Resep dan Cara Membuat Es Sarang Burung yang Segar dan Enak Untuk Buka Puasa

Resep dan Cara Membuat Es Sarang Burung  – Ingin sajian yang segar untuk buka puasa? Ada banyak pilihan sajian segar yang nikmat untuk buka puasa, salah satunya es sarang burung. Sajian ini dibuat dari aneka bahan dan buah-buahan sehingga selain lezat rasanya juga menyegarkan cocok untuk menghilangkan dahaga setelah seharian menjalankan ibadah puasa.

Artikel lainnya : Resep Kolak Pisang

Anda bisa menyajikan es sarang burung untuk buka puasa dan anda bisa membuatnya sendiri dengan mudah di rumah. Dimana sarang burung pada minuman ini berasal dari agar-agar yang diparut panjang yang dicampurkan dengan aneka buah dan sirup yang lezat.

Nah, agar anda bisa membuat sajian es sarang burung untuk buka puasa di rumah, anda bisa simak resep dan cara membuatnya di bawah ini.

Resep dan Cara Membuat Es Sarang Burung yang Segar dan Enak Untuk Buka Puasa

Sajian Drinks
Masakan Indonesian
Keyword menu buka puasa, resep buka puasa, resep takjil
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 30 menit
Porsi 8
Kalori 114 kcal

Bahan-bahan

Bahan Utama yang Dibutuhkan

  • 1 bungkus agar-agar bubuk merah
  • 500 ml air
  • 4 sendok makan gula pasir

Bahan Untuk Pelengkap

  • ½ buah melon
  • 2 buah kiwi
  • 200 gram nata de coco
  • 1 sendok makan biji selasih
  • ½ botol sirup merah
  • Es batu secukupnya
  • 1 liter air

Langkah-langkah

Cara Menyiapkan Bahan-Bahan

  1. Jika semua bahan yang dibutuhkan sudah lengkap, anda bisa langsung menyiapkannya. Pertama, ambil buah melon yang sudah anda sediakan. Lalu ambil buahnya dengan menggunakan baller. Jika sudah, sisihkan terlebih dahulu.

  2. Setelah itu, potong-potong kiwi dengan ukuran sesuai selera. Namun, jangan terlalu besar ataupun terlalu kecil. Potong kiwi dengan ukuran sedang.

  3. Langkah berikutnya silakan rendam biji selasih yang sudah anda sediakan dengan menggunakan air panas secukupnya.

Cara Membuat Es Sarang Burung Untuk Buka Puasa

  1. Apabila semua bahan-bahan sudah siap, anda bisa langsung membuat es sarang burung. Silakan sediakan panci berukuran kecil untuk mengolah bahan sarang burung. Masukan semua bahan sarang burung yang sudah anda sediakan ke dalam panci.

  2. Aduk-aduk hingga merata semua bahan-bahan tersebut dan rebus hingga menjadi mendidih. Jika sudah seperti itu, anda bisa angkat dan tuangkan ke dalam loyang persegi yang sudah anda sediakan sebelumnya.

  3. Diamkan selama beberapa saat hingga menjadi mengeras. Jika sudah seperti itu, silakan parut agar-agar dengan menggunakan parutan keju. Anda bisa memarutnya dengan bentuk memanjang.

  4. Langkah berikutnya silakan ambil wadah berukuran besar untuk membuat es sarang burung. Lalu masukan bahan-bahan ke dalam wadah tersebut seperti nata de coco, buah melon, kiwi, agar-agar yang sudah diparut, air, sirup dan es batu. Lalu aduk-aduk semua bahan tersebut hingga tercampur merata.

  5. Anda bisa menambahkan biji selasih yang sudah direndam ke dalam es sarang burung. Aduk kembali hingga merata.

  6. Kemudian anda bisa menyajikannya pada gelas untuk buka puasa. Tentunya rasanya yang manis dan segar akan membuat buka puasa anda semakin spesial.

Es sarang burung sudah selesai dibuat. Kini untuk menikmati sajian segar ini anda tidak perlu membelinya karena anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah jika tahu resep dan cara membuatnya.

Baca juga : Resep Cendol Es Krim

Sebagai tips, supaya mudah ketika diparut agar-agar harus memiliki tekstur yang keras. Selain itu, anda juga bisa menambahkan aneka buah-buahan lainnya sesuai selera agar sajian es sarang burung semakin lezat dan spesial.

Demikian resep dan cara membuat es sarang burung yang segar dan enak untuk buka puasa. Nikmati sajian ini ketika dingin agar lebih enak. Semoga bermanfaat.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons