3 Cara Mengolah Hati Sapi Agar Empuk dan Tidak Bau Amis

Cara Mengolah Hati Sapi Agar Empuk dan Tidak Bau Amis  РHati sapi merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan kandungan nutrisi, bisa diolah menjadi berbagai menu yang nikmat. Namun terkadang ketika mengolah hati sapi aroma amisnya tidak hilang dan teksturnya keras. Hal ini membuat olahan hati sapi kurang nikmat.

Agar olahan hati sapi empuk dan tidak bau amis, ada beberapa cara mengolah hati sapi yang dapat anda ikuti. Mulai dari memilih hati sapi yang segar hingga mengolah hati sapi dengan cara yang tepat. Nah, untuk mengetahui cara mengolah hati sapi agar empuk dan tidak bau amis, anda bisa simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga : Tips Cerdas Agar Gorengan Tidak Berminyak

Cara Mengolah Hati Sapi Agar Empuk

Cara Mengolah Hati Sapi Agar Empuk dan Tidak Bau Amis

Yuk simak beberapa cara mengolah hati sapi berikut ini untuk mendapatkan sajian yang lebih lezat dan nikmat.

Pilih Hati Sapi yang Segar

Cara Mengolah Hati Sapi Agar Empuk

Ketika membeli hati sapi, anda akan menemukan hati sapi dalam bentuk yang masih segar, sudah dibekukan atau sudah direbus. Dalam memilih hati sapi pastikan anda memperhatikan tips berikut ini.

  • Sebaiknya anda memilih hati sapi dalam bentuk yang masih segar.
  • Pilihlah hati sapi dengan warna merah tua, memiliki aroma yang segar dan tidak berlubang.

Bersihkan dan Olah dengan Benar

Cara Mengolah Hati Sapi Agar Empuk

Setelah anda membeli hati sapi, langkah berikutnya yaitu membersihkan hati sapi. Hati sapi boleh anda cuci, namun pastikan anda jangan mencucinya terlalu lama di bawah air. Ini dilakukan supaya sari hati sapi nantinya tidak keluar. Nah, saat mengolah hati sapi perhatikan beberapa hal ini.

  • Sebelum anda memasak atau menggunakan hati sapi, hati sapi biasanya direbus terlebih dahulu. Selain itu, hati sapi juga bisa dipanggang atau disangrai.
  • Ketika anda merebus hati sapi, disarankan anda merebusnya hanya setengah matang saja.
  • Hati sapi yang diolah dengan ditumis atau dipanggang akan membuat sari hati sapi keluar, akibatnya hati sapi akan terasa amis.
  • Ketika merebus hati sapi, sebaiknya anda merebusnya dalam air dingin dengan tambahan jahe dan daun salam. Ini dilakukan untuk menghilangkan aroma amis pada hati sapi.

Memasak Hati Sapi

Cara Mengolah Hati Sapi

Agar hati sapi tidak bau amis dan teksturnya tidak keras, anda bisa ikuti beberapa cara berikut ini.

  • Setelah hati sapi direbus, anda bisa menggorengnya dalam minyak yang panas sebentar saja. Anda bisa melakukan cara ini jika ingin tekstur hati bagian luarnya renyah.
  • Hati sapi yang akan ditumis juga tetap direbus dalam bumbu. Ketika merebus hati sapi sebaiknya anda jangan merebusnya terlalu lama supaya tekstur hati sapi tidak keras.
  • Ketika mengolah hati sapi sebaiknya anda menggunakan bumbu yang cukup banyak. Ini dilakukan agar dapat melumuri hati sapi, mengurangi aroma amisnya, serta bumbunya agar tetap terasa ketika anda menikmatinya.

Artikel menarik lainnya : Cara Agar Daging Cepat Empuk

Itulah cara mengolah hati sapi agar empuk dan tidak bau amis yang dapat anda coba saat mengolah hati sapi. Hati sapi itu sendiri dapat diolah menjadi berbagai sajian yang nikmat, baik digoreng, ditumis, dibuat sambal goreng ati dan lain sebagainya. Dinikmati dengan sepiring nasi hangat sajian ati akan terasa nikmat. Nah, agar olahan ati yang anda buat semakin lezat, aromanya tidak amis dan teksturnya empuk, anda bisa mengolahnya dengan tips di atas.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons