Resep dan Cara Membuat Buncis Siram Bumbu Ebi yang Enak dan Gurih

Cara Membuat Buncis Siram Bumbu Ebi – Tumis sayuran menjadi salah satu menu yang sederhana dan mudah dibuat untuk menu makan. Ada banyak jenis sayuran yang bisa diolah menjadi tumisan, salah satunya yaitu buncis. Selain diolah menjadi tumisan, buncis juga bisa anda jadikan sebagai lalapan.

Nah, jika anda biasanya mengolah buncis dengan ditumis menggunakan aneka bumbu dan tambahan telur, kini anda bisa membuat sajian buncis yang berbeda namun tetap lezat, yaitu buncis siram bumbu ebi. Buncis yang digunakan yaitu baby buncis, kemudian diguyur oleh bumbu spesial dengan tambahan ebi dan ayam. Rasanya yang gurih dan lezat tentunya akan menggugah selera makan anda.

Ingin mencoba menyajikan olahan buncis siram bumbu untuk keluarga di rumah? Anda bisa mencoba membuatnya dengan resep dan cara membuat buncis siram bumbu ebi yang kami hadirkan di bawah ini.

Baca juga : Resep dan Cara Membuat Tumis Daging Sayuran

Cara Membuat Buncis Siram Bumbu Ebi
5 from 1 vote
Print

Resep dan Cara Membuat Buncis Siram Bumbu Ebi yang Enak dan Gurih

Sajian Main Course
Masakan Indonesian
Keyword Olahan buncis, resep makanan sehat, Resep masakan sehat
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 45 menit
Porsi 3
Kalori 65 kcal

Bahan-bahan

Bahan Utama yang Dibutuhkan

  • 200 gram baby buncis
  • 1/2 sdt seledri
  • 1 siung bawang putih
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1 lembar daun salam
  • 250 ml santan yang diambil dari 1/4 butir kelapa
  • 1 cm lengkuas
  • 125 gram ayam giling
  • 2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu yang Dihaluskan

  • 2 siung bawang putih
  • 2 buah cabai merah keriting
  • 1/2 sendok teh sendok teh kari bubuk
  • 5 butir bawang merah
  • 1 sendok teh ebi silakan diseduh

Langkah-langkah

Cara Menyiapkan Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  1. Pertama-tama, langkah yang harus dilakukan yaitu merebus baby buncis yang sudah anda siapkan. Silakan cuci bersih terlebih dahulu buncis, lalu anda bisa merebusnya hingga matang. Setelah matang, silakan angkat dan tiriskan terlebih dahulu.

  2. Kemudian, cincang halus bawang putih dan seledri. Sisihkan.

  3. Setelah itu, haluskan semua bumbu halus seperti yang sudah disebutkan di atas.

Cara Membuat Baby Buncis Siram Bumbu Ebi

  1. Jika semua bahan sudah siap, sekarang anda bisa langsung membuat sajian baby buncis siram bumbu ebi. Pertama kali, silakan ambil wajan yang akan digunakan untuk memasak. Lalu masukan margarin sebanyak 1 sendok makan. Panaskan margarin tersebut.

  2. Setelah margarin panas, masukan bawang putih ke dalam wajan. Aduk merata, tumis hingga mengeluarkan aroma harum.

  3. Setelah seperti itu, silakan masukan baby buncis ke dalam tumisan bawang putih bersama dengan daun seledri. Aduk-aduk hingga tercampur merata. Jika sudah, anda bisa mengangkatnya.

  4. Kemudian panaskan lagi minyak atau margarin secukupnya. Apabila sudah panas, silakan masukan bumbu yang sudah anda haluskan tadi bersama dengan bumbu lainnya seperti lengkuas dan daun salam. Aduk merata dan tumis bumbu hingga mengeluarkan aroma harum.

  5. Selanjutnya silakan masukan ayam yang sudah anda giling ke dalam tumisan bumbu. Aduk-aduk hingga ayam matang dan warnanya berubah.

  6. Tambahkan bumbu lainnya seperti garam dan gula pasir. Aduk merata.

  7. Lalu tuangkan santan ke dalam wajan. Aduk lagi hingga merata dan masak sampai mengental. Setelah seperti itu, anda bisa mengangkatnya.

Silakan sajikan buncis dengan tumisan bumbu yang sudah anda buat. Anda bisa menikmatinya selagi hangat supaya semakin lezat dan berselera.

Artikel lainnya : Resep Cah Brokoli Tofu

Itulah resep dan cara membuat baby buncis siram bumbu yang gurih dan lezat. Anda bisa menyajikan olahan buncis yang satu ini untuk menu makan. Rasanya yang nikmat dan cara membuatnya yang mudah tentu sangat praktis untuk menu makan yang berselera. Selamat mencoba di rumah.

Loading...

One Response

  1. Isna 1 Oktober 2020

Leave a Reply

Rating Resep




Show Buttons
Hide Buttons