Cara Menyimpan Bumbu Giling Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Sebelum memasak biasanya bumbu akan dihaluskan terlebih dahulu. Agar memasak menjadi lebih praktis, anda bisa menghaluskan terlebih dahulu bumbu dalam jumlah banyak dan menyimpannya pada tempat khusus. Kemudian jika akan memasak, anda bisa langsung menggunakannya.

Menyimpan bumbu giling harus dilakukan dengan baik dan benar agar bumbu tidak mudah basi dan tetap awet. Nah, berikut ini cara menyimpan bumbu giling basah dan bumbu giling kering agar awet dan tahan lama.

Baca juga : Cara Menyimpan Bawang

Cara Menyimpan Bumbu Basah Giling

Menyimpan bumbu giling basah harus dilakukan dengan baik dan benar. Berikut cara menyimpan bumbu basah giling yang sudah matang dan masih mentah.

Bumbu Basah Giling yang Sudah Matang

Cara Menyimpan Bumbu Giling

Menumis bumbu dapat anda lakukan sebelum menyimpan bumbu. Menumis atau memasak bumbu dengan menggunakan suhu panas cukup akan dapat membunuh mikroba yang terdapat di dalam bumbu. Sehingga dengan menumis bumbu terlebih dahulu akan membuat bumbu awet. Dengan cara ini bumbu akan bertahan selama 2 hingga 4 minggu pada suhu ruangan, serta selama 2 hingga 3 bulan jika disimpan di dalam lemari pendingin.

Jika bumbu giling sudah ditumis, anda bisa menyimpannya pada wadah yang telah anda sediakan. Pastikan wadah yang digunakan sudah steril dan bersih. Apabila bumbu akan disimpan dalam glass jar, sebaiknya anda terlebih dahulu merebus jar selama 30 menit. Jika sudah, masukan bumbu giling yang sudah ditumis dan keadaannya masih panas ke dalam jar tersebut, tunggu beberapa saat hingga dingin. Lalu anda bisa menutupnya dan menyimpannya.

Bumbu Basah Giling yang Masih Mentah

Cara Menyimpan Bumbu Giling

Apabila anda tidak memiliki banyak waktu untuk menumis bumbu, bumbu giling yang masih mentah juga bisa langsung disimpan. Bumbu giling yang masih mentah bisa anda simpan di bagian bawah kulkas. Bumbu yang digunakan per hari bisa anda masukan ke dalam plastik yang transparan. Lalu anda bisa menutupnya dengan rapat.

Dengan menyimpannya di bagian bawah kulkas, bumbu giling akan bertahan 2 hingga 3 hari. Selain itu, cara lainnya yang dapat anda lakukan yaitu dengan menyimpannya di dalam freezer. Akan tetapi agar lebih mudah diambil ketika memasak, bumbu dituangkan ke dalam cetakan es batu cube. Dengan cara ini bumbu akan bertahan dalam waktu yang cukup lama yaitu sekitar 1 hingga 2 minggu.

Cara Menyimpan Bumbu Giling Kering

Cara Menyimpan Bumbu Giling

Selain bumbu basah, anda juga dapat menyimpan bumbu kering. Untuk bumbu yang kering, cara menyimpannya yang baik dan benar agar awet dan tahan lama yaitu dengan menjadikannya bentuk bubuk. Cara pertama yang harus dilakukan yaitu terlebih dahulu sangrai bumbu kering. Jika bumbu sudah mengeluarkan aroma harum, dan permukaan bijinya berwarna kecoklatan, anda bisa segera mengangkatnya. Lalu anda bisa mengangin-anginkannya terlebih dahulu sampai bumbu dingin. Kemudian bumbu digiling, lalu anda bisa menempatkannya pada toples yang bersih. Anda harus memberikannya label nama. Anda harus menempatkan bumbu tersebut pada tempat kering, serta tidak terpapar oleh matahari maupun panas.

Lihat juga : Tips Menyimpan Bumbu Dapur yang Benar Agar Tahan Lama

Itulah cara menyimpan bumbu giling agar awet dan tahan lama. Dengan cara di atas, bumbu akan menjadi awet serta kondisinya tetap bagus ketika digunakan. Menggunakan bumbu yang sudah digiling akan membuat waktu memasak anda menjadi lebih singkat. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

 

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons