Cara Membuat Kue Tanpa Mixer dan Oven yang Praktis

Ingin membuat kue namun tidak punya mixer atau oven? Jangan khawatir, anda tetap dapat membuat kue di rumah dengan mudah. Tanpa kedua alat tersebut anda bisa berhasil membuat kue yang lezat dan tetap mengembang. Yuk simak cara membuat kue tanpa mixer dan oven berikut ini.

Cara Membuat Kue Tanpa Mixer dan Oven yang Praktis

Mixer dan oven memang sering dimanfaatkan dalam pembuatan kue. Namun, untuk anda yang tidak memiliki mixer dan oven, anda bisa membuat kue dengan memperhatikan tips berikut ini.

Menggunakan Bahan Dalam Suhu Ruangan

Cara Membuat Kue Tanpa Mixer dan Oven

Resep kue, terlebih lagi yang teskturnya mengembang sebagian besarnya membutuhkan bahan dengan suhu ruangan. Sebab bahan-bahan ini lebih mudah tercampur merata. Adonan yang dibuat menggunakan bahan bersuhu ruangan tidak akan kaget saat anda masukan ke dalam pemanas, yang disebabkan karena drastisnya perbedaan suhu. Efeknya kue tidak akan menjadi bantat ataupun kempis. Oleh karena itu, sebelum membuat kue anda bisa mengeluarkan bahan-bahan yang anda simpan dalam kulkas seperti misalkan mentega, susu dan telur. Anda bisa mendiamkannya beberapa saat hingga suhunya menjadi suhu ruangan.

Penggunaan Telur Pada Adonan Dikurangi

Cara Membuat Kue Tanpa Mixer dan Oven

Penggunaan telur akan dapat melembutkan adonan dan memberikan citarasa yang khas. Tidak hanya itu, dalam adonan telur akan dapat mengembangkan, serta menjadi emulsifier alami. Telur yang tidak dikocok, serta diaduk dengan sempurna akan dapat meninggalkan rasa telur dan aroma. Karena tidak menggunakan mikser, anda bisa mensiasatinya dengan mengurangi jumlah telur. Selain itu, anda juga bisa mengganti telur dengan bahan yang lainnya misalkan chia seed yang sebelumnya telah direndam air atau tahu sutera.

Menggunakan Baking Powder Double Acting

Cara Membuat Kue Tanpa Mixer dan Oven

Mikser biasanya digunakan sebagai alat baking, salah satunya yaitu memasukan udara pada adonan agar mengembang. Banyak resep kue yang menggunakan mikser tidak menggunakan pengembang buatan. Namun, karena kali ini tidak menggunakan mikser, anda bisa memanfaatkan baking powder double acting. Tidak hanya praktis digunakan, baking powder ini juga akan mencegah kue menjadi bantat. Terlebih lagi jika anda sulit saat mengaduk bahan dengan menggunakan whisk dan spatula.

Lelehkan Bahan Padat Sebelum Dimasukan ke Dalam Adonan

Cara Membuat Kue Tanpa Mixer dan Oven

Jika tidak ada mikser, agar adonan lebih mudah diaduk dan tercampur merata dengan menggunakan whisk atau spatula, caranya yaitu selain mengayak bahan-bahan kering, anda bisa melelehkan maupun menghaluskan bahan yang bertekstur seperti coklat masak, mentega dan lain sebagainya sebelum dimasukan ke dalam adonan. Mentega dan coklat masak bisa ditim terlebih dahulu. Sedangkan bahan lainnya seperti pisang bisa anda haluskan dengan menggunakan garpu.

Alat Untuk Mengukus Harus Bersuhu Panas

Cara Membuat Kue Tanpa Mixer dan Oven

Sama halnya seperti menggunakan oven, wajan atau panci yang akan digunakan untuk mengukus kue suhunya harus panas. Pada saat kita membuka tutup panci, idealnya uap panas akan keluar dalam panci tersebut.

Caranya yaitu silakan panci diisi dengan menggunakan air sekitar 2/3 tingginya. Lalu anda bisa memanaskannya dengan menggunakan api sedang. Silakan tutup panci sampai mendidih airnya. Jika sudah saatnya memasukan adonan pada panci, silakan api kompor dikecilkan sedikit agar airnya tidak meletup-letup karena terlalu panas dan kuenya menjadi bergelombang serta akan mudah menjadi kempis.

Tidak hanya menggunakan panci kukus saja, namun beberapa kue juga dapat dibuat dengan menggunakan wajan. Anda bisa menyesuaikan suhu panas sesuai dengan yang dianjurkan resep. Namun, pastikan anda menggunakan api kecil ataupun sedang ketika proses memanggang kue agar bagian dasarnya tidak gosong.

Baca juga : Tips Membersihkan Mixer Supaya Tidak Mudah Rusak

Itulah cara membuat kue tanpa mixer dan oven. Kini tanpa kedua alat ini anda bisa membuat kue yang lezat dan mengembang.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons