5 Cara Membuat Nasi Liwet dengan Rice Cooker Agar Pulen

Ingin menyajikan nasi liwet untuk keluarga di rumah? Agar praktis, anda bisa membuat nasi liwet dengan menggunakan rice cooker. Nasi liwet yang dimasak dengan rice cooker hasilnya akan pulen dan wangi dengan beberapa cara membuat nasi liwet berikut ini.

Baca juga : 5 Tips Merebus Ayam Agar Empuk dan Lembut

Cara Membuat Nasi Liwet dengan Rice Cooker

Cara Membuat Nasi Liwet dengan Rice Cooker Agar Pulen

Yuk simak cara membuat nasi liwet dengan rice cooker agar hasilnya pulen, wangi dan enak seperti berikut ini.

Menggunakan Rice Cooker Anti Lengket

Cara Membuat Nasi Liwet dengan Rice Cooker

Siapa yang tidak suka nasi liwet? Olahan nasi dengan aroma yang wangi, serta tekstur pulen ini sangat memanjakan lidah, apalagi jika disantap dengan menu pelengkap seperti sambal, ikan asin dan lain sebagainya.

Memasak nasi liwet juga bisa menggunakan rice cooker, namun apabila menggunakan rice cooker berkerak, biasanya akan muncul aroma gosong pada bagian dasar nasi. Nasi pun menjadi tidak matang dengan merata, sehingga hasil olahan nasi liwet tidak seperti harapan.

Caranya agar nasi liwet pulen dan harum meskipun dibuat dengan menggunakan rice cooker yaitu membuatnya menggunakan rice cooker anti lengket bersih.

Pilih Beras Pulen

Cara Membuat Nasi Liwet dengan Rice Cooker

Jika anda memasak nas liwet dengan menggunakan rice cooker, maka anda tidak bisa mengatur suhu dan waktu memasak. Agar nasi liwet yang dihasilkan matang dengan sempurna, maka anda harus memilih beras yang pulen dan berkualitas. Simak cara memilih beras berikut ini.

  • Lihat penampilan beras yang anda pilih. Pilihlah beras yang bersih.
  • Beras yang anda pilih pastikan tidak mudah hancur saat ditekan. Beras yang mudah hancur berarti kondisinya tidak baik.
  • Cium aroma beras dan pastikan beras yang anda pilih aromanya tidak apek. Karena jika sudah bau apek berarti beras telah lama disimpan. Hindari juga aroma beras yang terlalu harum, sebab bisa saja aroma tersebut berasal dai pewarna buatan.
  • Anda bisa meremas beras, jika menempel pada tangan mungkin saja ada zat pelicin. Pastikan anda memilih beras dengan kualitas yang baik.

Menumis Bumbu

Cara Membuat Nasi Liwet dengan Rice Cooker

Supaya nasi liwet wangi dan aromanya nikmat, ada beberapa bumbu yang ditambahkan seperti misalkan bawang putih, bawang merah, daun salam, serai dan kencur.

  • Bumbu-bumbu tersebut silakan diiris-iris.
  • Kemudian anda bisa memanaskan minyak secukupnya saja.
  • Setelah minyak panas, masukan bawang putih dan bawang merah. Aduk merata hingga harum. Menumis terlebih dahulu bumbu sebelum dimasak dengan beras akan membuat aromanya lebih kuat dan harum.

Tambahkan Air

Cara Membuat Nasi Liwet dengan Rice Cooker

Memasak nasi liwet juga memerlukan air dengan takaran yang tepat. Anda bisa menambahkan air seperti biasanya sesuai dengan jenis beras yang digunakan. Dibandingkan dengan beras pera, beras pulen membutuhkan air yang lebih sedikit.

Caranya yaitu silakan tambahkan air setengah buku jari jika menggunakan beras pulen. Sedangkan untuk beras pera bisa ditambahkan air kira-kira 1 sampai 1.5 buku jari.

Menambahkan Lauk

Cara Membuat Nasi Liwet dengan Rice Cooker

Nasi liwet yang dimasak dengan tambahan lauk menjadi ciri khas nasi liwet sunda. Nasi liwet dengan tambahan lauk juga bisa anda buat dengan menggunakan rice cooker.

Karena nasi liwet yang anda buat menggunakan rice cooker, caranya yaitu anda bisa memilih lauk yang proses memasaknya tidak lama. Misalkan ikan teri, ayam yang disuwir dan lainnya. Memasak nasi liwet dengan lauk akan membuat aromanya semakin wangi.

Artikel lainnya : Tips Memasak Nasi Agar Tidak Cepat Basi dan Tahan Lama

Itulah cara membuat nasi liwet dengan rice cooker agar nasi pulen dan harum. Selamat mencoba.

 

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons