Resep dan Cara Membuat Koktail Segar dan Spesial Untuk Buka Puasa

Di sore hari menjelang waktu buka puasa, biasanya para ibu akan mulai menyiapkan menu buka puasa untuk keluarga tercinta di rumah. Selain menu makan utama, menu takjil dan aneka cemilan lainnya pun sengaja dibuat. Beberapa menu takjil yang identik dengan bulan puasa di antaranya kolak, candil, es buah dan lain sebagainya. Banyak pedagang yang menjual aneka takjil, sehingga jika kita tidak sempat membuatnya di rumah, kita bisa membelinya.

Namun, jika anda memiliki banyak waktu untuk memasak, anda bisa membuat takjil sendiri di rumah. Ada banyak olahan takjil yang bisa dengan mudah dibuat di rumah selain kolak. Jika anda ingin sajian yang segar dan dingin, salah satu sajian yang dapat anda buat yaitu koktail.

Koktail terbuat dari aneka bahan dan buah-buahan yang dicampur dengan air perasan jeruk nipis dan jus buah, kemudian diberikan es batu agar lebih segar. Menyantap sajian segar dan dingin saat berbuka puasa tentu akan terasa nikmat.

Cara membuat koktail simpel dan bahan-bahan yang dibutuhkannya pun mudah ditemukan. Anda bisa mengikutinya di rumah dengan mudah. Yuk simak resep dan cara membuat koktail segar dan spesial untuk buka puasa di bawah ini.

Baca juga : Resep Salad Buah

Cara membuat koktail
5 from 1 vote
Print

Resep dan Cara Membuat Koktail Segar dan Spesial Untuk Buka Puasa

Sajian Drinks
Masakan Indonesian
Keyword es buah, menu buka puasa, resep takjil
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 20 menit
Porsi 5
Kalori 50 kcal

Bahan-bahan

Bahan Utama yang Dibutuhkan Untuk Membuat Koktail

  • 150 gram pepaya
  • 300 gram melon
  • 250 gram semangka
  • 100 ml air nata de coco
  • 300 gram nata de coco
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • 150 ml sirup vanili
  • 1000 ml jus apel yang bisa langsung pakai
  • 1 1/2 sdm daun mint yang sudah dicincang
  • 300 gram es batu

Langkah-langkah

Cara membuat Koktail Untuk Buka Puasa

  1. Langkah pertama kali yang harus dilakukan yaitu menyiapkan bahan-bahan supaya siap olah. Silakan ambil buah pepaya yang sudah anda sediakan, lalu bentuk bola. Begitupun dengan semangka dan melon dibentuk bola. Jika sudah, sisihkan terlebih dahulu.

  2. Jika sudah, silakan siapkan wadah. Lalu silakan pepaya direndam dengan menggunakan air sebanyak 500 ml, serta air kapur sirih sebanyak 1 sendok teh. Jika sudah, sisihkan. Lalu anda bisa mencucinya hingga bersih.

  3. Kemudian silakan ambil wadah yang akan digunakan untuk membuat koktail. Lalu masukan bahan-bahan seperti semangka, pepaya, melon, air nata de coco, nata de coco, air jeruk nipis, sirup vanili, jus apel dan daun mint. Lalu aduk semua bahan-bahan tersebut hingga tercampur merata.

  4. Langkah berikutnya silakan simpan di dalam lemari es selama 30 menit hingga meresap.

  5. Selanjutnya anda bisa menyajikannya pada gelas. Caranya yaitu, silakan masukan es batu ke dalam gelas. Lalu anda bisa menyajikan koktail yang sudah anda buat pada gelas yang sudah diisi es batu.

Koktail sudah selesai dibuat, nikmati dingin-dingin agar terasa semakin nikmat dan segar. Anda bisa menyajikannya di meja makan untuk sajian buka puasa. Jika ingin sajian koktail yang lebih spesial dan kumplit, anda bisa menambahkan aneka bahan atau buah-buahan lainnya sesuai selera.

Itulah resep dan cara membuat koktail segar dan spesial untuk buka puasa. Selamat mencoba di rumah, semoga resep yang kami hadirkan untuk anda bermanfaat dan dapat membantu anda menentukan ide menu buka puasa setiap harinya.

 

Loading...

One Response

  1. Sila 6 Mei 2020

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons