Cara Membuat Bungkus Ketupat Untuk Lebaran

Cara Membuat Bungkus Ketupat – Ketupat identik dengan hari raya Idul Fitri atau lebaran. Ketupat yang tersaji di meja makan bersama menu makanan khas lebaran yang lainnya menjadi hal yang membuat rindu. Teksturnya yang lembut dengan aroma yang khas, disantap bersama dengan menu spesial lebaran tentu akan terasa begitu nikmat. Biasanya ketupat itu sendiri disajikan dengan opor ayam atau semur daging.

Di hari yang spesial, anda tentu ingin menyajikan menu ketupat yang bagus dan spesial. Ketupat yang bagus atau bisa dikatakan anda berhasil membuat ketupat jika tampilannya padat dan berisi. Ketika ketupat dibelah akan nampak putih dan padat bersih dengan teksturnya yang kenyal dan lembut.

Tidak sedikit orang gagal dalam membuat ketupat, entah karena beras yang diisikan kurang banyak atau terlalu banyak. Agar ketupat yang anda buat hasilnya bagus, penting mengetahui tips membuat ketupat yang baik dan benar. Selain proses memasak ketupat, bungkus ketupat yang anda gunakan harus diperhatikan. Jika anda menggunakan bungkus ketupat yang bagus, ketupat yang dihasilkan pun akan bagus.

Tanpa kehadiran ketupat di hari raya akan terasa ada yang kurang. Oleh karena itu, sehari atau dua hari menjelang lebaran biasanya banyak orang membeli bungkus ketupat di pasar. Menjelang lebaran memang banyak pedagang bungkus ketupat, namun tidak ada salahnya anda belajar membuat sendiri bungkus ketupat. Sehingga untuk lebaran berikutnya anda bisa membuat bungkus ketupat sendiri. Namun, sebelum mengetahui cara membuat bungkus ketupat, ketahui terlebih dahulu sejarah ketupat hingga identik dengan hari raya Idul Fitri. ( Baca juga : 18 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan & Resep Wedang Jahe )

Cara membuat bungkus ketupat

Sejarah Ketupat

Hampir setiap rumah saat perayaan Idul Fitri menyajikan ketupat. Ketupat menjadi menu wajib saat Idul Fitri dan biasanya disajikan dengan opor atau menu yang lainnya. Lantas mengapa ketupat identik dengan hari raya Idul Fitri?

Tradisi menyajikan ketupat saat perayaan lebaran dikenalkan pertama kalinya pada masa Sunan Kalijaga. Saat itu Sunan Kalijaga mengenalkan bakda lebaran, serta bakda kupat kepada masyarakat. Bakda kupat itu sendiri dilaksanakan satu minggu setelah umat Islam menjalankan puasa sunah pada  bulan Syawal.

Dalam filosofi Jawa, ketupat itu sendiri memiliki makna khusus. Ketupat atau disebut juga sebagai kupat merupakan singkatan dari ‘Ngaku Lepat”, artinya yaitu minta maaf atau mengaku salah. Hal ini tentunya sejalan dengan lebaran yang menjadi momen untuk mengakui kesalahan dan saling memaafkan dengan tulus.

Sedangkan kulit atau bungkus ketupat yang terbuat dari janur dengan pola anyaman, secara simbolis memiliki makna sebagai kerumitan kesalahan yang telah diperbuat. Daun kelapa muda yang  bisa dengan mudah dibentuk, lentur dan kondisinya baik menggambarkan sifat manusia yang bisa dibentuk, diarahkan, serta dididik supaya kehidupannya indah.

Sunan kalijaga memperkenalkan makna simbolis ketupat ini pada masyarakat dalam menyebarkan Islam. Dimana tradisi ini sampai sekarang masih tetap dipertahankan.

Cara Membuat Bungkus Ketupat

Ketupat Kotak

Saat lebaran, pada umumnya bungkus ketupat yang digunakan untuk membuat ketupat bentuknya kotak. Nah, anda bisa membuat bungkus ketupat bentuk kotak di rumah dengan memperhatikan tutorial di bawah ini yang dilengkapi dengan gambar dan video untuk memudahkan anda.

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

  • Daun kelapa muda atau janur secukupnya
  • Gunting

Cara Membuat Bungkus Ketupat dari Daun Kelapa

Ketupat kotak 1

1. Pertama-tama, silakan ambil daun kelapa muda yang sudah anda siapkan dan bersihkan sebelumnya. Kemudian lipat daun menjadi dua bagian. Gunting sedikit daun di bagian sisinya atau tepat di pinggir tulang daun, lalu buang tulang daunnya. Setelah itu, ambil salah satu daun kelapa dan gulungkan tiga kali pada 4 jari tangan anda seperti gambar di atas dengan bagian pangkal di bagian atas.

Ketupat kotak 2

2. Selanjutnya, ambil daun kelapa muda yang satunya lagi. Lalu gulungkan pada tangan anda yang lainnya seperti langkah sebelumnya. Namun bagian pangkal berada di bawah.

Ketupat kotak 3

3. Silangkan kedua daun kelapa yang sudah anda gulungkan tadi namun posisinya tetap menggulung seperti gambar di atas.

Ketupat kotak 4

4. Silangkan lagi sisa daun kelapa yang masih menggulung pada tangan anda. Begitu seterusnya hingga membentuk seperti gambar di atas.

Ketupat kotak 5

5. Ambil ujung daun kelapa bagian atas, anyam ke arah bawah seperti gambar di atas.

Ketupat kotak 6

6. Anyam lagi ujung daun kelapa tadi ke bagian samping bawah seperti gambar di atas.

Ketupat kotak 7

7. Ambil pangkal daun kelapa bagian bawah dan anyam ke atas.

Ketupat kotak 8

8. Anyam ujung daun kelapa bagian atas ke samping. Lalu lanjutnya anyam ke arah bawah.

Ketupat kotak 9

9. Pangkal daun kelapa bagian atas dianyam ke samping sampai bertemu dengan pangkal daun kelapa yang satunya.

Ketupat kotak 10

10. Terakhir anda bisa merapihkannya.

Agar lebih jelas, simak cara membuat ketupat pada video di bawah ini.

Cara Membuat Ketupat Bentuk Ikan Bandeng

Ketupat Ikan

Ingin membuat kreasi bungkus ketupat agar sajian ketupat yang dihidangkan lebih spesial? Anda bisa mencoba membuat ketupat bentuk ikan bandeng. Berikut cara membuat ketupat bentuk ikan bandeng disertai dengan gambar dan videonya.

Bahan dan Alat yang Diperlukan

  • 6 helai daun kelapa muda atau janur
  • Pisau kecil

Cara Membuat Ketupat

Ketupat ikan 1

1. Pertama silakan ambil satu buah daun kelapa muda dan lipat seperti gambar di atas.

Ketupat ikan 2

2. Kemudian ambil satu lagi daun kelapa muda dan lipat dengan bentuk yang sama seperti sebelumnya. Lalu tumpuk dengan daun kelapa yang pertama, caranya dengan memasukan ujung daun kelapa ke dalam lubang daun kelapa pertama.

Ketupat ikan 3

3. Selanjutnya, bentuk lagi dua helai daun kelapa seperti langkah sebelumnya dan tumpuk lagi dengan langkah yang sama. Anda kini memiliki dua pasang daun kelapa.

Ketupat ikan 4

4. Setelah itu, balik salah satu daun kelapa dan tangkupkan di atasnya seperti gambar di atas.

Ketupat ikan 5

5. Selanjutnya masukan salah satu ujung daun kelapa yang ditangkupkan tadi ke dalam lubang atas bagian daun kelapa yang lainnya. Sedangkan untuk ujung daun kelapa yang lainnya dimasukan ke lubang bagian bawah, namun posisinya sejajar, tidak bertumpuk. Lakukan langkah yang sama untuk dua ujung daun kelapa di pinggirnya.

Ketupat ikan 6

6. Balik anyaman ketupat dan lakukan langkah yang sama seperti langkah sebelumnya. Jika sudah anda bisa merapikan anyaman ketupat hingga bagian ujung-ujungnya sama panjang.

Ketupat ikan 7

7. Apabila ujung-ujungnya sudah sama panjang, silakan buka bagian tengah ketupat agak lebar. Ambil satu helai daun kelapa yang tersisa dan anyam selang seling di bagian tengah tadi. Ambil lagi daun kelapa yang satunya dan anyam selang seling, hingga bertemu dengan sisi yang lainnya. Kemudian anda bisa merapikannya hingga tidak ada celah.

Ketupat ikan 8

8. Selanjutnya membuat bagian kepala. Potong daun kelapa di salah satu sisi agar tidak terlalu panjang. Potong lagi salah satu daun kelapa dan masukan ke dalam celah anyaman. Lalu tutup dengan bagian daun kelapa yang lainnya dan masukan lagi ke celah anyaman.

Ketupat ikan 9

9. Untuk bagian yang lainnya masukan lagi ke celah anyaman.

Ketupat ikan 10

10. Untuk bagian ekornya, rapikan janur hingga sejajar. Sobek bagian janur seperti gambar di Lalu masukan janur bagian depan ke dalam janur yang sudah disobek tadi.

Ketupat ikan 11

11. Setelah itu, bagian atas dilipat ke arah bawah, dan bagian bawah dilipat mengarah ke atas.

Ketupat ikan 12

12. Kemudian potong janur ekor agar tidak terlalu panjang. Lalu ikat agar tidak terlepas.

Ketupat ikan 13

13. Potong bagian sirip ikan. Robek daun kelapa dipinggir. Lalu masukan janur untuk sirip ke dalamnya.

Nah, ketupat ikan sudah selesai dibuat. Jika belum jelas, anda bisa  simak langkah-langkah pada  video di bawah ini.

Cara Membuat Ketupat Tanduk

Ketupat Tanduk

Cara membuat ketupat tanduk dengan menggunakan daun kelapa cukup mudah diikuti.  Untuk memudahkan anda ketika membuatnya kami lengkapi dengan gambar dan videonya.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

2 helai daun kelapa muda atau janur

Cara Membuat Ketupat Tanduk

Ketupat tanduk 1

1. Pertama, ikat bagian ujung daun kelapa seperti gambar di atas.

Ketupat tanduk 2

2. Kemudian ikat bagian bawahnya. Tekan dengan menggunakan jari agar tidak terlepas dan bentuk seperti gambar di atas.

Ketupat tanduk 3

3. Lakukan langkah yang sama untuk bagian sisi yang lainnya.

Ketupat tanduk 5

4. Ambil bagian ujung janur dan masukan ke dalam lubang. Lakukan langkah yang sama untuk bagian sisi yang lainnya.

Ketupat tanduk 5

5. Jika sudah, anda bisa menarik bagian ujungnya hingga membentuk dasar ketupat tanduk.

Ketupat tanduk 6

6. Pegang bagian belakang bentuk anyaman, lalu ujungnya dibentuk seperti gambar di atas.

Ketupat tanduk 7

7. Lalu masukan ujung ketupat ke bagian tengah. Lakukan langkah yang sama untuk bagian sisi yang lainnya.

Ketupat tanduk 8

8. Masukan janur ke bagian sisi yang berlubang. Lakukan langkah yang sama untuk bagian sisi yang lainnya.

Ketupat tanduk 9

9. Lipat lagi daun kelapa dan ujungnya dianyam dengan daun kelapa yang sudah dibentuk. Lakukan lagi langkah yang yang sama dan anyam dengan daun kelapa yang sudah dibentuk. Bagian ujungnya di masukan ke dalam lubang di pinggir atau sudut sisi. Kemudian anda bisa merapikannya.

Ketupat tanduk 10

10. Lepas ikatan daun kelapa dan anda bisa langsung merapikannya.

Ketupat tanduk 11

11. Potong bagian ujungnya yang masih panjang. Lalu masukan ke dalam celah bentuk anyaman. Terakhir, rapikan ketupat tersebut.

Untuk lebih jelasnya anda bisa  simak pada video di bawah ini.

Tips Memilih Daun Kelapa Muda atau Janur Untuk Bungkus Ketupat

Agar bungkus ketupat yang anda buat hasilnya bagus dan berkualitas, penting untuk memperhatikan beberapa tips memilih daun kelapa atau janur yang baik seperti berikut:

Ukuran Janur

Anda harus mempertimbangkan ukuran janur yang anda gunakan. Pilihlah janur yang ukurannya sedang, tidak terlalu besar atau terlalu kecil supaya anyaman bungkus ketupat hasilnya tidak terlalu besar ,sehingga beras yang dibutuhkan untuk mengisinya tidak terlalu banyak. Selain itu, anda juga harus memilih janur yang ukurannya seragam.

Warna Janur

Janur yang bagus untuk dibuat bungkus ketupat umumnya memiliki warna kuning cerah dan daunnya bersih. Pilihlah janur berwarna kuning muda. Hal ini akan menjadikan ketupat yang anda buat warnanya putih dan harum. Sebaiknya hindari memilih janur yang warnanya masih hijau, sebab ketupat yang anda buat nantinya akan berubah warna menjadi kecoklatan.

Pilih Bungkus Ketupat dengan Ukuran yang Sama

Buatlah bungkus ketupat dengan ukuran yang sama supaya ketupat matang bersamaan. Sehingga rasa ketupat kualitasnya akan sama.

Bersihkan Janur Sebelum Memasaknya

Dalam membuat makanan, kebersihan menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Jika anda sudah memilih janur untuk membuat bungkus ketupat, jangan lupa untuk dibersihkan atau dicuci terlebih dahulu supaya debu, kotoran yang menempel pada janur hilang.

Gunakan Anyaman Ketupat yang Rapi

Saat membuat bungkus ketupat pastikan anda membuatnya dengan rapi dan rapat. Supaya saat bungkus ketupat diisi, beras tidak berhamburan.

Tips Memasak Ketupat Agar Lembut, Kenyal dan Enak

Selain mengetahui cara membuat bungkus ketupat, anda juga harus mengetahui tips memasak ketupat agar lembut, kenyal dan enak seperti berikut ini.

Pilih Beras yang Berkualitas

Agar ketupat yang anda hasilkan bagus, beras yang harus anda gunakan yaitu beras berkualitas baik. Sebelum dibuat menjadi ketupat, pastikan anda membersihkan terlebih dahulu beras dari gabah atau kotoran sampai bersih. Jika sudah bersih, silakan cuci beras beberapa kali hingga benar-benar bersih dan air cucian beras tidak lagi keruh. ( Lihat juga : 9 Resep dan Cara Membuat Es Sop Buah yang Segar dan Lezat )

Rendam dengan Air Kapur Sirih

Supaya mendapatkan tekstur ketupat yang lembut, anda bisa merendam beras dengan menggunakan air kapur sirih. Setelah beras dicuci bersih, silakan tuangkan kapur sirih sebanyak 3 hingga 5 sendok makan. Kemudian anda bisa mencampurkannya rata dengan beras. Beras akan berubah warna menjadi kekuningan. Kemudian anda bisa membilas beras sesekali hingga bersih.

Gunakan Bungkus Ketupat yang Bagus

Selain beras, sangat penting memilih bungkus ketupat yang bagus. Pilih ketupat yang bersih dan tidak layu. Anda juga harus memperhatikan kerapatan bungkus ketupat saat dimasak, sehingga ketupat teksturnya akan menjadi lebih padat dan lembut.

Mengisi Beras

Pengisian beras juga harus  anda perhatikan. Mengisi beras tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Terlalu banyak mengisi beras akan membuat ketupat keras dan kurang matang. Sedangkan jika beras terlalu sedikit maka teksturnya akan menjadi lembek. Akibatnya saat disantap ketupat kurang nikmat. Idealnya isi ketupat sebanyak 2/3. Supaya celahnya rapat anda bisa mengaturnya dengan menekan atau menepuk-nepuk cangkangnya.

Cara Memasak

Cara memasak yang baik dan benar akan menghasilkan ketupat yang bagus. Saat memasak anda  harus memastikan ketupat terendam seluruhnya. Hal ini dilakukan supaya ketupat menjadi cepat matang. Jika airnya menyurut, namun ketupat belum matang, anda  bisa menambahkan kembali sedikit demi sedikit airnya hingga ketupat kembali terendam.

Agar proses memasak ketupat menjadi lebih cepat, anda sebaiknya menggunakan air yang sudah panas untuk merebus ketupat. Ketupat pada umumnya akan dimasak selama kurang lebih 3 hingga 5 jam. Anda jangan lupa untuk mengecek sesekali tingkat kematangan ketupat.

Siram Menggunakan Air Dingin Setelah Ketupat Matang

Apabila ketupat sudah matang, anda bisa menyiram permukaan kulitnya menggunakan air dingin.  Cara ini bermanfaat untuk menghilangkan atau membersihkan lendir  yang masih menempel pada permukaan ketupat. Setelah ketupat mengering, anda bisa menggantungnya untuk menghilangkan uap panas ketupat.

Dengan demikian, untuk mendapatkan bungkus ketupat yang berkualitas dan segar, tidak ada salahnya anda membuatnya sendiri di rumah. Awalnya mungkin sedikit sulit, namun jika anda terus belajar akan menjadi mudah. Bahkan anda bisa membuat cangkang ketupat dengan bentuk yang beraneka ragam. Perhatikan pula tips membuat cangkang ketupat dan cara memasaknya untuk menghasilkan ketupat yang bagus dan pastinya enak disantap. Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Show Buttons
Hide Buttons