Resep dan Cara Membuat Pasta Gandum Rendah Kalori yang Lezat

Cara Membuat Pasta Gandum – Olahan berbahan gandum tidak semuanya menawarkan rasa hambar dan tidak kaya rasa. Sekarang ada banyak aneka resep pasta gandum yang sering digunakan sebagai menu untuk diet. Ada banyak kreasi pasta gandum yang bisa anda jadikan pilihan. Salah satunya yaitu pasta gandum dengan tambahan ayam dan asparagus. Dipadukan dengan rempah pilihan, sajian pasta ini semakin sedap untuk dinikmati.

Tambahan dada ayam dan asparagus pada sajian pasta, selain membuat rasanya semakin kaya juga akan menambah sajian ini semakin sehat. Asparagus memiliki banyak manfaat yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini beberapa manfaat asparagus untuk kesehatan.

Kaya Akan Kandungan Nutrisi

Asparagus mengandung kaya akan nutrisi, namun dengan kalori yang rendah. Adapun berbagai nutrisi pada asparagus di antaranya yaitu protein, serat, lemak, vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalium, fosfor dan folat. Tidak hanya itu, asparagus juga mengandung zinc, zat besi dan riboflavin.

Sehat Untuk Pencernaan

Manfaat lainnya dari asparagus yaitu baik untuk sistem pencernaan. Asupan serat yang cukup dibutuhkan sistem pencernaan supaya kerjanya optimal. Anda bisa mendapatkan asupan serat dengan mengonsumsi ½ cangkir asparagus.

Menurunkan Berat Badan

Asparagus mengandung kalori rendah, yaitu sebanyak 20 kalori pada ½ cangkir. Selain menjaga sistem pencernaan, kandungan seratnya berpengaruh untuk penurunan berat badan.

Menurunkan Tekanan Darah

Asparagus merupakan sumber kalium baik yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, caranya yaitu membuat kerja pembuluh darah optimal, serta kelebihan garam akan dikeluarkan melalui urin. Meskipun begitu masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

Sebagai Sumber Antioksidan

Pada asparagus terkandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan akan melindungi sel tubuh dari bahaya yang ditimbulkan oleh radikal bebas, serta stres oksidatif.

Nah, untuk anda yang ingin membuat pasta gandum ayam asparagus, yuk simak resep dan cara membuatnya di bawah ini.

Baca juga : Cara Membuat Orak-Arik Telur Campur Tahu dan Sawi Putih

Resep dan Cara Membuat Pasta Gandum Rendah Kalori yang Lezat

Sajian Breakfast
Masakan Indonesian
Keyword resep makanan sehat, Resep masakan sehat, Resep pasta
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 35 menit
Porsi 1
Kalori 174 kcal

Bahan-bahan

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 60 gram pasta gandum
  • 2 batang asparagus mentah
  • 1/4 sendok teh lada hitam
  • 2 sendok makan minyak zaitun
  • 2 butir bawang putih
  • Daun bawang secukupnya
  • 25 gram dada ayam cincang
  • 1 sendok teh garam

Langkah-langkah

Cara Membuat Pasta Gandum Ayam

  1. Setelah semua bahan-bahan yang dibutuhkan seperti yang disebutkan di atas siap, anda bisa langsung membuat sajian pasta gandum ini. Cara membuatnya sangat mudah, pertama silakan haluskan terlebih dahulu bawang putih.

  2. Kemudian potong-potong daun bawang dengan ketebalan sesuai selera. Potong juga asparagus dengan bentuk memanjang. Lalu anda bisa merendamnya di dalam semangkuk air.

  3. Setelah direndam, silakan bilas dengan benar agar kotoran yang menempel hilang. Lalu potong bagian putih dan hijau muda dengan ukuran 1 cm. Lalu potong asparagus dengan ukuran 2 cm.

  4. Setelah itu, ambil wajan untuk memasak dan tuangkan minyak zaitun. Panaskan minyak zaitun tersebut.

  5. Setelah panas, silakan tumis bahan-bahan yang sudah disiapkan seperti bawang putih yang sudah dihaluskan, daun bawang, asparagus, ayam cincang, garam dan merica. Aduk-aduk semua bahan tersebut dengan menggunakan api kecil hingga matang.

  6. Setelah matang, anda bisa mematikan api kompor.

  7. Langkah berikutnya, silakan ambil panci yang akan digunakan untuk merebus pasta. Lalu masukan air dan rebus hingga mendidih.

  8. Anda bisa memasukan pasta dan masak sesuai intruksi pada kemasan hingga matang. Setelah matang, silakan angkat dan tiriskan terlebih dahulu. Anda bisa meniriskan pada saringan agar air bisa lebih mudah turun.

  9. Berikutnya silakan masukan pasta ke dalam wajan berisi tumisan bahan dan bumbu. Aduk-aduk hingga merata dan masak sebentar.

  10. Terakhir anda bisa mengangkat pasta dan menyajikannya pada piring saji yang sudah disiapkan.  Lalu anda bisa menikmatinya selagi hangat agar lebih nikmat.

Lihat juga : Cara Membuat Tumis Daging Sayuran

Itulah resep dan cara membuat pasta gandum rendah kalori yang lezat. Mudah bukan? Selamat mencoba di rumah.

Loading...

Leave a Reply

Rating Resep




Show Buttons
Hide Buttons