Resep dan Cara Membuat Puding Susu Topping Anggur yang Lembut dan Lezat

Cara Membuat Puding Susu – Sajikan lezat dan lembutnya puding susu topping anggur untuk keluarga di rumah. Rasanya yang menyegarkan akan membuat anda ketagihan. Selain tambahan anggur, anda juga bisa menambahkan topping lainnya agar lebih spesial. Yuk simak resep dan cara membuat puding susu berikut ini.

Baca juga : Resep Jus Buah Sehat

Resep dan Cara Membuat Puding Susu Topping Anggur yang Lembut dan Lezat

Sajian Dessert
Masakan Indonesian
Keyword makanan sehat, Puding, resep makanan sehat
Waktu Persiapan 15 menit
Waktu Memasak 1 menit
Porsi 5
Kalori 230 kcal

Bahan-bahan

Bahan Utama yang Dibutuhkan

  • 450 ml krimer kental manis
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 2200 ml air
  • 1 bungkus agar-agar tanpa rasa

Bahan Untuk Topping

  • 150 gram anggur merah
  • 2 gelas nata de coco
  • ½ buah nanas
  • 100 ml sirup jeruk sunquick
  • 2 sendok makan chia seed

Langkah-langkah

Cara Membuat Puding Susu Topping Anggur

  1. Pertama-tama langkah yang harus dilakukan yaitu mencuci buah anggur yang sudah anda sediakan. Silakan cuci anggur di bawah air mengalir hingga bersih atau anda bisa mencucinya dengan cara merendam anggur. Kemudian setelah bersih, silakan tiriskan terlebih dahulu.

  2. Selanjutnya, silakan anggur dibelah menjadi 2 bagian. Lalu anda bisa membuang bijinya.

  3. Untuk buah nanas, silakan potong-potong kecil.

  4. Langkah berikutnya, silakan siapkan panci berukuran kecil. Lalu masukan bahan-bahan yang sudah anda sediakan seperti agar-agar, vanili bubuk, air dan krimer. Kemudian bahan-bahan ini dimasak hingga matang dan mendidih. Jika sudah seperti itu, silakan angkat.

  5. Setelah itu, silakan tuangkan agar-agar pada wadah atau cetakan puding yang sebelumnya sudah anda siapkan. Lalu tunggu beberapa saat dan biarkan hingga dingin.

  6. Sementara menunggu puding dingin dan padat, anda bisa membuat topping. Silakan siapkan wadah dan masukan bahan-bahan topping seperti anggur, nata de coco dan airnya, buah nanas dan sirup jeruk. Aduk merata dan anda bisa mengoreksi rasanya.

  7. Apabila agar-agar yang sudah anda buat padat dan dingin, anda bisa langsung menuangkan topping di bagian atasnya. Kemudian masukan puding ini ke dalam lemari es.

  8. Jika sudah dingin, anda bisa menyajikan puding ini. Dinikmati dalam keadaan dingin sajian puding susu topping buah ini akan terasa lebih lezat dan nikmat.

Beberapa Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Membuat Puding Susu

Ada beberapa kesalahan yang harus dihindari saat membuat puding susu yaitu seperti berikut ini:

Susu Terlalu Kental Atau Encer

Untuk membuat puding susu, semua susu bisa digunakan seperti full cream, susu bubuk atau skim. Namun, pastikan susu yang digunakan tidak terlalu kental ataupun terlalu encer. Karena nantinya susu tidak akan tercampur merata dan justru menjadi pecah. Untuk susu kental manis, anda bisa menambahkan air sedikit agar mencair dan bisa dengan mudah menyatu dengan bahan lainnya.

Lihat juga : Resep Jus Anggur

Mencampur Susu dengan Bahan Asam

Puding susu akan terasa lebih lezat dan segar jika ditambahkan dengan buah-buahan. Namun, jangan mencampurkan buah pada rebusan susu. Pasalnya asam buah akan dapat membuat tekstur susu pecah. Anda bisa menambahkan buah saat puding dituangkan pada cetakan.

Merebus Bahan dengan Api Besar

Merebus susu dengan api besar memang akan membuat susu lebih cepat mendidih. Namun, hal ini justru akan membuat tekstur susu pecah. Oleh karena itu, sebaiknya anda menggunakan api kecil saat merebus susu.

Susu Tidak Diaduk

Ketika susu direbus anda jangan mendiamkannya begitu saja karena bagian bawah susu akan hangus dan memecah susu. Anda harus terus mengaduk susu yang sedang direbus agar tidak menggumpal.

Itulah resep dan cara membuat puding susu topping anggur yang lembut dan lezat. Selamat mencoba.

Loading...

2 Comments

  1. jinan 28 Agustus 2020
  2. Jinan 28 Agustus 2020

Leave a Reply

Rating Resep




Show Buttons
Hide Buttons