mengolah makanan menjadi sajian yang sudah jadi bukanlah proses yang mudah dan cepat. Ada beberapa bahan makanan yang proses mengolahnya menghabiskan waktu yang cukup lama. Nah, ketika ditambah dengan kegiatan berbelanja setiap kali hendak memasak. Maka berapa banyak waktu yang ibu habiskan untuk menyiapkan hidangan makanan setiap kali waktu makan tiba?

Hal semacam ini akan tentu menyita banyak waktu dan mungkin anggota keluarga yang sudah kelaparan tidak bisa menanti sedemikian lama untuk bisa menikmati sajian ini. Untuk itulah, menyediakan bahan makanan di rumah menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Ketahui Tips Menyimpan Tahu Agar Tahan Lama dan Tidak Mudah Basi

Ketahui Tips Menyimpan Tahu Agar Tahan Lama dan Tidak Mudah Basi

Akan tetapi, sayangnya tidak semua bahan makanan yang disupplay di rumah memiliki ketahanan yang lama. Semisal seperti tahu yang mana kita ketahui bahwa bahan yang satu ini benar-benar serapuh dengan teksturnya.

Jangankan disimpan dalam waktu yang lama satu hari dan keesokan harinya tahu mungkin sudah terasa asam atau basi. Namun kali ini kami berikan tips menyimpan tahu agar tahan lama dan tidak mudah basi. Bahkan tips ini memungkinkan anda untuk bisa menyimpan tahu selama 7 hari tanpa rasa basi.

Perhatikan Kondisi Tahu Saat Membelinya

Hal penting yang perlu diperhatikan untuk menyimpan tahu dalam waktu yang lama dan memiliki ketahanan yang cukup tinggi adalah ketika anda membelinya di pasar atau di tukang sayur. Kesalahan paling umum dalam menyimpan tahu meski sudah memperhatikan tips menyimpan tahu agar tahan lama adalah terletak dari poin ini.

Untuk itulah, poin yang satu ini menjadi hal penting yang perlu diperhatikan dengan baik. Ketika anda membeli tahu dari pasar maka perhatikan dengan baik kondisi dari tahu itu sendiri. Lihat bagaimana kesegaran dari tahu yang anda beli.

Pastikan anda membeli tahu yang segar dan tidak berlendir atau airnya yang kotor. Sebab tahu yang demikian bukan lagi tahu yang segar dan bahkan mungkin ketika anda membeli tahu yang seperti ini maka sama artinya dengan anda membeli tahu yang sudah tidak layak konsumsi.

Oleh karenanya, ketika membeli tahu meski itu di supermarket sekalipun maka penting sekali memperhatikan masalah ini dengan baik. Ketika anda membeli tahu yang segar maka anda akan dapat menyimpan tahu lebih lama sesuai dengan anjuran dari tips kali ini.

Buang Air Tahu

Nah, satu lagi kesalahan yang sepertinya seringkali dilakukan oleh para ibu dan bunda di rumah ketika membeli tahu. Kecenderungan menganggap bahwa tahu memang seharusnya direndam pada air rendaman yang didapatkan dari tahu di pasar adalah hal yang keliru. Dan hal inilah yang mempengaruhi ketahanan dari si tahu itu sendiri.

Jadi demikian, untuk menjaga agar tahu lebih tahan lama dan bunda akan dapat menggunakannya kapan saja bunda membutuhkannya meski tidak di waktu yang sama. Maka perhatikan untuk membuang air tahu yang aslinya. Jangan pernah diamkan tahu didalam rendaman air tersebut karena hal ini akan dapat merusak tahu.

Cuci Tahu

Selanjutnya setelah anda membuang air tahu yang anda dapatkan ketika anda membeli tahu di pasar atau di supermaket maka segeralah cuci tahu sampai bersih. Hanya saja, dikarenakan tekstur dari tahu yang begitu lembut dan rapuh maka ketika anda membersihkan sajian ini maka penting sekali untuk melakukannya dengan perlahan.

Anda bisa mencuci tahu dengan menggunakan air bersih yang mengalir dari keran. Ketika mencuci tahu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yakni lendir yang ada pada tahu dan bau dari tahu itu sendiri.

Tehnik pencucian dilakukan untuk menghilangkan kedua hal ini dari tahu yang baru anda beli. Jadi pastikan ketika anda mencucinya kedua bau dan lendir pada tahu dapat dibersihkan secara merata sehingga tahu menjadi lebih tahan lama dan awet.

Perlu diketahu didalam lendir tahu terdapat jamur dan bakteri yang mempermudah kerusakan pada tahu. Hal inipulahlah yang membuat tahu mengeluarkan aroma tidak sedap. Namun dengan membersihkannya anda bisa menghilangkan jamur dan bakteri yang ada pada tahu meski tidak secara keseluruhan.

Ganti Wadah Tahu

Selain mencuci tahu dengan menggunakan air yang bersih. Hal penting lain yang perlu untuk anda lakukan selanjutnya adalah dengan mengganti wadah tahu itu sendiri. Hal ini menjadi tips penting yang perlu diperhatikan dengan baik sebab mungkin kebanyakan ibu yang menghadapi kegagalan dalam menyimpan tahu dalam waktu yang lama mungkin disebabkan karena mereka masih menggunakan wadah yang sama saat menyimpan tahu.

Untuk itulah, meski tahu yang ibu beli datang dalam kemasan wadah yang kuat atau menarik, namun jangan pernah menyimpannya didalam kulkas dengan wadah yang sama. Sebab hal ini akan mungkin membuat tahu yang anda simpan tidak akan bertahan lama.

Sebaliknya, ketika selesai mencuci tahu maka silahkan ganti secara langsung dengan menggunakan wadah yang baru. Upayakan pemilihan wadah adalah wadah yang kedap udara dengan penutup yang anti tumpah. Wadah semacam ini akan dapat memungkinkan tahu disimpan dengan aman didalamnya dan jamur atau bakteri dari bahan lain ketika dimasukkan dalam lemari es tidak akan bersentuhan dengan tahu.

Rendam Tahu dengan Air Bersih

Usai mendapatkan wadah untuk menyimpan tahu yang aman agar lebih tahan lama. Maka selanjutnya penting sekali untuk anda memperhatikan air yang digunakan untuk merendam tahu yang anda simpan. Jangan berikan pewarna atau jenis air lain untuk merendam tahu.

Anda akan cukup menggunakan air bersih yang higienis. Dengan begini maka tahu tidak akan terkontaminasi dengan bahan-bahan lainnya yang berpotensi merusak tahu. Bila perlu anda bisa menggunakan air mineral atau menggunakan air minum yang sudah dimasak.

Rebus Tahu dengan Air Garam

Cara lain yang akan dapat memberikan ketahanan pada tahu yang anda masak adalah dengan merebus tahu didalam air garam. Rebus tahu selama kurang lebih 4 menit sampai garam meresap kedalamnya dan mengunci partikel pada tahu menjadi lebih awet.

Hanya saja, meski anda sudah merebus dengan menggunakan air garam bukan berarti ketika anda menyimpan tahu. Anda lantas menggunakan air yang sama pada saat anda merebusnya. Silahkan ganti air dengan menggunakan air bersih dan simpan tahu dalam lemari es agar awet. Cara ini akan memberikan ketahanan lebih lama bahkan sampai 1 minggu pada tahu yang anda simpan.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Show Buttons
Hide Buttons