Resep dan Cara Membuat Donat Abon yang Nikmat dan Spesial

Cara Membuat Donat Abon – Bosan dengan hidangan donat cokelat atau donat dengan topping yang manis? Anda bisa membuat donat dengan topping abon. Dengan topping yang spesial dan berbeda dari yang lainnya, anda akan ketagihan.

Cara membuat donat topping abon tidak sulit, sama seperti membuat donat pada umumnya. Hanya saja, yang membedakannya yaitu penggunaan topping. Donat yang dikombinasikan dengan abon yang gurih akan terasa sangat lezat. Nah, untuk anda yang ingin mencoba membuat donat abon di rumah, anda bisa simak langsung resep dan cara membuatnya di bawah ini.

Cara membuat donat abon
5 from 1 vote
Print

Resep dan Cara Membuat Donat Abon yang Nikmat, Spesial dan Lezat

Sajian Dessert
Keyword cara membuat donat, donat, resep donat
Waktu Persiapan 20 menit
Waktu Memasak 1 jam 10 menit
Porsi 10
Kalori 452 kcal

Bahan-bahan

Bahan Utama yang Dibutuhkan Untuk Membuat Donat Abon

  • 250 gram tepung protein tinggi
  • 11 gram ragi
  • 1 sdm mentega
  • 50 gram gula halus
  • 80 ml susu dingin
  • 1 sdt garam
  • 1 butir telur

Bahan Untuk Topping

  • 1 sdm mayonaise
  • Abon secukupnya
  • 1 sdt susu kental manis

Langkah-langkah

Cara Membuat Adonan Donat Abon

  1. Silakan sediakan wadah yang akan anda gunakan untuk membuat adonan donat. Lalu masukan bahan-bahan yang sudah anda sediakan seperti tepung terigu, telur, gula, susu dan ragi. Kemudian anda bisa mencampurkan semua bahan-bahan tersebut hingga menjadi satu.

  2. Selanjutnya silakan masukan garam dan mentega ke dalam adonan donat. Lalu uleni bahan-bahan hingga kalis. Kemudian anda bisa mendiamkannya selama kurang lebih 45 menit atau 1 jam. Sebelumnya anda harus menutup terlebih dahulu adonan dengan menggunakan kain bersih.

  3. Langkah berikutnya yaitu silakan kempiskan adonan yang sudah anda diamkan tadi karena adonan akan mengembang. Kemudian adonan di bagi menjadi 10 bagian. Anda bisa membentuknya menjadi bulat oval. Lalu diamkan lagi selama kurang lebih 15 menit dan anda bisa menutupnya kembali dengan menggunakan kain bersih.

Cara Menggoreng Donat

  1. Ambil wajan yang akan anda gunakan untuk menggoreng donat. Lalu tuangkan minyak goreng secukupnya saja. Panaskan minyak goreng tersebut dengan menggunakan api sedang hingga meletup-letup.

  2. Setelah minyak goreng panas, masukan donat yang sudah anda bentuk tadi. Goreng donat hingga berubah warna menjadi kecoklatan pada kedua sisi. Ketika menggoreng donat anda jangan terlalu sering membalikannya, cukup membalikan donat sekali saja agar donat nantinya tidak berminyak. Setelah donat sudah matang, anda bisa mengangkat dan meniriskannya terlebih dahulu.

  3. Tunggu beberapa saat hingga donat dingin. Setelah dingin, silakan oleskan campuran mayonaise dengan susu kental manis di bagian atas donat. Anda bisa melakukannya pada semua donat yang sudah matang. Jika sudah, anda bisa memberikan topping abon di atasnya.

  4. Terakhir anda bisa menyajikannya pada tempat saji yang sudah anda sediakan. Sajikan di tengah-tengah keluarga tercinta, dijamin keluarga anda akan menyukainya.

  5. Donat abon sudah selesai dibuat. Tekstur donat yang empuk dipadukan dengan lezatnya abon sebagai topping akan sangat menggugah selera. Kini untuk menikmatinya anda tidak harus membelinya karena anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep dan cara membuat donat yang sudah kami hadirkan di atas.

Donat abon sudah selesai dibuat. Tekstur donat yang empuk dipadukan dengan lezatnya abon sebagai topping akan sangat menggugah selera. Kini untuk menikmatinya anda tidak harus membelinya karena anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep dan cara membuat donat yang sudah kami hadirkan di atas.

Jika donat yang anda buat bantat, ada beberapa  hal yang mungkin menjadi penyebabnya. Beberapa penyebabnya di antaranya yaitu karena adonan yang anda buat terlalu lembek. Selain itu, terlalu lama melakukan proses fermentasi juga akan menyebabkan donat yang anda buat bantat. Penyebab lainnya karena lubang donat yang terlalu besar, adonan keadaannya tidak dingin, serta bentuk adonan yang kasar. Mengetahui seperti itu, setiap tahap pembuatan donat harus anda perhatikan agar donat mengembang dan lembut.

Loading...

One Response

  1. Alikana 7 November 2019

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons