Cara Menghilangkan Minyak Pada Wajan dengan Mudah dan Efektif

Cara Menghilangkan Minyak Pada Wajan – Untuk anda yang hobi memasak, anda tentu sudah terbiasa dengan segala masalah yang anda hadapi ketika di dapur, termasuk wajan atau panci yang masih menyisakan minyak. Wajan kesayangan ditempeli dengan noda minyak tentunya akan membuat anda kesal. Terlebih lagi noda minyak tersebut sulit untuk dihilangkan.

Menghilangkan minyak pada wajan ternyata mudah untuk dilakukan. Anda butuh beberapa trik khusus agar minyak membandel pada wajan bisa dibersihkan dengan mudah sehingga wajan akan kembali bersih dan kegiatan memasak anda akan kembali menyenangkan.

Lantas seperti apa cara menghilangkan minyak pada wajan? Nah, untuk mengetahuinya anda bisa simak pada pembahasan di bawah ini.

Cara Menghilangkan Minyak Pada Wajan dengan Mudah dan Efektif

Membersihkan minyak pada wajan tidak cukup dengan mencucinya seperti biasa, namun dibutuhkan trik atau cara khusus agar minyak benar-benar hilang dan wajan kembali bersih seperti semula. Adapun cara menghilangkan minyak pada wajan dengan mudah dan praktis seperti berikut ini.

Baca juga : Tips Efektif dan Mudah Membersihkan Bekas Telur Gosong yang Menempel Pada Wajan

Rendam Wajan dengan Air Panas

Cara Menghilangkan Minyak Pada Wajan

Walaupun telah dicuci seringkali permukaan wajan tetap berminyak. Ketika wajan sudah kering pun, bekas minyak tetap menempel pada wajan dan menyebabkan bau yang tidak sedap. Nah, agar wajan anda tetap bersih dan noda minyak kembali cair, setelah digunakan wajan atau panci sebaiknya langsung direndam dengan menggunakan air panas. Kemudian tutup dan diamkan beberapa saat hingga bagian minyaknya menjadi luruh. Anda harus menutupnya dengan rapat supaya air nantinya tidak mudah dingin.

Selain itu, anda juga bisa merendamnya dengan menggunakan bahan asam. Bahan yang bersifat asam akan dapat mengangkat minyak membandel pada wajan ataupun alat masak lainnya. Selain menggunakan cuka, anda juga bisa menggunakan perasan air lemon. Namun, jangan menggunakannya terlalu banyak. Anda bisa menuangkannya sebanyak 1 sendok teh ke dalam air rendaman. Dengan seperti itu akan membuat wajan menjadi bersih, wangi dan kesat.

Merendam Wajan dengan Sabun

Cara Menghilangkan Minyak Pada Wajan

Ada satu lagi yang harus anda tambahkan yaitu air sabun. Air sabun akan dapat membantu mengangkat lemak yang menempel pada wajan, serta akan luruh ketika dibilas. Jika noda minyak yang menempel kuat dan tebal, anda bisa merendamnya selama kurang lebih 1 jam. Jika wajan sudah direndam selama satu jam, anda bisa menggosoknya sampai minyak luruh. Lalu anda bisa membilasnya dengan menggunakan air hangat.

Keringkan Wajan yang Telah Dibilas

Cara Menghilangkan Minyak Pada Wajan

Jika wajan sudah dibilas dengan menggunakan air hangat, anda  bisa langsung mengeringkannya dengan menggunakan tisu ataupun lap. Anda bisa menggunakan tisu atau lap yang dapat menyerap air dengan baik. Pastikan tidak terdapat tetesan air yang terdapat pada wajan. Karena air yang tertinggal pada wajan akan dapat menjadi bercak noda. Anda harus mengeringkannya dengan baik dan benar sebelum wajan disimpan.

Lihat juga : Tips Ampuh Membersihkan Panci atau Wajan yang Gosong dan Berkerak

Merawat peralatan dapur sangat penting dilakukan, mengingat  peralatan dapur digunakan untuk memasak. Jika peralatan dapur kondisinya bersih maka kebersihan makanan akan dapat terjaga. Untuk anda yang sering mengeluh karena noda minyak pada wajan sulit dihilangkan, anda bisa kembali membersihkannya dengan beberapa cara di atas. Dengan cara di atas wajan anda akan kembali bersih dan kinclong. Semoga bermanfaat.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons