Resep dan Cara Membuat Ayam Bakar Bumbu Spesial Untuk Buka Puasa

Punya daging ayam di rumah namun bingung mau diolah menjadi masakan apa? Jangan khawatir, ada banyak resep olahan ayam yang bisa anda buat di rumah. Daging ayam bisa diolah menjadi berbagai sajian yang nikmat. Salah satu olahan ayam yang bisa anda buat untuk menu buka puasa yaitu ayam bakar.

Ayam bakar dengan tekstur yang lembut, serta bumbu yang gurih akan memanjakan lidah dan membuat makan anda semakin nikmat. Aromanya yang khas tentu akan membuat anda semakin berselera.

Nah, jika anda ingin mencoba membuat ayam bakar di rumah untuk buka puasa, berikut ini kami hadirkan resep ayam bakar dengan bumbu spesial dan gurih. Bumbunya meresap sehingga ayam semakin terasa gurih. Yuk simak resep dan cara membuat ayam bakar bumbu spesial untuk menu buka puasa di bawah ini.

Baca juga : Resep Aneka Ayam Goreng Untuk Buka Puasa

Resep dan Cara Membuat Ayam Bakar Bumbu Spesial Untuk Buka Puasa

Sajian Main Course
Masakan Indonesian
Keyword ayam bakar, menu buka puasa, resep buka puasa
Waktu Persiapan 20 menit
Waktu Memasak 40 menit
Porsi 8
Kalori 167 kcal

Bahan-bahan

Bahan Utama yang Dibutuhkan

  • 1 ekor ayam
  • 1000 ml santan yang diambil dari kelapa sebanyak 1 butir
  • 1 sdt asam jawa
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt gula merah
  • ½ sdt merica

Bumbu-Bumbu yang Dihaluskan

  • 2 cm kunyit
  • 16 butir bawang merah
  • 3 cm lengkuas
  • 8 siung bawang putih
  • 2 sdt ketumbar yang sudah disangrai
  • 20 buah cabai merah keriting
  • 3 cm kencur
  • 1 sdt terasi yang sudah dibakar

Langkah-langkah

Cara Menyiapkan Bahan-Bahan

  1. Pertama-tama, ambil ayam yang sudah anda sediakan. Lalu bersihkan ayam dari lendir atau bulu yang masih menempel. Jika sudah, potong ayam menjadi 4 bagian. Sisihkan.

  2. Kemudian larutkan asam jawa sebanyak 1 sendok teh dengan air sebanyak 1 ½ sendok makan. Anda bisa memanfaatkan air larutan asam jawa sebanyak 1 sendok makan.

  3. Setelah itu, haluskan semua bumbu halus yang telah disediakan. Untuk menghaluskannya anda bisa menguleknya ataupun menghaluskannya dengan menggunakan blender. Jika sudah halus, sisihkan terlebih dahulu.

Cara Membuat Ayam Bakar

  1. Silakan lumuri ayam yang sudah dipotong-potong dan dibersihkan dengan menggunakan air asam jawa. Lumuri ayam hingga merata. Jika sudah, diamkan selama kurang lebih 15 menit.

  2. Silakan sediakan panci dan masukan santan ke dalamnya. Lalu rebus santan bersama bumbu yang sudah anda haluskan tadi. Rebus santan sampai mendidih.

  3. Setelah santan mendidih, silakan masukan ayam bersama dengan bumbu-bumbu yang lainnya seperti gula merah, merica dan garam. Aduk merata dan masak dengan menggunakan api kecil hingga daging ayam menjadi empuk dan bumbunya meresap.

  4. Setelah seperti itu, anda bisa mengangkatnya.

  5. Silakan sediakan alat untuk memanggang ayam. Jika sudah siap, anda bisa langsung memanggang ayam di atas bara api.

  6. Jika masih terdapat bumbu yang masih tersisa, anda bisa mengolesinya pada ayam hingga merata. Panggang ayam sampai benar-benar matang. Anda bisa memanggang ayam dari semua sisi hingga matang.

  7. Apabila sudah matang, silakan angkat dan sajikan pada tempat saji yang sudah anda sediakan.

Ayam bakar bumbu spesial dan gurih sudah selesai dibuat. Akan semakin nikmat jika ayam bakar ini disantap dengan nasi hangat dan tambahan sambal kecap serta lalapan. Tentunya makan anda akan semakin berselera dan nagih.

Itulah resep dan cara membuat ayam bakar bumbu spesial untuk buka puasa. Mudah bukan? Selamat mencoba di rumah.

Loading...

Leave a Reply

Rating Resep




Show Buttons
Hide Buttons