5 Cara Menghilangkan Minyak Pada Peralatan Masak dengan Efektif

Cara Menghilangkan Minyak Pada Peralatan Masak – Apakah anda sering kesal karena peralatan masak tetap berminyak walaupun sudah dicuci hingga bersih? Peralatan masak yang masih berminyak biasanya akan tercium aroma tidak sedap. Oleh karena itu, anda harus mengetahui cara menghilangkan minyak pada peralatan masak dengan efektif. Tidak hanya air dan sabun pencuci piring saja, namun untuk menghilangkannya dibutuhkan beberapa bahan tambahan. Dimana bahan-bahan ini bisa kita temukan dengan mudah.

Baca juga : Cara Membersihkan Ikan dengan Benar Agar Tidak Bau Amis

Penasaran seperti apa cara menghilangkan minyak pada peralatan masak dengan efektif? Untuk mengetahuinya anda bisa simak berikut ini.

Cara Menghilangkan Minyak Membandel Pada Peralatan Masak

Beberapa bahan dapat digunakan untuk menghilangkan minyak pada alat dapur seperti baking soda, soda, garam, cuka dan air hangat. Untuk mengetahui caranya anda bisa simak di bawah ini.

Menggunakan Baking Soda

Cara Menghilangkan Minyak Pada Peralatan Masak

Langkah pertama kali yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan minyak membandel pada peralatan masak yaitu memanfaatkan baking soda. Mencuci peralatan masak seperti gelas, piring atau wadah lainnya dengan menggunakan baking soda akan menghilangkan minyak membandel yang menempel. Cara memanfaatkannya pun sangat mudah sekali, seperti berikut ini.

  • Pertama-tama, silakan wadah yang akan anda bersihkan dibasahi dengan menggunakan air.
  • Lalu taburkan baking soda secukupnya saja.
  • Kemudian silakan gosok dengan menggunakan kain basah atau spons. Lalu anda bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih.
  • Selain itu, cara lainnya yang bisa anda lakukan yaitu dengan menambahkan soda kue sedikit saja pada cairan pencuci piring.

Menggunakan Air Hangat

Cara Menghilangkan Minyak Pada Peralatan Masak

Setelah anda selesai memasak, sebaiknya peralatan masak seperti panci, wajan atau wadah plastik harus langsung dicuci agar minyak tidak menempel lama pada peralatan masak tersebut. Anda juga dapat memanfaatkan air hangat untuk menghilangkan minyak yang membandel.

  • Caranya yaitu, silakan siram peralatan masak yang sudah anda gunakan dengan air hangat.
  • Lalu diamkan selama beberapa saat sampai lemak atau minyak yang menempel hilang.
  • Kemudian silakan cuci dengan menggunakan sabun. Lalu anda bisa membilasnya hingga bersih.

Menggunakan Cuka

Cara Menghilangkan Minyak Pada Peralatan Masak

Bahan dapur lainnya yang banyak dimanfaatkan untuk menghilangkan minyak membandel pada peralatan masak yaitu cuka. Yuk simak caranya berikut ini.

  • Silakan cuci wadah atau peralatan masak dengan menggunakan sabun pencuci piring dan air hangat.
  • Kemudian anda bisa menyemprotkan sedikit cuka ke wadah tersebut.
  • Lalu gosok-gosok kembali dengan menggunakan spons atau sikat.
  • Terakhir anda bisa membilasnya dengan menggunakan air hingga bersih.

Garam

Cara Menghilangkan Minyak Pada Peralatan Masak

Garam adalah bumbu dapur yang penggunaannya jarang dilewatkan saat memasak. Hampir setiap dapur memiliki garam. Nah, bumbu yang satu ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan minyak membandel pada alat masak, misalkan panci atau wadah lainnya.

  • Caranya yaitu, silakan siapkan garam secukupnya saja. Lalu anda bisa menaburkannya pada wadah dan gosok dengan menggunakan sabun pencuci piring.
  • Kemudian bilas dengan menggunakan air sampai bersih.
  • Anda akan melihat wadah benar-benar kembali bersih dan minyak membandel hilang.

Menggunakan Soda

Cara Menghilangkan Minyak Pada Peralatan Masak

Siapa sangka, ternyata soda juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan minyak membandel yang terdapat pada wajan atau panci. Yuk simak caranya berikut ini:

  • Silakan siapkan soda secukupnya saja. Lalu anda bisa menuangkannya pada wajan atau panci yang masih hangat.  Lalu diamkan selama beberapa saat.
  • Apabila panci sudah mulai mendingin, anda bisa mencucinya dengan menggunakan sabun. Lalu bisa memakai air hingga bersih.

Lihat juga : Cara Membersihkan Rice Cooker

Itulah beberapa cara menghilangkan minyak membandel pada alat-alat masak. Dengan memanfaatkan bahan alami  dan  sederhana, kini peralatan masak anda akan kembali bersih seperti semula.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons