5 Cara Menyimpan Kentang Agar Tahan Lama dan Tidak Cepat Busuk

Banyak sekali sajian berbahan dasar kentang yang bisa kita buat untuk menu makan. Sehingga membeli kentang dalam jumlah banyak sekaligus sering anda lakukan agar lebih praktis jika ingin mengolah kentang. Hal itu tentunya boleh saja dilakukan yang terpenting anda harus mengetahui cara menyimpan kentang yang tepat supaya tahan lama dan tidak mudah busuk.

Cara Menyimpan Kentang

Cara Menyimpan Kentang Agar Tahan Lama dan Tidak Cepat Busuk

Berikut ini beberapa tips cara menyimpan kentang yang dapat anda lakukan supaya kentang tetap segar dan tahan lama.

Pilih Kentang yang Segar

Cara Menyimpan Kentang

Untuk anda yang sering menyetok bahan makanan, anda mungkin sering membeli bahan makanan dalam jumlah banyak, termasuk kentang. Yuk perhatikan tips memilih kentang seperti berikut ini.

  • Tips pertama agar kentang awet dan tidak mudah busuk yaitu membeli kentang yang segar. Kentang yang kondisinya masih segar lebih lama waktu simpannya.
  • Selain itu, pilihlah kentang yang tidak bertunas, dengan tekstur yang agak keras serta kondisinya masih bagus alias tidak busuk.
  • Sebaiknya anda juga jangan memilih kentang yang warnanya hijau. Kentang yang masih hijau biasanya masih muda dan rasanya pahit.
  • Anda harus membeli kentang dengan warna kekuningan, serta permukaannya tidak bergelombang.
  • Apabila anda sudah terlanjur membeli kentang yang kondisinya kurang segar, anda dapat memisahkan kentang yang sudah rusak dengan kentang yang masih segar. Jangan disimpan terlalu lama anda bisa segera menggunakan kentang tersebut. Selain itu, kentang yang sudah rusak bisa anda potong, lalu buang bagian yang rusaknya. Untuk bagian yang masih segar bisa direndam dengan menggunakan air dingin. Bisa disimpan maksimal selama 1 hari.

Baca juga : Cara Menyimpan Bumbu Giling

Jangan Mencuci Kentang

Cara Menyimpan Kentang

Ketika membeli kentang di pasar, biasanya kita mendapati kentang keadaannya masih kotor. Sehingga banyak yang mencuci kentang terlebih dahulu sebelum disimpan. Padahal kentang yang kondisinya lembab akan cepat busuk.

Jadi jangan mencuci kentang terlebih dahulu. Pastikan kentang keadaannya kering supaya tidak ditumbuhi jamur. Kentang bisa anda cuci sebelum diolah menjadi masakan. Atau anda bisa membersihkan kentang dengan mengelapnya kering agar lebih bersih.

Simpan Kentang di Tempat yang Kering

Cara Menyimpan Kentang

Pada suhu ruangan sebenarnya kentang bertahan 1 hingga 2 minggu. Akan tetapi supaya kentang lebih tahan lama anda bisa menyimpannya di tempat yang kering.

  • Silakan simpan kentang di tempat kering, tidak terpapar oleh sinar matahari dan tidak lembab.
  • Jika sesuai suhu, suhu 6 hingga 7 derajat Celcius yaitu suhu yang tepat. Pada suhu ini kentang dapat bertahan 2 hingga 3 bulan.
  • Anda bisa memasukan kentang ke dalam plastik yang sebelumnya telah dilubangi. Selain plastik, anda juga bisa menggunakan keranjang jaring. Lubang atau jaring sebagai sirkulasi udara supaya tidak lembab.
  • Lalu anda bisa menyimpannya pada lemari kering yang tidak terkena oleh cahaya langsung.
  • Selain itu, tips lainnya yaitu tidak menyimpan kentang pada kulkas sebab suhunya terlalu dingin, yang akan membuat kentang menjadi kehitaman pada saat dimasak.

Harus Sering Memeriksa Kesegaran Kentang

Cara Menyimpan Kentang

Tidak hanya kelembaban ataupun suhunya saja, ada banyak faktor lainnya yang dapat mempengaruhi kesegaran kentang yang anda simpan. Misalkan serangga atau penyakit.

Oleh karena itu, silakan cek kentang yang anda simpan dengan rutin. Kemudian pilihlah kentang yang hampir busuk. Lalu kentang yang hampir busuk silakan terlebih dahulu gunakan untuk dimasak.

Menyimpannya Dalam Freezer Bisa Menjadi Solusi

Cara Menyimpan Kentang

Untuk menyimpan kentang dalam jangka panjang, freezer dapat dijadikan alternatif. Diketahui kentang akan tahan selama sekitar 10 hingga 12 bulan jika keadaannya beku. Hanya saja, kentang yang dapat disimpan pada freezer yaitu kentang yang keadaannya matang, bukan kentang yang masih mentah.

Nah, sebelum menyimpan kentang silakan rebus terlebih dahulu kentang. Kemudian anda bisa membekukannya.

Lihat juga : Tips Membuat Kulit Ayam Krispi yang Gurih dan Lezat

Itulah beberapa cara menyimpan kentang agar tahan lama dan tidak mudah busuk. Semoga bermanfaat.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons