Resep dan Cara Membuat Usus Bumbu Pedas Gurih

Cara Membuat Usus Bumbu Pedas – Usus ayam bisa diolah menjadi berbagai menu sajian yang nikmat, salah satunya dibuat dengan bumbu pedas. Rasanya yang pedas dan gurih sangat cocok dinikmati dengan sepiring nasi hangat ketika siang hari. Anda bisa membuat menu usus bumbu pedas ini di rumah untuk keluarga tercinta.

Sajian usus ayam bumbu pedas ini adalah menu yang sederhana, dengan cara membuat yang mudah, serta bahan yang dibutuhkannya pun mudah ditemukan. Untuk anda yang ingin mencoba membuatnya di rumah, anda bisa simak resep dan cara membuat usus bumbu pedas gurih di bawah ini.

Resep dan Cara Membuat Usus Bumbu Pedas Gurih

Sajian Main Course
Masakan Indonesian
Keyword aneka resep masakan, Resep Usus, Resep Usus Ayam
Waktu Persiapan 20 menit
Waktu Memasak 35 menit
Porsi 5
Kalori 95 kcal

Bahan-bahan

Bahan-Bahan Utama yang Dibutuhkan

  • 200 gram usus ayam
  • 3 siung bawang putih
  • 8 butir bawang merah
  • 3 buah cabai rawit merah
  • 1 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 2 cm kunyit
  • 3/4 sdt gula merah
  • 200 ml air
  • Minyak goreng secukupnya
  • 1/2 sdt garam

Langkah-langkah

Cara Menyiapkan Bahan-Bahah

  1. Sebelum anda membuat sajian usus bumbu pedas, anda harus menyiapkan bahan terlebih dahulu. Pertama, ambil usus yang sudah anda sediakan. Lalu bersihkan usus di bawah air mengalir hingga benar-benar bersih. Anda dapat mencucinya beberapa kali hingga usus bersih. Jika sudah, silakan potong-potong dan sisihkan terlebih dahulu.

  2. Langkah selanjutnya, iris halus bawang merah dan cincang kasar bawang putih. Lalu iris halus juga cabai rawit merah beserta kunyit yang sebelumnya sudah anda bakar,

  3. Berikutnya memarkan lengkuas.

Cara Membuat Usus Ayam Bumbu Pedas

  1. Setelah usus ayam selesai dibersihkan, silakan direbus. Siapkan panci berukuran kecil dan isi dengan air. Didihkan air tersebut.

  2. Setelah air mendidih, masukan usus ayam ke dalam panci bersama dengan 2 cm jahe dan 2 lembar daun salam. Rebus hingga airnya mendidih. Jika sudah, silakan angkat dan kembali cuci hingga bersih. Tiriskan.

  3. Sediakan wajan untuk memasak usus. Lalu masukan minyak goreng sekitar 2 hingga 3 sendok makan. Panaskan sampai meletup-letup.

  4. Setelah panas, masukan bawang putih, bawang merah, cabai merah keriting, kunyit, daun salam, cabai rawit merah dan lengkuas. Aduk merata, tumis semua bumbu-bumbu tersebut sampai matang dan mengeluarkan aroma harum.

  5. Langkah selanjutnya ambil usus ayam yang sudah anda rebus tadi. Kemudian masukan ke dalam wajan. Aduk-aduk hingga merata dan tercampur dengan bumbu.

  6. Setelah itu, tambahkan bumbu-bumbu seperti garam, kecap manis, dan gula merah. Aduk merata sampai bumbu-bumbu menjadi larut.

  7. Kemudian masukan air ke dalam wajan. Silakan masukan air sedikit demi sedikit saja. Aduk kembali hingga merata dan masak hingga bumbunya meresap dan kuahnya mengental.

  8. Setelah seperti itu, anda bisa angkat sajian usus bumbu pedas dan sajikan pada tempat saji yang  sudah anda sediakan sebelumnya. Terakhir silakan hidangkan di meja makan untuk menu makan siang atau malam di rumah.

Baca juga : Tumis Pare Usus Ayam

Itulah resep dan cara membuat usus bumbu pedas yang dapat anda ikuti di rumah. Dengan cara mengolah yang  tepat, sajian usus ini akan terasa lezat dan nikmat, akan membuat anda dan keluarga ketagihan. Ketika memasak sajian usus bumbu pedas ini, anda bisa menambahkan cabai sesuai selera. Selamat mencoba di rumah.

 

Loading...

2 Comments

  1. masak yuk 20 April 2020
  2. masak yuk 20 April 2020

Leave a Reply

Rating Resep




Show Buttons
Hide Buttons