Resep dan Cara Membuat Soun Goreng Spesial yang Lezat dan Nikmat

Ingin menyajikan hidangan yang berbeda untuk keluarga di rumah? Ada satu menu sederhana namun nikmat yang bisa anda buat, yakni soun goreng spesial. Terbuat dari soun dengan tambahan bahan pelengkap lainnya menjadikan hidangan ini terasa lebih lezat dan spesial. Mari simak resep dan cara membuat soun goreng spesial yang lezat dan nikmat di bawah ini.

Baca juga : Kumpulan Resep Bihun

Resep dan Cara Membuat Soun Goreng Spesial yang Lezat dan Nikmat

Sajian Main Course
Masakan Indonesian
Keyword resep masakan, resep soun, soun goreng
Waktu Persiapan 20 menit
Waktu Memasak 10 menit
Porsi 4
Kalori 291 kcal

Bahan-bahan

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 150 gram soun
  • 2 buah cabai hijau
  • 25 gram rebon
  • 1 1/2 sdt garam
  • 1 batang daun bawang
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 5 batang caisim
  • 25 ml air
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 1/4 sdt kaldu ayam bubuk
  • 1 sdm bawang goreng

Bumbu yang Dihaluskan

  • 3 cm kunyit yang sudah dibakar
  • 3 siung bawang putih
  • 4 butir bawang merah

Langkah-langkah

Cara Menyiapkan Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  1. Langkah pertama kali yang harus anda lakukan yaitu menyeduh soun. Silakan seduh soun yang sudah anda siapkan sebelumnya.

  2. Selanjutnya langkah yang dapat anda lakukan yaitu menyeduh rebon yang sudah disediakan. Seduh beberapa saat. Lalu anda bisa menggorengnya sebentar hingga rebon matang. Kemudian silakan angkat dan tiriskan terlebih dahulu.

  3. Setelah itu, silakan potong serong cabai hijau. Lalu sisihkan terlebih dahulu.

  4. Anda bisa melanjutkan langkah berikutnya yaitu mencuci caisim hingga bersih. Lalu potong-potong dengan ukuran sesuai selera.

  5. Jika sudah, silakan potong-potong bawang daun dengan ketebalan sekitar 1 cm.

  6. Langkah berikutnya yaitu haluskan bumbu halus seperti yang sudah disebutkan di atas. Anda bisa menghaluskan bumbu hingga benar-benar halus.

Cara Membuat Soun Goreng Spesial

  1. Jika semua bahan-bahan sudah siap olah, anda bisa langsung memasak soun goreng. Pertama-tama, ambil wajan yang akan anda gunakan untuk memasak soun. Lalu tuangkan minyak goreng sebanyak 2 sendok makan. Biarkan beberapa saat hingga minyak goreng panas.

  2. Nah, apabila minyak goreng sudah panas, anda bisa memasukan bumbu yang telah dihaluskan. Aduk merata dan tumis bumbu hingga mengeluarkan aroma harum. Lalu masukan cabai hijau. Aduk-aduk merata hingga cabai menjadi layu. Anda bisa menambahkan cabai sesuai selera. Jika anda pecinta pedas, anda juga bisa menambahkan potongan cabai rawit.

  3. Berikutnya masukan caisim yang sudah anda potong-potong. Aduk merata hingga caisim menjadi layu dan tercampur dengan bumbu.

  4. Kemudian masukan bumbu-bumbu seperti garam, kaldu ayam bubuk, merica bubuk dan gula pasir. Aduk hingga merata dan bumbu menjadi larut.

  5. Selanjutnya masukan rebon yang telah anda goreng. Aduk-aduk kembali hingga tercampur merata.

  6. Setelah itu, masukan soun yang telah anda siapkan. Aduk merata kembali.

  7. Masukan potongan daun bawang dan air dengan takaran yang sudah ditentukan seperti di atas. Aduk lagi hingga semua bahan-bahan tercampur merata. Lalu anda bisa memasak semua bahan-bahan hingga benar-benar matang.

  8. Apabila sudah matang dan airnya menyusut, anda bisa mengangkat soun goreng dan sajikan pada tempat saji yang telah anda sediakan. Agar lebih nikmat dan gurih, anda bisa menaburi bawang goreng di atasnya.

  9. Soun goreng spesial telah selesai dibuat. Sajikan di meja makan untuk keluarga tercinta. Nikmati dalam keadaan hangat agar semakin sedap. Selain caisim, anda bisa menambahkan aneka sayuran lainnya agar lebih bervariasi.

Itulah resep dan cara membuat soun goreng spesial yang bisa anda ikuti dengan mudah di rumah. Selamat mencoba.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons