Cara Mudah dan Ampuh Agar Cepat Tidur

Cara Mudah dan Ampuh Agar Cepat Tidur – Anda susah tidur? Sudah tidur di malam hari akan membuat anda terjaga semalaman yang mengakibatkan anda kekurangan waktu istirahat. Saat pagi harinya tubuh akan terasa lemas dan tidak fresh. Hal ini tentu akan mengganggu aktifitas anda, apalagi jika susah tidur dialami setiap hari. Selain itu, kurang tidur juga akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Oleh karena itu, diperlukan cara agar cepat tidur yang bisa anda lakukan. Diketahui ada beberapa cara mudah dan ampuh yang bisa anda lakukan agar cepat tidur seperti berikut ini.

Cara Mudah dan Ampuh Agar Cepat Tidur

Beberapa cara cepat tidur yang bisa anda praktikan dengan mudah di rumah. Yuk simak di bawah ini.

Buat Kondisi Kamar Nyaman

Cara Mudah dan Ampuh Agar Cepat Tidur

Agar anda mudah tertidur, pastikan kondisi kamar anda nyaman. Anda bisa menggunakan seprai atau bantal dari bahan yang lembut, misalkan produk yang terbuat dari bulu angsa karena akan memberikan kenyamanan saat tidur. Selain itu, pastikan suasana kamar tidur sejuk dan meredupkan lampu kamar agar mudah terlelap.

Tidur Pada Jam yang Sama

Cara cepat tidur pertama yang bisa anda lakukan yaitu menerapkan waktu tidur yang sama. Cobalah disiplin untuk tidur pada waktu yang sama. Anda harus tidur dan bangun pada jam yang sama dalam setiap harinya. Dengan begitu tubuh akan terbiasa untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama.

Jangan Menggunakan Barang Elektronik Sebelum Tidur

Sebelum tidur atau setidaknya 1,5 jam sebelum tidur anda harus berhenti menggunakan barang elektronik. Hindari semua interaksi dengan barang elektronik agar anda bisa dengan mudah terlelap untuk tidur. Jika anda bangun saat malam hari, jangan menyalakan ponsel. Pasalnya, cahaya yang berasal dari ponsel akan membuat produksi hormon melatonin mengalami penurunan dan menyebabkan tidur anda terganggu.

Baca Juga  Video Resep dan Cara Membuat Nasi Goreng Jambal Roti

Mandi dengan Menggunakan Air Hangat

Sebelum tidur anda bisa mandi dengan menggunakan air hangat. Air hangat diketahui akan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Efeknya anda akan menjadi mudah mengantuk dan tidur anda akan menjadi lebih nyenyak saat malam hari.

Hindari Konsumsi Makanan dan Minuman Tertentu

Beberapa makanan dan minuman tertentu sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi sebelum tidur. Salah satu makanan yang harus anda hindari sebelum tidur yaitu makanan yang mengandung lemak tinggi. Mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak tinggi akan membuat tubuh anda bekerja keras untuk dapat menghancurkan lemak tersebut. Hal ini akan berdampak dan membuat anda sulit untuk tidur.

Selain makanan yang mengandung lemak tinggi, sebaiknya anda hindari juga konsumsi minuman yang mengandung tinggi kafein sebelum tidur, contohnya kopi karena akan membuat anda tetap terjaga selama semalaman.

Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dengan cukup sebelum tidur diketahui akan membuat cepat tidur. Anda bisa mengonsumsi makanan tersebut beberapa jam sebelum tidur. Karbohidrat diketahui akan dapat membuat hormon tryptophan meningkat dan membuat anda mudah untuk mengantuk.

Latihan Pernapasan

Cara lainnya yang bisa dilakukan agar mudah tidur saat malam hari yaitu dengan melakukan latihan pernapasan. Cara melakukan latihan pernapasan sangat mudah. Anda bisa menarik napas melalui hidung, lakukan empat hitungan. Lalu tahan napas anda sebanyak tujuh hitungan. Kemudian napas dibuang dengan pelan dari mulut selama delapan hitungan. Anda bisa melakukannya sebanyak empat kali. Latihan pernapasan seperti ini akan membuat anda lebih rileks jika dilakukan dengan rutin dan membuat anda lebih mudah tertidur.

Itulah beberapa cara cepat tidur yang bisa anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar